10 Tempat Wisata Bernuansa Alam dan Modern di Banyuwangi

Advertisement

Ada Apa di Banyuwangi? Berikut 10 tempat yang bisa banget buat kamu kunjungi jika kamu sedang singgah di Banyuwangi.

Tempat wisata di Banyuwangi – Siapa bilang tempat wisata menarik hanya ada di kota-kota besar yang terkenal saja?

Tidak kalah dengan Bali, Yogyakarta dan Bandung, yuk kita tengok kota Banyuwangi.

Kota Banyuwangi yang berada di Provinsi Jawa Timur ini juga memiliki beraneka ragam tempat wisata yang keren banget buat dikunjungi sobat goodtimes loh.

Tempat Wisata Di Banyuwangi

Sobat goodtimes mari kita intip 10 tempat yang bisa dikunjungi ketika singgah di kota Banyuwangi.

1. Jawatan Benculuk

Jawatan Benculuk

https://www.pegipegi.com

Jawatan Benculuk adalah tempat yang wajib sekali untuk dikunjungi loh sobat goodtimes. Tempat wisata yang terletak di Desa Benculuk Kecamatan Cluring ini dulunya merupakan bangunan bekas pengelolaan kereta api yang memiliki usia cukup tua.

Karena sudah tidak digunakan lagi maka pemerintah setempat memilih untuk mengembangkan menjadi tempat wisata benuansa alam.

Memiliki luas lahan sekitar 3.8 hektar dan dipenuhi dengan pepohonan jenis trembesi dan jati yang ditata rapi selama puluhan tahun menjadikannya tempat yang cukup teduh dan sangat fotogenik ala film Lords Of The Rings.

Cocok banget buat selingan sejenak dari jenuhnya keseharian dan mengisi feed sosial media. Sobat goodtimes juga tidak perlu khawatir, meskipun biasanya wisata alam terkenal dengan susah signal.

Namun disini berbeda untuk Jawatan Benculuk karena wisata ini sudah menyediakan fasilitas wifi untuk para pengunjungnya.

Tidak hanya wifi, disini juga tersedia fasilitas lainnya yang akan membuat sobat goodtimes semakin kerasan seperti mushola, toilet, arung jeram, lapangan olahraga. Cocok banget kan buat wisata berdua saja dengan pasangan atau rombongan misalnya wisata keluarga.

Untuk sampai di lokasi wisata ini bisa dibilang memiliki akses yang cukup mudah untuk dilalui berbagai jenis kendaraan, hal ini dikarenakan Jawatan Benculuk masih berada di kawasan tengah kota.

Jarak lokasi dengan pusat kota sendiri sekitar 50 km, jika dihitung dengan waktu akan memerlukan sekitar 1 jam perjalanan dengan menggunakan motor atau mobil. Dilokasi wisata ini juga menyediakan tempat parkir yang aman.

Wisata ini buka dari pukul 8 – 6 sore, tiket masuk yang gratis dan hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan saja, Bagaimana, sudah siapkah sobat goodtimes untuk liburan ke Jawatan Benculuk ?

2. Bukit Mondoleko Sragi

Bukit Mondoleko Sragi

https://ngadem.com

Terkenal dengan sebutan Gardu Pandang Istimewa diujung timur jawa.

Bukit Mondoleko Sragi yang terletak di ujung pulau jawa, menyuguhkan indahnya pesona lima gunung yang memagari ujung Timur Jawa: Gunung Raung, Suket, Kendil, Meranti, dan Merapi.

Sobat goodtimes akan bisa menikmati indahnya pemandangan dan berfoto dengan latar jajaran gunung tersebut dari gardu pandang Bukit Mondoleko Sragi.

Bagi sobat goodtimes untuk bisa sampai di gardu pandang ini, sobat harus menempuh perjalanan dengan jarak 1,5 km dengan berjalan kaki. Wah… jarak yang lumayan ya.

