Nostalgia Pasar Kangen Yogyakarta, Ajak Orang Tersayang!

Nostalgia Pasar Kangen Yogyakarta

https://gudeg.net

Berlibur ke Jogja dijamin tidak akan mati gaya, karena Kota Gudeg ini memiliki banyak pilihan tempat wisata dan kuliner yang tersebar di seluruh penjuru kota.

Tidak hanya destinasi wisata, Yogyakarta juga menampilkan beragam acara kece dan menarik. Kali ini, mari kita Nostalgia Pasar Kangen Yogyakarta 2019.

Beberapa event terkenal yang sering diadakan di Jogja diantaranya adalah ArtJog, Prambanan Jazz, Festival Kebudayaan Yogyakarta (FKY), dan Pasar Kangen Jogja.

Pasar Kangen merupakan acara yang happening di Yogyakarta.

Eits, ada yang belum tahu tentang acara ini? Jadi, Pasar Kangen Yogyakarta merupakan acara tahunan dari Dinas Kebudayaan Taman Budaya Yogyakarta.

Lokasi Pasar Kangen Yogyakarta

Acara tahunan ini berlokasi di Taman Budaya Yogyakarta, yaitu di Jl. Pabringan No.82, Ngupasan, Gondomanan, Yogyakarta.

Lokasi tepatnya adalah di belakang Taman Pintar dan Museum Benteng Vredeburg, atau di sebelah selatan Pasar Beringharjo.

Taman Budaya Yogyakarta cukup dekat dari kawasan Malioboro yang terkenal.

Harga Tiket Masuk Pasar Kangen Yogyakarta

Pasar Kangen terbuka untuk umum dan gratis dari jam 10 pagi hingga 10 malam. Acara ini diadakan setiap tahun antara bulan Juni-Agustus.

Event hits ini selalu ramai dipadati masyarakat kota Jogja dan luar Jogja yang rindu dengan kuliner ataupun kesenian lawas khas Jogja.

Fasilitas dan Daya Tarik Pasar Kangen Yogyakarta

Pasar Kangen Jogja menawarkan beragam kegiatan yang menarik untuk diikuti, seperti kuliner khas Jogja, menikmati kesenian, nostalgia masa lalu, dan beberapa hal lain seperti:

1. Kerajinan

Selain kuliner tempo dulu, para pengunjung juga dapat membeli berbagaiĀ aksesoris, kerajinan, kreatif handmade, dan clothing di Pasar Kangen.

Diantaranya adalah topeng kayu, wayang kardus, cincin akik, dan masih banyak lagi.

Barang-barang kuno lain seperti majalah jadul dan poster, kaos motif lawas, koleksi buku lawas dengan cover usang, kain kuno, mainan masa kecil yang sudah jarang ditemukan, hingga piringan hitam, masih dapat Anda temukan di pasar ini.

2. Peralatan Antik

Ada juga beberapa koleksi barang antik seperti kamera, telepon, radio, serta gramofon.

Meski terlihat usang, semua barang-barang lawas di event ini masih dapat berfungsi dengan baik.

Itu sebabnya, event ini selalu menjadi tempat hunting para kolektor barang antik.

3. Pertunjukan Seni Tradisional

Dihadirkan juga kesenian tradisional untuk menghibur para pengunjung, seperti reog, keroncong, jathilan, wayang orang, wayang kulit, dan ketoprak.

Tidak hanya sampai di sini, Pasar Kangen Jogja juga diisi oleh para seniman lukis yang menghadirkan pameran lukis batik dan pameran wayang yang tidak dapat Anda temukan di pasar-pasar lain.

Pengunjung yang tertarik dapat memanfaatkan jasa sang seniman di sini.

Baca juga: Wisata Keluarga Museum Ullen Sentalu Jogja

4. Pakaian Khas Jogja jadi Cirikhas

Pasar Kangen Jogja menampilkan beragam pertunjukan seni dan kuliner tradisional tempo dulu, ada juga barang-barang lawas yang unik dan sangat bernilai sejarah.

Stand atau lapak yang ingin berpartisipasi di Pasar Kangen Jogja harus melalui seleksi ketat dari panitia.

Para penjaga stand bahkan diwajibkan untuk mengenakan pakaian tradisional khas Jogja selama acara berlangsung, seperti baju kebaya untuk perempuan dan blangkon untuk laki-laki.

Hal ini bertujuan untuk menciptakan nuansa khas tradisional Jogja.

Edisi 2019 digelar pada bulan Juli 2019 lalu. Gelaran ke-12 ini semakin meriah dengan dihadirkannya ratusan seniman dan UMKM Yogyakarta.

Nostalgia Pasar Kangen Yogyakarta dengan ragam kesenian lawasnya dan kuliner yang khas memberikan pengalaman unik tentang memori kehidupan Jogja tempo dulu.

Bagi anda yang ingin melepas kerinduan pada Jogja tempo dulu, berkunjunglah ke Pasar Kangen Jogja tahun depan.

Jangan lewatkan juga: Wisata Sejarah Benteng Vredeburg dekat Malioboro

Reply