Kebun Raya Bogor, Tempat Wisata Edukasi Alam Yang Nyaman dan Indah

Jalan Rimbun Kebun Raya Bogor

source : http://www.lovelybogor.com/

Tempat Wisata Kebun Raya Bogor – Pastinya kamu pernah mendengar nama tempat wisata kebun raya Bogor bukan? Lokasinya ada di Paledang, Jawa Barat.

Tapi, tahukah kamu apa saja keseruan jika mengunjungi kebun raya Bogor ini? Kali ini kita akan mmbahas daya tari dan dismana saja spot-spot terbaik yang bisa dinikmati di kebun raya Bogor tersebut.

Jangankan ketika menjelajah bagian dalam, kamu akan langsung disambut dengan sebuah pemandangan berupa arca di bagian pintu masuk.

Ini merupakan arca Ghanesa yang menunjukan bahwa kebun raya ini juga digunakan sebagai tempat atau pusat pendidikan selain untuk sebuah tempat wisata.

Tempat Wisata Kebun Raya Bogor

Bahkan, kamu juga bisa mendapatkan banyak spot terbaik jika menjelajahi Kebun Raya Bogor ini lebih dalam. Jadi, apa saja persembahan kebun raya Bogor untuk pengunjungnya?

1. Danau Gunting

Danau Gunting

sources : https://raun2nomaden.wordpress.com/

Tempat pertama yang akan dinikmati oleh wisatawan ketika mengunjungi Kebun Raya Bogor ini adalah Danau Gunting.

Karena ini merupakan akses spot pertama yang memang sangat mudah dijangkau dari dekat gerbang masuk. Ini merupakan danau buatan yang memiliki pemandangan tak kalah menarik dari beragam danau buatan lainnya.

Mungkin, kamu akan mendengar dan menangkap banyak mitos dan cerita mistis di tempat ini. Seperti penampakan ular besar dan noni Belanda, nyatanya tempat ini selalu dikunjungi wisatawan.

Kamu bisa menikmati rindangnya pepohonan dan melihat pantulan cahaya di dalam air danau yang jernih.

Di sini juga kamu bisa mendapati prasasti dari Georg Karl Reinwardt yang merupakan sang pendisi dari kebun raya ini.

Dan juga ada patung-patung lain yang layak dikunjungi seperti the litte mermaid dan tangan tuhan.

2. Museum Zoologi

Museum Zoologi Kebun Raya Bogor

source : http://www.barrabaa.com/

Pastinya kamu sudah bisa membayangkan apa itu musuim zoologi. Karena di dalam museum ini akan menyimpan banyak hal seputaran hewan seperti namanya.

Nah, di kebun raya sendiri, kita bisa mendapatkan lebih dari 2000 jenis spesies hewan yang telah diawetkan dan bisa menjadi bahan pembelajaran serta pengamatan.

Bahkan menariknya lagi, kamu bisa menyaksikan diorama-diorama yang menggunakan karakter bintang sebagai pemeran utama.

Bahkan, kamu bisa melihat salah satu koleksi langka dan menarik, yakni kerangka utuh dari blue whale atau paus biru. Ini adalah binatang terbesar di dunia, lho!

3. Pemakaman Belanda

Pemakaman Belanda Kebun Raya Bogor

source : http://www.lovelybogor.com/

Paasti ada banyak orang yang berfikiran apa sih menariknya pemakaman alias kuburan? Namun, jangan dulu beranggapan aneh atau mengulas segala macam mistis yang menyelubungi setiap kuburan ya..!

Karena ada beberapa makan yang dulunya semasa hidup memiliki jasa terhadap pembuatan dan pengembangan dari kebun raya ini lho.

Beberapa pemakaman di sini merupakan orang-orang dari Belanda yang sengaja datang ke Indonesia sebagai para ahli.

Mereka berjasa dalam pengumpulan serta memberikan pembelajaran bagi spesies yang ada di Kebun Raya Bogor ini.

4. Monumen Lady Raffles

Monumen Tugu Lady Raffles Kebun Raya Bogor

source : https://www.flickr.com/photos/edschonsett/

Namanya memang terdengar sangat indah dan unik. Dan bahkan, ini mungkin salah satu tempat atau spot pertama yang akan dilihat dan menarik perhatian pengunjung saat memasuki gerbang Kebun Raya.

Namun, apa yang menarik pada menumen yang satu ini? Ternyata, kamu bisa menemukan sebuah prasasti yang di dalamnya berisikan sebuah puisi cinta. Puisi cinta?

Iya, sebuah puisi cinta yang ditulis oleh penjelajah Inggris kala itu, seolah-olah kamu sedang menyaksikan bukti cinta yang masih ada hingga saat ini, sangat romantis sekali bukan?