Tapi tidak perlu khawatir, karena sepanjang menempuh perjalanan tersebut sobat dapat melihat pemandangan indah serta merasakan udara yang sejuk sehingga lelah tidak akan terasa selama perjalanan.

Sebelum memanjakan mata di gardu pandang, dikanan kiri pejalanan yang ditempuh sobat juga dapat menemukan aneka spot foto yang mengagumkan seperti ladang bunga beraneka ragam, taman kincir angin, serta kebun strawberry yang tentunya akan membuat perjalanan semakin singkat.

Wisata ini beroprasi dari pukul 7 pagi – 4 sore, harga tiket tidak bayar alias gratis, pengunjung dapat menitipkan kendaraan kepada masyarakat setempat yang menyediakan lahan parkir seadanya.

Mengingat medan Bukit Mondoleko yang berada diketinggian sebaiknya sobat goodtimes tetap waspada.

3. Puncak Asmoro

Puncak Asmoro

https://explorewisata.com

Ibarat Yin dan Yang, inilah yang terlintas di benak ketika mendengar Puncak Asmoro. Salah satu wisata di Banyuwangi yang menyuguhkan pemandangan alam berimbang.

Puncak Asmoro merupakan destinasi wisata alam yang berada di bagian timur provinsi Jawa Timur.

Wisata alam yang menyuguhkan keseimbangan alam antara agungnya jajaran tiga gunung ( Merapi, Meranti, dan Raung ) di sisi barat dan eloknya laut perairan Selat Bali di sisi Timur.

Meskipun jalur yang ditempuh untuk bisa sampai di Puncak Asmoro cukup melelahkan, namun pemandangan yang disuguhkan akan mampu membayar semua rasa lelah.

Sobat goodtimes dapat menemukan berbagai spot foto dengan latar yang menarik, dan ketika matahari mulai tenggelampun keindahan langit yang berubah menjadi jingga mampu menghipnotis para pengunjung dengan keindahannya.

Setelah sunset, jika sobat ingin beristirat lokasi wisata ini menyediakan fasilitas camping ground yang disewakan oleh pengelola setempat, selain camping ground terdapat beberapa fasilitas pendukung seperti kantin, toilet dan gazebo.

Untuk bisa masuk ke lokasi wisata pengunjung akan dikenakan biaya sekitar IDR 2000 perorang dan biaya parkit yang relatif murah sekitar IDR 3000.

4. Gunung Raung

Gunung Raung

https://www.cultura.id

Gunung Raung merupakan gunung dengan puncak tertinggi kedua setelah Gunung Semeru.

Memiliki puncak dengan ketinggian 3.334 mdpl Gunung Raung ternyata masih termasuk dalam kompleks pegunungan Ijen. Untuk sobat goodtimes yang hobi banget mendaki, gunung Raung bisa menjadi destinasi yang sangat cocok.

Mari melihat lebih jauh, gunung Raung memiliki empat puncak yang membedakannya dengan gunung lainnnya, keempat puncak tersebut adalah Puncak Bendera, Puncak Tusuk Gigi, Punack 17, dan Puncak Sejati yang memiliki letak paling atas.

Dari keempat puncak tersebut masing-masing memiliki karakter medan yang berbeda untuk memacu adrenalin goodtimes sekalian.

Mulai dari jalur Puncak Sejati yang memiliki tanjakan rawan longsor hingga jalur Puncak 17 yang memiliki jalur pendakian ekstrim dengan jalur kecil yang diapit jurang di sisi kanan dan kiri.

Belum cukup disitu saja pesonanya, menyandang predikat sebagai gunung tertinggi kedua, Gunung Raung juga memiliki kaldera yang unik dan merupakan yang terbesar di Pulau Jawa.

Kaldera Gunung Raung yang memiliki kedalaman sekitar 500 meter ini berbentuk elips nan indah. Kawah ini masih bersifat aktif mengeluarkan asap dan api, bahkan semburan asapnya mampu membumbung hingga ketinggian sekitar 100 meter.

