Rekomendasi Makanan khas Wonosobo Lezat dan Menggiurkan untuk Dicoba

Mie Ongklok Wonosobo

image via indtimes.com

Wonosobo merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang terkenal karena suhunya yang dingin. Ya, berada tak jauh dari pegunungan.

Suhu di kabupaten ini cenderung lebih dingin daripada kabupaten Jawa Tengah secara umum.

Selain itu, Wonosobo juga terkenal sebagai salah satu destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Ada cukup banyak destinasi wisata yang menyenangkan untuk dijadikan destinasi liburan bersama keluarga yang menyenangkan.

Salah satu yang sangat terkenal di Wonosobo untuk destinasi wisata saat liburan tentu saja adalah Dieng.

Namun ternyata, Wonosobo tidak hanya terkenal karena keindahan alam dan suhunya yang dingin. Kabupaten ini menawarkan cukup banyak sajian kuliner yang menarik.

Ya, terdapat cukup banyak makanan khas Wonosobo yang tersedia dan bisa menjadi pemuas dahaga orang-orang yang suka berburu kuliner nusantara.

Ragam Makanan Khas Wonosobo Lezat dan Menggugah Selera

Ada cukup banyak makanan khas Wonosobo yang bisa menjadi pilihan tepat saat berkunjung ke kabupaten ini.

Adanya banyak panganan khas tentu saja akan membuat Kamu leluasa untuk berburu kuliner sesuai yang Kamu inginkan.

Nah, apa saja makanan menarik yang ada di Wonosobo untuk dicoba? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

1. Mie Ongklok

Mi Ongklok adalah salah satu makanan khas Wonosobo yang bisa dikatakan sudah sangat terkenal.

Bahkan, sajian khas ini menjadi salah satu ikon Wonosobo yang membuat berbagai kalangan yang datang ke daerah ini akan memburunya.

Bisa dikatakan bahwa liburan ke Wonosobo tidak lengkap tanpa mencoba panganan satu ini. Nah, Mi Ongklok dibuat dengan campuran beberapa bahan yang berbeda.

Beberapa bahan yang digunakan untuk membuat mi ini diantaranya adalah mi, kubis, kol serta daun kucai. Selanjutnya, campuran bahan tersebut ditambahkan dengan kuah kacang yang cukup kental.

Mi bisa dinikmati dengan tambahan sate kambing ataupun tempe kemul khas Wonosobo. Menikmati sajian ini di tengah hawa dingin Wonosobo tentu sangat mengasyikkan.

2. Carica

Panganan khas lain yang ada di Wonosobo dan cocok untuk Kamu coba saat berkunjung ke daerah ini adalah Carica. Ya, pernah mendengar nama sajian kuliner yang satu ini?

Carica sebenarnya adalah buah yang tumbuh subur di kawasan Dieng. Buah ini memiliki rasa asam namun menyegarkan.

Nah, buah ini kemudian dibuat menjadi beberapa panganan yang nikmat.

Di Wonosobo, Kamu akan menemukan beberapa olahan dengan bahan dasar buah ini, seperti manisan Carica yang memiliki rasa menyegarkan dan keripik Carica dengan rasa yang renyah dan tentu saja gurih.

Carica menjadi salah satu ikon di Wonosobo, bahkan sudah tersebar di berbagai daerah lainnya. Nah, jika Kamu berkunjung ke Wonosobo, belilah olahan Carica untuk dijadikan oleh-oleh keluarga di rumah.

3. Kue Pepe Wonosobo

Kue pepe adalah salah satu kue khas Wonosobo yang begitu digemari oleh masyarakat.

Jika Kamu merupakan pecinta sajian kuliner yang manis, maka jenis kue ini bisa dijadikan salah satu panganan yang lezat untuk Kamu coba.

Kue ini biasanya tersedia di rumah-rumah menjelang hari raya sebagai salah satu sajian yang wajib untuk dihidangkan.

Namun, seiring berjalannya waktu, kue pepe kini sudah cukup tersebar dengan luas dan bisa ditemukan di toko-toko kue yang ada di Wonosobo.

4. Dendeng Gepuk

Untuk Kamu yang suka dengan olahan daging sapi, maka dendeng gepuk wajib menjadi salah satu daftar makanan tradisional yang wajib Kamu coba.

Ya, jenis olahan ini adalah salah satu makanan khas Wonosobo yang menawarkan cita rasa begitu istimewa untuk disantap.

Seperti namanya, dendeng ini dibuat dengan bahan dasar daging sapi yang sudah diiris tipis kemudian dibuat menjadi lebih pipih.

Kemudian, dendeng diberikan aneka bumbu rempah yang terasa dan dikeringkan. Dendeng akan digoreng hingga kering sebelum kemudian disajikan.

Nah, olahan dendeng gepuk ini memiliki rasa kering, kaya rempah dan cenderung pedas.

Untuk menikmatinya, Kamu bisa menambahkan nasi putih hangat dan sambal bajak yang akan membuat sajian ini terasa begitu nikmat.

5. Cenil

Makanan khas Wonosobo lainnya yang perlu Kamu coba saat berkunjung ke tempat ini adalah cenil.

Ya, cenil memang termasuk salah satu panganan tradisional yang sudah sangat terkenal dan sebenarnya terdapat juga di banyak tempat di Pulau Jawa selain Wonosobo.

Panganan istimewa ini dijual dengan harga yang sangat bersahabat sehingga banyak dicari oleh masyarakat berbagai kalangan.

Dalam penyajiannya, cenil dibuat dengan warna-warni yang berbeda-beda yang membuatnya terlihat lebih cantik dan menarik.

Selain itu, untuk penyajiannya, cenil kemudian akan ditambahkan dengan siraman Jawa dan taburan kelapa muda parut.

Campuran ini akan membuat cenil terasa begitu gurih dan cenderung manis.

6. Tempe Kemul

Suka dengan olahan tempe? Nah, saat berada di Wonosobo, Kamu wajib mencoba makanan yang satu ini.

Tempe kemul adalah salah satu panganan khas di Wonosobo yang sangat mudah ditemukan dan digemari oleh banyak masyarakat.

Beberapa kalangan menganggap bahwa tempe kemul sama dengan mendoan biasa. Padahal, panganan khas ini memiliki ciri khas tersendiri.

Ciri tempe kemul yang menarik adalah adanya tambahan daun kucai pada adonan. Selain itu, tempe digoreng dengan ukuran yang cukup lebar dan cenderung lebih kering daripada mendoan biasa.

Nah, demikian beberapa rekomendasi makanan khas Wonosobo yang bisa Kamu coba saat berkunjung ke tempat ini.

Mencoba panganan khas Wonosobo tentu akan membuat liburan atau kunjungan bersama keluarga di daerah berhawa dingin ini menjadi lebih menyenangkan.

Reply