Makanan Khas Trenggalek yang Lezat dan Wajib Kamu Coba

Sego Gegok Trenggalek

image via idntimes.com

Menikmati makanan khas atau kuliner merupakan ritual wajib yang selalu dilakukan saat berkunjung ke suatu daerah.

Tidak lengkap rasanya jika kita berwisata ke daerah baru tanpa mencicipi makanan khasnya.

Seperti halnya saat Kamu berkunjung ke sebuah kota wisata di daerah Jawa Timur, Trenggalek pastinya harus mencicipi makanan khas Trenggalek yang lezat.

Makanan Khas Trenggalek

Berikut ini makanan khas Trenggalek yang bisa Kamu coba saat mengunjungi tempat ini.

1. Sego Gegok

Kabupaten Trenggalek yang memiliki luas daerah 1.205,22 Km ini memiliki berbagai kekayaan alam yang melimpah.

Dengan posisi berjarak 180 Km dari kota Surabaya menjadikan Kota Trenggalek tujuan banyak wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Di sini para wisatawan akan dimanjakan dengan deretan pantainya yang begitu menggoda. Pantai Prigi merupakan salah satu Pantai di Trenggalek yang masih terjaga kealamiannya.

Pastinya suasana di sini sangat damai dan cocok untuk me-refresh pikiran yang terasa penat.

Kabupaten yang berada di pesisir selatan Jawa Timur ini juga mempunyai berbagai macam makanan khas yang pastinya menggoda selera, contohnya menu sego gegog khas Trenggalek ini.

Bagi Kamu yang doyan dengan makanan bercita rasa pedas bisa memilih kuliner khas Trenggalek yang satu ini.

Dijamin akan membuat Kamu tidak berhenti untuk melahapnya karena rasa pedas yang mantap.

Sebenarnya kalau di Jawa Tengah Sego Gegog ini mirip dengan nasi kucing, namun yang membedakan adalah rasanya yang super pedas.

Adapun bumbu-bumbu yang digunakan untuk membuat Sego Gegog juga cukup sederhana, namun memiliki cita rasa yang lezat.

Harganya juga cukup murah, sekitar Rp 2000 tiap porsinya. Cocok buat Kamu para traveler yang memiliki budget pas-pasan namun ingin menikmati kuliner yang enak.

2. Pindang Sapi

Jenis makanan yang satu ini pastinya sudah tidak asing lagi di telinga kita. Ya, pindang telah menjadi jenis lauk favorit bagi kebanyakan keluarga di Indonesia.

Biasanya bahan utama yang digunakan untuk membuat pindang adalah daging ikan.

Namun, berbeda dengan pindang di Trenggalek yang menggunakan daging sapi. Bagian yang digunakan untuk membuat pindang adalah bagian iga-nya.

Pastinya dapat Kamu bayangkan betapa lezatnya pindang iga sapi ini.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat pindang sapi cukup banyak, proses untuk membuatnya juga membutuhkan waktu hingga dua hari.

Namun, lamanya waktu untuk membuat tersebut terbayarkan dengan cita rasa pindang sapi yang begitu lezat. Kelezatan pindang sapi ini mampu menggoyang lidah siapa pun yang mencobanya.

3. Sego Tiwul Botok Layur

Sego tiwul botok layur menjadi makanan khas Trenggalek berikutnya yang  harus Kamu coba. Bahan utama yang digunakan untuk membuat sego tiwul botok layur adalah ikan layur.

Agar terasa nikmat ikan layur diolah dengan berbagai bumbu, kemudian disajikan dengan sego tiwul atau nasi tiwul. Sego tiwul ini juga terdapat di daerah-daerah lain di sekitar Trenggalek.

Bahan untuk membuat sego tiwul adalah singkong yang diolah sedemikian rupa, sehingga menjadi pulen dan nikmat disantap bersama dengan botok layur.

Ikan layur di sini juga memiliki cita rasa yang khas, karena melalui proses pengasapan terlebih dahulu sebelum menjadi botok layur.

Dengan campuran berbagai bumbu rempah-rempah menjadikan sego tiwul yang pulen dan botok layur sangat cocok disantap saat berlibur di Trenggalek.

4. Nasi Goreng Anglo

Saat berkunjung ke Trenggalek Kamu juga bisa menikmati kuliner nasi goreng anglo yang sudah terkenal kelezatannya.

Nasi goreng anglo ini berbeda dengan nasi goreng di daerah lain, karena peralatan yang digunakan untuk memasak masih tradisional.

Jika biasanya nasi goreng dimasak menggunakan kompor, maka nasi goreng anglo ini dimasak menggunakan tungku, sehingga memberikan cita rasa yang lebih gurih.

Selain itu, racikan bumbunya juga berasal dari berbagai rempah-rempah yang diolah secara khusus, sehingga menghasilkan cita rasa nasi goreng yang spesial.

Pastinya Kamu akan ketagihan untuk mencoba nasi goreng anglo lagi di Trenggalek.

5. Rujak Cingur Sumber Gedong

Mendengar kata rujak akan membuat siapa saja ingin melahapnya. Terlebih lagi ditemani dengan suasana di pantai yang panas terik, rujak akan menjadi kuliner yang pas untuk Kamu nikmati.

Meskipun Kamu sudah sering makan rujak di tempat lain akan terasa berbeda jika menikmati rujak cingur di Trenggalek ini.

Yang membedakan adalah racikan bumbu rujaknya, sehingga membuat siapa saja tergoda untuk mencobanya.

6. Tahu Lontong Khas Trenggalek

Tahu lontong juga menjadi salah satu makanan khas yang ada di Trenggalek. Kuliner tahu lontong khas Trenggalek ini banyak diminati para wisatawan, karena memiliki cita rasa yang khas.

Biasanya tahu lontong ini disajikan dengan cita rasa yang pedas. Namun, bila Kamu bukan pecinta pedas sebaiknya pesan agar dibuatkan yang tidak terlalu pedas.

Racikan bumbunya yang khas menjadi tahu lontong Trenggalek memiliki rasa yang nikmat.

7. Soto Ayam Jarakan

Bagi para pecinta kuliner tentunya soto ayam sudah menjadi jenis makanan yang familiar. Terlebih lagi di Indonesia terdapat berbagai jenis soto dengan racikan dan bumbu yang beragam.

Namun, saat berkunjung ke Trenggalek jangan lupa untuk mencoba soto ayam jarakan. Soto ayam yang satu ini berbeda dari soto ayam di daerah lain, karena memiliki kuah yang kental dan cita rasa yang lezat.

Sebagai kota tujuan wisata tentunya Trenggalek juga memiliki berbagai kuliner khas yang mampu memanjakan lidah para pengunjungnya.

Oleh karena itu, beberapa makanan khas Trenggalek tersebut bisa Kamu jadikan sebagai referensi saat berkunjung ke Kabupaten Trenggalek.

Kamu bisa memilihnya sesuai dengan selera masing-masing agar liburan menjadi lebih mengasyikkan.

Reply