10 Wisata Bromo yang Tak Boleh Terlewatkan

Apa sih yang terbesit dalam angan sobat goodtimes jika mendengar nama BROMO?

Gunung, Dingin, Alam, ataukah mungkin Petualangan ? wah, sangat bermacam – macam hal seru yang terlintas dalam pikiran ya.

Baiklah, mari kita singgah ke Bromo dan sekitarnya untuk mengungkap tempat – tempat seru yang bisa sobat kunjungi di Bromo.

10 Wisata Menarik di Bromo

Yuk simak dan jangan sampai ada yang terlewatkan ya sobat goodtimes.

1. Bromo Milky Way

Bromo Milky Way

http://jeep-bromo.com

Apa sih Bromo Milky Way ini ? Dimanakah tempatnya?

Sebenarnya Bromo Milky Way bukanlah sebuah tempat namun lebih tepatnya adalah sebuah moment keajaiban di Bromo.

Milky Way sendiri memiliki arti sederhana sebagai gugusan bintang “Bima Sakti”.
Tidak setiap saat kita bisa mendapatkan moment tersebut, karena dibutuhkan timing dan cuaca yang tepat untuk dapat melihatnya.

Bromo Milky Way dapat disaksikan dari sekitar Gunung Bromo, seperti Segoro Wedi, Puncak Pananjakan dan sekitarnya.

Waktu ideal untuk mendapatkan momen ini adalah pada malam hari dengan kondisi langit cerah tanpa awan, tanpa cahaya bulan, dan pastikan bintang adalah cahaya utama dari pertunjukan ini.

2. Padang Rumput Savanah

Padang Rumput Savanah

http://malaspulang.com

Padang Rumput Savanah Bromo berada di selatan Gunung Bromo. Sebuah padang rumput yang terletak pada lembah hijau yang dikelilingi tebing-tebing menjulang nan tinggi dan beberapa pegunungan gunung kecil.

Terletak di lembah Jemplang, lahan hijau yang menghampar luas dan udara yang segar. Untuk bisa menjangkau lokasi ini sobat sekalian akan melewati lautan pasir cukup gersang yang sangat kontras dengan keadaan di Padang Rumput Savanah tersebut.

Akses jalan yang ditempuh relatif mudah, sobat sekalian bisa menggunakan sepeda motor ataupun kendaraan roda empat.

Bagi Sobat goodtimes yang senang dengan suasana alam yang tidak terlalu ramai, padang rumput ini merupakan destinasi wajib yang tidak boleh terlewatkan untuk dikunjungi ya.

3. Penanjakan 1

Penanjakan 1

https://2.bp.blogspot.com

Sobat goodtimes berburu Sunrise yang kece ? tentu Pananjakan 1 menjadi lokasi wajib untuk dikunjungi.

Gunung Pananjakan 1 atau yang lebih sering dikenal dengan Pananjakan 1 Bromo, terletak di sebelah barat Taman Nasional Bromo.

Memiliki ketinggian 2.770 mdpl. Gunung ini menawarkan pemandangan yang beraneka ragam, mulai dari eloknya Sunrise, kawasan taman Nasional Bromo Tenger Semeru (TNBTS), hingga pemandangan lautan pasir menawan yang sering disebut dengan Sea of Sand yang berada di antara 3 gunung.

Untuk menjangkau lokasi ini sobat sekalian dapat menggunakan jeep Bromo atau sepeda motor, namun untuk keselamatan sangat tidak dianjurkan menggunakan sepeda motor jenis matic karena medan yang ditempuh penuh dengan tantangan.

4. Penanjakan 2

Penanjakan 2

https://www.varaholidaytour.com/

Gunung Pananjakan 2 merupakan lokasi alternatif untuk menyaksikan keindahan Sunrise setelah Pananjakan 1. Memiliki ketinggian 2.400 mdpl, tempat wisata yang terletak di desa Seruni juga memiliki pemandangan yang tak kalah menarik.

Jalur yang ditempuh untuk bisa sampai kelokasi ini terbilang mudah loh sobat goodtimes, tidak harus menggunakan Jeep Bromo tetapi dapat ditempuh menggunakan mobil biasa dan sepeda motor.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke wisata ini sobat dapat memilih bulan tertentu, seperti september sampai bulan mei pada saat musim penghujan, Pananjakan 2 menyuguhkan pemandangan yang sangat indah yaitu munculnya matahari terbit di arah timur.

5. Pasir Berbisik

Pasir Berbisik

http://www.agentwisatabromo.com

Sejak tahun 2002 wisata Pasir Berbisik menjadi populer. Didapuk menjadi lokasi pembuatan film dengan judul “Pasir Berbisik” yang dibintangi oleh aktris cantik Dian Satro Wardoyo menjadikannya sebagai target wisata wajib bagi para wisatawan.

Berlokasi disebelah timur kawah Bromo dengan ketinggian 2000 mdpl, merupakan hamparan pasir yang sangat luas membentang di area Bromo. Sebuah lokasi wisata Kaldera Pasir yang tercipta dari bekas letusan gunung gunung yang berhimpitan dan memuntahkan pasir ke wilayah ini.

Kecantikan lautan pasir ini dilengkapi dengan adanya dinding berupa tebing yang berjajar melingkar dengan ketinggian 200 hingga 600 meter dan kemiringan dinding rata-rata 60 sampai 80 derajat.

Untuk bisa menjangkau lokasi ini sobat goodtimes dapat menggunakan kendaraan pribadi roda dua maupun roda empat.

Sobat goodtimes ingin mendapakan spot foto menarik di Bromo selain nuansa gunung ? Pasir Berbisik merupakan solusi tepat untuk mewujudkannya.