Bagaimana ? bikin makin penasaran sobat goodtimes kan buat merasakannya secara langsung megahnya Gunung Raung.

Advertisement

5. Kawah Ijen

Kawah Ijen Banyuwangi

https://ksmtour.com/

Kawah Ijen, mendengar namanya saja sudah tentu bukan hal asing lagi buat para sobat goodtimes. Objek wisata yang telah dikenal luas oleh para wisatawan pecinta alam baik domestik hingga mancanegara.

Kawah Ijen merupakan sebuah danau diatas Gunung Ijen yang terbentuk dari letusan Gunung Ijen itu sendiri.

Kawasan wisata Kawah Ijen ini masuk kedalam wilayah Cagar Alam Taman Wisata Ijen dengan luas 2.560 hektar, dan sudah menarik ratusan wisatawan setiap harinya.

Keajaiban Kawah Ijen ?? hal ini bukanlah rumor belaka.

Jika sobat goodtimes ingin menyaksikan keajaiban tersebut ada baiknya sobat memulai pendakian pada dini hari.

Pemandangan yang didapat pada moment dinihari tersebut tidak akan membuat sobat goodtimes kecewa, Kawah Ijen akan menyuguhkan blue fire sebagai keajaibannya.

Blue Fire atau Api Biru ini terlihat sangat indah berbanding dengan gelapnya keadaan sekitar.

Api Biru tersebut berasal dari cairan belerang yang nantinya akan mengering dan menjadi bahan utama tambang bagi warga sekitar.

Tidak kalah dengan pemandangan Blue Fire ketika malam hari, panorama yang disuguhkan pada siang haripun sangat mempesona. Sobat sekalian akan dimanjakan dengan indahnya danau yang berwarna hijau tosca dengan suhu yang cukup dingin.

6. Green Bay

Green Bay

https://faktualnews.co

Banyuwangi, bergeser dari wisata gunungnya yang dingin kita akan menuju ke wisata pantainya.

Pesona teluk hijau Sarongan Pesanggrahan Banyuwangi atau kerennya sering disebut dengan Green Bay, merupakan pantai yang memiliki keistimewaan air laut yang berwarna hijau ditepian dan berangsur membiru ketengah lautan.

Dengan pasir putih yang bergitu bersih pantai Teluk Hijau ini sukses menjadi destinasi wajib di kota Banyuwangi.

Lokasi Teluk Hijau ini terletak kurang lebih 300 meter sebelah Pantai Batu. Akses menuju ke Green Bay tidak hanya bisa ditempuh melalui jalur darat saja, namun juga terbuka untuk jalur laut dari pantai Rajagwesi dengan menyewa perahu.

Apa saja sih yang sobat goodtimes bisa lakukan di Green Bay ???

Yak, di teluk hijau ini sobat goodtimes tidak hanya bisa memandang tetapi juga bisa bermain diatas pasir pantainya yang halus dan tebal sehingga tidak perlu khawatir kaki akan merasakan sakit.

Jika sobat sekalian ingin bermain dengan air laut juga tidak perlu khawatir badan akan menjadi lengket setelahnya, karena selain air laut disini juga terdapat air terjun alami yang berjarak sekitar 21 meter dari bibir pantai untuk berbilas setelah puas bermain dengan air laut.

Sebuah paket lengkap untuk wisata kan ?

7. GIS and GAS Cafe

GIS and Gas Cafe

https://media.travelingyuk.com

Traveling saja rasanya tidak lengkap jika melewatkan wisata kuliner dan tempat tempat menarik untuk berkumpul mengisi kebutuhan perut.

Selanjutnya kita akan membahas kafe dengan konsep yang cukup unik sehingga kamu bisa mengisi energi dengan makanan dan minuman lezat serta berfoto se apik mungkin untuk mengisi feed sosial media sobat sekalian.

Cafe GIS and GAS merupakan kafe yang mengusung konsep vintage ala bengkel motor, setiap sudutnya dihiasi dengan ornamen unik berupa motor lawas serta kerennya gambar – gambar mural yang menghiasi dinding kafe.