5. Taman Meksiko

Taman Meksiko Kebun Raya Bogor

source : http://leonyleony.blogspot.com/

Ya, ini memang sebuah taman yang memiliki nuansa “Meksiko” di dalamnya. Kamu bis amenemukan banyak tumbuhan yang biasanya ditemukan di Meksiko.

Banyak tanman yang biasanya tumbuh di padang pasir dan daerah tandus seperti kaktus ditanam di sini. Jadi, kamu bisa merasakan layaknya sedang berada di padang pasir dan di rimba yang sangat liar.

6. Kafe Dedaunan dan Taman Astrid

Kafe Dedaunan dan Taman Astrid

source : http://leonyleony.blogspot.com/

Nama kafe yang ada di dalam Kebun Raya Bogor ini terbilang unik ya? Di belakang pintu yang disediakan khusu bagi pejalan kaki atau pintu IV kamu bisa menemukan taman yang luas.

Ini adalah taman Astrdi, yang merupakan nama dari seorang permaisuri asal Belgia. Rerumputan yang menghijau akan sangat indah dengan danya jalanan yang berbunga dan sebuah kolam.

Jadi, kamu sebagai pengunjung akan menikmati suasana yang teduh dan rindang. Bahkan, di sini kamu juga bisa bersantai semabri menikmati jajanan di sebuah kafe.

Kafe dedaunan seperti yang kita bahas sekilas di atas. Ini adalah kafe satu-satunya di tempat ini. Mengusung tema dari Eropa. Dimana kita ketahui ras Belandalah yang membangun Kebun Raya ini dulunya.

7. Taman Teysmann (Teijsman)

Taman Teijsman Kebun Raya Bogor

source : http://www.lovelybogor.com/

Kenapa taman yang satu ini dinamai taman Teysmann? Karena ini merupakan taman yang penamaannya diambil dari nama ahli Botani kebangsaan Belanda.

Dan bahkan, untuk mengingat ahli botani tersebut, kamu bisa menemukan sebuah tugu di pertengahan taman ini. Ini merupakan taman yang lumayan luas dengan pemandangan yang asri.

8. Laboratorium Treub

Laboratorium Treub Kebun Raya Bogor

source : https://situsbudaya.id/

Ini memang merupakan tempat untuk melakukan penelitian alias sebuah laboratorium. Ini merupakan tempat yang tak kalah menarik untuk dikunjungi.

Karena gaya arsitektur dari laboratorium ini menggunakan gaya Eropa tua. Diman kamu bisa menikmati pemandangan bangunan ala Eropa di sini.

Ini adalah tempat untuk meneliti zat kimia yang memang berasal dari tumbuhan alias fitokimia. Dan bahkan penelitian ini adalah jenis penelitian pertama kali di Indonesia dulu.

Treub sendiri merupakan salah satu direktur dari kebun raya ini. Dan namanya dijadikan sebagai nama laboratorium tersebut.

Karena memang Treub sendiri adalah direktur dan sanga ahli botani. Bahkan salah satu perguruan tinggi yang populer di Indonesia yakni IPB memiliki sebuah cikal bakal dahulunya.

Ini adalah Buitenzorg Landbouw Hogeshool yang didirikan oleh Treub.

9. Taman Sudjana Kassan

Taman Sudjana Kassan Kebun Raya Bogor

source : http://detik.com/

Ada banyak sekali spot terbaik di Kebun raya Bogor yang sayang jika dilewatkan, Misalnya saja taman Sujana kassan ini.

Kamu bisa menyaksikan sebuah lambang burung Garuda yang berasal dari tenaman bunga yang sengaja ditanam di tengah-tengah taman ini.

Berbeda dengan nama-nama taman lainnya yang sudah kita bahan di atas, Sujana Kassan ini adalah salah satu direktur Kebun Raya Bogor yang merupakan orang kebangsaan Indonesia.

10. Griya Anggrek

Griya Anggrek Kebun Raya Bogor

source : https://lelungan.net/

Siapa yang akan menyangkal keindahan dan kemolkan dari bunga anggrek? Kamu pasti tahu dong ya, bahkan ada tanaman anggrek yang bernilai puluhan juta rupiah?

Nah, kamu bahkan bisa menikmati pesona bunga anggrek jika mengunjungi kebun raya ini lho!. Ada banyak jenis anggrek yang ditanaman di sini, baik dari jenis biasa dan juga ada dari hasil persilangan.

Ini adalah taman yang ada di dalam rumah kaca yang membuat pengunjungnya betah berlama-lama di dalam.

Jadi, demikianlah 10 tempat terbaik versi GoodTimes.ID di Kebun Raya Bogor yang bisa menjadi tempat untuk menikmati suasana liburan. Kamu pastinya harus datang ke sini untuk bisa menikmati keindahannya, ya!

Reply