11 Makanan Khas Yogyakarta yang Begitu Istimewa

Gudeg Makanan Khas Yogyakarta

image via https://rentalmobiljogja.id

Yogyakarta  menjadi salah satu kota terfavorit di Indonesia yang wajib dikunjungi para traveler. Tentu bukan hanya destinasi wisatanya saja yang banyak,

Juga terdapat keragaman budaya, keramahan masyarakatnya, dan yang bikin ngiler adalah makanan khasnya.

Makanan Khas Yogyakarta yang Wajib Dicoba Para Traveler

Yaps, sama seperti daerah lainnya, Yogyakarta memiliki makanan khas yang sangat lezat dan nikmat, serta wajib dikunjungi.

Penasaran apa saja makanannya? Berikut ini ulasannya untukmu!

1. Gudeg

Membahas makanan khas Yogyakarta, pasti yang pertama disebut adalah Gudeg. Yaps, makanan yang satu ini, bahkan telah terkenal hingga ke mancanegara.

Hal tersebut karena, kuliner khas ini memang memiliki rasa yang lezat, yakni dari perpaduan nangka muda yang dimasak menggunakan santan.

Dan yang membuatnya menjadi lezat adalah, perpaduan rempah-rempah dan santannya ini, dimasak hingga benar-benar meresap ke nangkanya, sehingga hampir tak ada kuahnya sedikit pun.

Apalagi ketika memasaknya menggunakan daun jati, sehingga citra rasanya lebih mantap dan nikmat.

Sedangkan untuk penyajiannya, biasanya disajikan bersama areh atau kuah santan kental, sambal goreng krecek, nasi, telur, tahu dan ayam kampung.

2. Krecek

Bagi Kamu yang mengunjungi Yogyakarta, dipastikan harus cicipi kuliner khas yang satu ini.

Yaps, biasanya krecek ditambahkan sebagai toping gudeg, namun Kamu juga bisa menyantapnya secara langsung atau ditambah dengan makanan lainnya.

Yang membedakan krecek khas Yogyakarta dengan lainnya adalah, kerupuk kulit ini dimasak dengan sambal, sehingga rasa gurih dan pedasnya lebih dominan.

Jadi, Kamu juga bisa membawanya pulang, sebagai oleh-oleh.

3. Bakpia Pathuk

Yaps, selain gudeg, bakpia pathuk juga menjadi makanan khas Yogyakarta yang tak boleh dilewatkan, dipastikan hanya kota ini saja yang memilikinya.

Bapkia pathuk sendiri merupakan kue khas Yogyakarta yang memiliki bentuk bulan pilih.

Untuk pembuatannya menggunakan campuran gula dan kacang hijau yang dibungkus dengan tepung, kemudian dimasak dengan cara dipanggang.

Sedangkan untuk pilihannya, Kamu bisa memilih bakpia pathuk yang kering atau basah, serta berbagai varian rasa yang lengkap seperti cokelat, durian, pandan, kacang dan lainnya.

Wajib Kamu coba, bakpia pathuk basah yang masih hangat, dijamin rasanya bikin nagih!

4. Oseng-Oseng Mercon

Oseng-oseng mercon? Wajib coba bagi Kamu yang suka pedas. Dimana kuliner khas Yogyakarta yang satu ini merupakan olahan dari daging sapi yang dimasak dengan sambal super pedas.

Namun bagi Kamu yang tak suka pedas, bisa tetap mencicipinya dengan memesan tanpa cabai.

5. Sate Klatak

Yogyakarta juga memiliki sate khas yang tak boleh ditinggalkan. Yaps, sate unik yang satu ini, merupakan olahan sate yang terbuat dari potongan kambing muda, kemudian ditusuk dengan jeruji.

Dan yang membuat rasanya lebih lezat adalah penyajiannya ditambah dengan kuah gulai sehingga lebih menggugah selera.

6. Sate dan Tongseng Petir

Selain sate klatak, Yogyakarta juga memiliki sate lainnya yang wajib dicoba yakni sate dan tongseng petir.

Yaps, makanan khas Yogyakarta yang biasanya terdapat di Ringroad selatan ini cocok bagi Kamu pecinta masakan pedas.

Sebab sate dan Tongseng Petir merupakan olahan dari daging kambing, yang dicampur bersama bumbu pedas khas. Jadi, rasanya dijamin bikin ketagihan.

7. Yangko

Untuk makanan khas Yogyakarta yang satu ini bila Kamu bawa pulang. Yaps, olahan dari tepung ketan dan berbentuk kota ini, mempunyai tekstur yang kenyal serta rasa manis.

Apalagi isinya menggunakan campuran kacang, seperti yang ada pada kue moci asal negeri tirai bambu.

Dan yang membedakan moci dengan Yangko adalah oleh-oleh khas Yogyakarta ini tidak terlalu lembek dan agak kaku.

8. Cilok Gajahan

Ternyata, Yogyakarta memiliki cilok khas meski mengadopsi dari cilok khas Jawa Barat. Nah, untuk cilok gajahan asal Yogyakarta ini memiliki rasa yang berbeda, yakni dari bumbu ciloknya.

Apalagi bentuknya pun lebih besar ketimbang cilok biasanya. Tak heran jika jajanan khas Yogyakarta yang satu ini banyak diburu oleh wisatawan.

9. Geplak

Untuk makanan khas Yogyakarta yang satu ini masuk ke jenis kue tradisional yang masih ada hingga sekarang.

Dimana cara membuatnya yakni dari kelapa parut, kemudian dicampur bersama gula dan tepung.

Sedangkan untuk bentuknya yakni bulat-bulat kecil, dan berwarna-warni, sehingga membuat Kamu gemas untuk memakannya.

10. Bakmi Jogja

Bukan sembarang bakmi, untuk bakmi khas Yogyakarta ini menggunakan racikan bumbu khas Jawa, sehingga rasanya lebih lezat dan nikmat.

Selain itu, bakmi yang satu ini lebih nyemek, atau menggunakan sedikit kuah, sehingga teksturnya agak kental.

Satu rekomendasi bakmi Jawa Jogjakarta yang menjadi legendaris, yakni Bakmi Pak Pele yang berada di dekat Alun-alun Kidul.

11. Walang (Belalang Goreng)

Yaps, bila Kamu berkunjung ke Yogyakarta, dipastikan akan melihat warung-warung di pinggir jalan yang menjajakan belalang goreng.

Menjadi pengalaman yang asik dan unik tentunya jika Kamu berhasil mencicipi walang goreng.

Perlu diketahui, meski makanan khas Yogyakarta yang satu ini membuat sebagian orang geli, namun ternyata di dalamnya memiliki kandungan gizi yang sangat banyak lho.

Bagaimana, tertarik mengunjungi Yogyakarta?

Bagi Kamu yang sedang mengunjungi kota pelajar ini, pastikan tak hanya mencoba wisatanya saja, namun juga kuliner khasnya, yang bisa bikin Kangen dan pengen balik lagi ke kota ini.

Perlu diketahui juga, tak hanya ada 11 makanan khas Yogyakarta tersebut saja, namun juga ada makanan rekomendasi lainnya yang wajib Kamu coba.

So, tunggu apalagi, pastikan cicipi semua makanan yang tak bisa dijumpai di daerah lainnya ini.

Reply