6. Bukit Teletubbies

Bukit Teletubbies Bromo

https://www.tabloidwisata.com/

Bukit teletubbies merupakan sebuah bukit yang terletak di sisi Gunung Bromo. Lokasi tepatnya adalah di Desa Cemoro Lawang, Kec. Sukapura, Kab. Probolinggo, Jawa Timur.

Kenapa disebut dengan Bukit Teletubbies ? Yap, benar sekali. Karena memang bentuknya yang menyerupai rumah para Teletubbies dari serial anak – anak 90’an. Lokasi ini mulai menarik minat wisatawan sejak dibukanya pintu masuk melalui Kota Malang melalui jalur Jemplang.

Wisata yang menawarkan nuansa tenang dan sejuk, menarik para wisatawan yang ingin beranjak sejenak dari keramaian. Sehingga kini ada empat lokasi wajib untuk dikunjungi jika ke Bromo, yaitu Sunrise Bromo, Kawah Bromo, Lautan Pasir, dan Bukit Teletubbies.

Sobat goodtimes bisa mendapatkan banyak spot foto yang menarik di hamparan hijau ini, bahkan karena terkenal dengan suasana alam yang romantis banyak yang menjadikan Bukit Teletubbies menjadi lokasi pengambilan foto prewedding.

Untuk bisa menjangkau lokasi ini pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi, menggunakan sewa jeep atau bahkan bisa menyewa kuda Bromo untuk membuat moment semakin menarik.

7. Wisata Berkuda di Bromo

Wisata Berkuda di Bromo

https://pengentraveling.com

Berkuda di Bromo. Wah, mendengarnya saja sudah sangat keren. Berkuda menjadi destinasi wisata yang sangat kekinian dan sudah ramai dikalangan wisatawan domestik maupun internasional jika berkunjung ke Bromo.

Kuda yang disewakan di area Bromo ini bisa mengantarkan sobat goodtimes berkeliling menikmati pemandangan di sekitar bromo.

Kuda – kuda tersebut adalah milik warga Tengger, suku asli yang mendiami kawasan Taman Nasional Bromo. Harga yang ditawarkan untuk menunggangi kuda ini pun dapat dikatakan relatif murah.

Dengan jalur terpendek menuju anak tangga ke Kawah Bromo adalah 50.000 ribu untuk pulang pergi, tentunya jika sekali jalan bisa mendapatkan harga yang lebih murah.

Sebagai acuan harga penyewaan kuda dari lokasi jeep hingga menuju tangga paling bawah dari Kawah Bromo berada pada kisaran 100 sampai 150 ribu saja.

8. Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura

https://www.hargatiket.net

Air terjun yang memiliki ketinggian kurang lebih 1000 mdpl dan luas sekitar 25 m, menciptakan suasana air terjun yang begitu sejuk dan teduh. Siapapun yang mengunjunginya pasti jatuh cinta dan ingin kembali.

Uniknya lagi, air terjun ini membentuk sebuah gua dengan keinggian sekitar 200 m yang membuat bentuk air terjunnya melingkar.

Sebelum sampai pada air terjun utama, sobat readers akan disambut dengan 4 air terjun yang salah satunya membentuk sebuah rongga.

Lokasi kawasan ini berada di Dusun Branggah, Desa Negororejo, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Proboinggo. Sobat bisa menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum untuk mencapai lokasi.

Dilanjutkan dengan berjalan kaki, sobat bisa menjangkau air tejun sembari menikmati pemandangan hijau pepohonan yang menjulang tinggi.

9. Panorama Kawah Bromo

Panorama Kawah Bromo

https://malangstrudel.com

Kawah Bromo merupakan fenomena alam yang terbentuk dari letusan Gunung Tengger yang memiliki ketinggian 4.000 mdpl.

Akibat dari letusan tersebut terbentuklah kaldera besar dan lautan pasir, ditengah kaldera tersebut terdapat Gunung aktif yang diberi nama Bromo.

Sangat cocok untuk sobat goodtimes yang suka mengagumi fenomena alam unik ini .

Untuk bisa menjangkau fenomena kawah Bromo memang tidak mudah. Jarak yang ditembuh sobat mencapai sekitar 2 km dari tempat parkir, belum lagi dengan ratusan anak tangga yang sudah menunggu.

Namun tidak perlu khawatir setelah semua perjuangan itu, sobat akan disambut dengan indahnya pemandangan kawah Bromo.

Jika sobat tidak ingin terlalu lelah, disini juga disediakan penyewaan kuda untuk ditunggani yang akan mengantarkanmu melihat-lihat pemandangan sekitar selagi menuju ke kawah Bromo.

Tentunya dengan pengawasan pegawai setempat maka menunggangi kuda di area ini dapat dijamin keamanannya.

10. Pura Luhur Poten

Pura Luhur Poten

https://pesona.travel

Lokasi wisata yang satu ini sedikit unik. Bagi sobat goodtimes yang suka dengan suasana kentalnya budaya, Pura Luhur Poten bisa menjadi lokasi utama untuk dituju.

Lokasi Pura berada di area lautan pasir. Terdiri dari beberapa bangunan yang ditata dalam susunan suatu komposisi.

Terbagi menjadi tiga mandala atau zona, masing – masing mandala memiliki perannannya untuk setiap prosesi upacara adat.

Pura yang berdiri pada tahun 2000 ini menjadi tempat ibadah bagi masyarakat Suku Tengger yang beragama Hindu. Pada hari – hari besar tempat ini akan ramai dan menjadi pusat segala macam ritual yang digelar, salah satunya adalah Upacara Kasada.

Reply