Kafe yang belokasi di jl Ahmad Yani, Gambiran-Banyuwangi ini beroperasi setiap hari mulai pukul 10 pagi hingga 12 malam.

Cukup menarik bukan ? berkunjung bersama teman untuk semakin mempererat kebersamaan.

8. Osing Delis Resto

Osing Delis

https://osingdeles.com

Masih berkonsep vintage, Resto bernama Osing Delis ini terletak di jl. KH, Agus Salim 12 A, Taman Baru-Banyuwangi.

Berbeda dengan kafe sebelumnya yang mengusung vintage dengan memajang vespa, Osing Delis memilih ornamen sepeda ontel untuk menarik kita ke masa lampau.

Begitu juga dengan ornamen lampu lawas yang tergantung dan difungsikan dengan baik. Benar – benar konsep unik yang mampu kita membawa ke masa yang berbeda.

Resto yang berdiri sejak tahun 2013 ini merupakan salah satu lokasi pusat oleh – oleh dan kuliner lezat di Banyuwangi lho.

Makanan yang disediakan disini beraneka ragam, mulai dari hidangan tradisional hingga western food yang tentunya dibandroll dengan harga yang bersahabat dengan kantong wisatawan. Untuk makanan dan minuman bisa dipesan mulai dari harga 15 ribu hingga 60 rb.

Resto yang terdiri dari lima lantai ini beroperasi setiap hari dari pukul 9 pagi hingga 12 malam. Benar – benar one-stop place yang tidak boleh terlewatkan di Banyuwangi ya sobat goodtimes.

9. Three-B Cafe

Three-B Cafe

https://joecandra.com

Kafe yang mengusung konsep semi outdoor, memanjakan perut dengan kuliner yang lezat sekaligus memanjakan mata dengan pemandangan yang mempesona.

Three-B Cafe menjadi tempat nongkrong yang sangat sayang dilewatkan saat sobat sudah berada di Kota Banyuwangi.

Lokasi kafe yang terletak di sebuah Bukit Kapur di sekitar terminal bus Ketapang, sangat cocok untuk tempat beristirahat setelah seharian bertualang.

Kafe ini menyajikan pemandangan Selat Bali nan indah, dari sisi inipun kita dapat menikmati pemandangan hutan di Taman Nasional Bali Barat.

Fasilitas yang diberikanpun cukup menarik, seperti wifi, spot foto, VIP room bagi yang ingin menikmati kebersamaan dengan keluarga dan sahabat menjadi lebih privat, toilet dan tentunya mushola.

Three-B Cafe beroperasi setiap hari mulai pukul 10 pagi hingga 10 malam untuk hari biasa, dan mulai pukul 8 pagi hingga 10 malam untuk akhir pekan.

10. Srengenge Ngetan

Srengenge Ngetan

https://hobimakanbanyuwangi.com

Terletak di Taman Sri Tanjung, jl. P.B. Soedirman No. 175 – Banyuwangi. Memiliki interior bernuansa etnis dengan dihiasi lampu tempel yang memancarkan cahaya kuning temaram membuat nuansa semakin hangat.

Menu wajib yang patut dicoba adalah makanan tradisional Banyuwangi seperti Nasi Tempong, Rujak Soto, dan Pecel Pitik.

Minuman yang disajikanpun beragam, mulai dari minuman tradisional hingga modern. Harga yang dipasang tentunya sangat ramah untuk para sobat wisatawan loh.

Resto ini beroperasi setiap hari dari pukul 10 pagi hingga 10 malam. Bagaimana, sudah siapkah untuk bertualang di Banyuwangi?

Jangan lewatkan untuk mampir di Srengenge Ngetan dan pastikan untuk memesan masakan tradisional Banyuwangi ya.

Advertisement

Baca juga lebih banyak makanan khas Banyuwangi.

Advertisement

Reply