Makanan khas Wonogiri yang Unik Dengan Rasa Nikmat dan Menggiurkan

Nasi Cabuk Wijen Wonogiripng

image via https://www.inibaru.id

Wonogiri adalah salah satu daerah di Jawa Tengah yang cukup terkenal. Daerah ini masih memiliki banyak lanskap alam yang sangat indah.

Jika Kamu berkunjung ke Wonogiri, Kamu akan menemukan sawah yang sangat luas, pemandangan alam yang indah dan hawa yang sejuk. Inilah yang membuat daerah ini terkadang dijadikan destinasi wisata alternative.

Namun, di samping memiliki bentang alam yang indah dan hawa sejuk khas dataran tinggi, apa yang menarik dari Wonogiri adalah sajian kuliner khas yang ditawarkan.

Ya, ada cukup banyak makanan khas Wonogiri yang tersedia dengan rasa yang nikmat dan menggiurkan. Adanya banyak makanan khas di daerah ini menjadi daya tarik tersendiri untuk dilihat.

Nah, Kamu yang menggemari sajian kuliner nusantara tentu bisa menambah pengamalan berburu kuliner lezat di Wonogiri ini.

Lalu, apa saja makanan khas Wonogiri yang cocok untuk dicoba dengan rasa nikmat dan menggiurkan? Kita akan membahasnya di sini.

Rekomendasi Makanan Khas dan Istimewa di Wonogiri

Sebagaimana disinggung di awal bahwa Wonogiri adalah salah satu daerah yang menawarkan panganan khas yang nikmat dan tentu saja menarik untuk dinikmati.

Ada cukup banyak makanan tradisional dengan bahan yang sederhana yang tersedia. Tentu, kebanyakan makanan tradisional ini dijual dengan harga yang terjangkau.

Nah, apa saja makanan khas Wonogiri yang cocok untuk Kamu coba saat berada di daerah ini? Simak ulasan di bawah ini.

1. Nasi Tiwul

Salah satu makanan khas Wonogiri yang cukup terkenal dan familiar di kalangan masyarakat adalah nasi tiwul.

Ya, tiwul adalah salah satu makanan tradisional yang bisa dikatakan tersedia tidak hanya di Wonogiri saja, namun juga daerah-daerah lainnya, khususnya di Pulau Jawa.

Makanan tradisional ini dibuat dengan bahan dasar tepung gaplek. Tepung gaplek sendiri adalah singkong yang sudah dikeringkan lalu ditumbuk.

Dalam pengolahannya, tepung ini diberikan bumbu sederhana dan gula aren. Selanjutnya, adonan dikukus hingga matang.

Nah, keunikan tiwul di Wonogiri adalah makanan ini dijadikan pengganti nasi. Biasanya, tiwul disajikan dengan parutan kelapa agar terasa gurih.

Namun, di Wonogiri, tiwul bisa dinikmati dengan aneka lauk lainnya yang menarik, seperti ikan asin, urap serta sambal. Terlebih, Wonogiri sendiri terkenal dengan sebutan Kota Gaplek.

2. Cabuk Wijen

Cabuk wijen adalah makanan khas Wonogiri yang unik dan bisa dikatakan langka untuk saat ini. Seperti namanya, panganan khas ini dibuat dari bahan dasar wijen,

Tepatnya ampas dari pembuatan minyak biji wijen.

Bahan tersebut kemudian dicampurkan dengan merang padi yang dibakar. Campuran ini menghasilkan pasta yang berwarna hitam.

Tampilannya yang hitam menjadi daya tarik tersendiri dari panganan ini. Terlebih, panganan ini memiliki rasa yang cukup manis karena ada tambahan gula Jawa dan beberapa bumbu lain yang sederhana.

Setelah itu, adonan dibungkus dengan menggunakan daun pisang dan kemudian dipanggang di atas bara api.

Nah, proses pembuatan panganan ini bisa dikatakan cukup rumit sehingga wajar saja jika makanan ini cenderung susah didapatkan.

Namun, jika Kamu merasakannya, makanan ini akan sangat nikmat dan cocok untuk camilan.

3. Pindang Kambing

Kamu tentu sudah sangat familiar dengan pindang, bukan? Ya, pindang adalah salah satu makanan yang sangat familiar dan biasanya dibuat dengan bahan dasar ikan.

Namun, saat di Wonogiri, Kamu akan menemukan pindang dengan bahan yang tidak biasa. Ya, pindang di Wonogiri dibuat dengan bahan dasar kambing! Cukup unik, bukan?

Pindang kambing adalah salah satu sajian khas Wonogiri yang sangat terkenal dan sangat dicari. Umumnya, masyarakat penasaran dengan olahan satu ini sehingga mereka berbondong-bondong untuk mencicipinya.

Nah, olahan ini dibuat dengan adonan dari tepung gaplek. Selain itu, bahan lain yang digunakan adalah jeroan serta kikil kambing.

Beberapa bahan tersebut kemudian dibungkus dengan menggunakan daun jati, dicampur bumbu dan dimasak. Rasa olahan ini cukup manis dan gurih yang sangat nikmat untuk lauk makan.

4. Wader Goreng

Pernah mendengar wader? Nah, wader adalah salah satu jenis ikan air tawar yang memiliki ukuran cukup kecil.

Umumnya, ukuran wader ini hanya sebesar jari kelingking saja dan ikan ini cenderung hidup secara bergerombol.

Di Wonogiri, Kamu bisa menemukan salah satu sajian khas dengan bahan dasar ikan ini, namanya wader goreng.

Wader goreng merupakan olahan yang sangat sederhana karena ikan wader yang sudah dibersihkan hanya akan digoreng dengan campuran bumbu yang sederhana.

Nah, rasa wader goreng ini begitu renyah dan tentu saja gurih. Biasanya, masyarakat mengkonsumsi wader goreng untuk camilan dan alternative lauk yang dicampur dengan sambal yang pedas.

5. Jangan Lombok Hijau

Satu lagi makanan khas Wonogiri yang sangat menggugah selera adalah jangan lombok hijau. Ini adalah sayur yang menggunakan bahan dasar santan serta potongan cabai rawit dan hijau.

Bahan lain yang digunakan adalah tempe, tahu juga petai. Nah, sayur ini termasuk jenis sayur yang menjadi legenda di Wonogiri.

Biasanya, sayur ini disajikan untuk beragam agenda khusus, seperti acara pernikahan, sunatan dan lainnya. Rasa segar sekaligus pedas akan sangat terasa ketika Kamu mencicipi sayur ini.

Demikian beberapa ulasan dan rekomendasi makanan khas Wonogiri yang bisa Kamu cicipi.

Beragam makanan khas dari Wonogiri ini tentu saja akan menambah pengalaman Kamu untuk berburu makanan asli Indonesia dengan rasa yang nikmat dan menggugah selera.

Selamat mencoba!

Reply