Rekomendasi Makanan Khas Temanggung Murah, Unik dan Wajib Coba

Sego Gono Temanggung

image via pinterest.com

Temanggung adalah salah satu kabupaten yang ada di Jawa Tengah dan termasuk salah satu daerah yang sangat ramai.

Ya, hal ini dikarenakan daerah ini adalah destinasi wisata yang sangat lengkap. Adanya pegunungan Sindoro dan Sumbing membuat nama Temanggung masuk dalam salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi.

Selain itu, secara umum, Temanggung memang memiliki suasana yang sejuk sehingga sering dijadikan tempat bersantai dari hiruk pikuk kota yang panas dan terlalu bising.

Nah, hal menarik lain dari Temanggung selain bentang alam yang indah adalah sajian kuliner. Ada cukup banyak makanan khas Temanggung yang menarik untuk dicoba.

Adanya banyak sajian kuliner khas Temanggung ini tentu saja sangat menyenangkan, terutama untuk Kamu yang memang suka berburu sajian kuliner nusantara.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas beberapa makanan khas Temanggung yang tidak hanya lezat, namun juga terjangkau dari segi harga.

Penasaran? Simak beberapa ulasan di bawah ini!

Ragam Makanan Khas Temanggung Wajib di Coba

Sudah disinggung di awal bahwa Temanggung memiliki beragam sajian khas yang sangat menarik untuk dicoba.

Nah, dengan adanya banyak hidangan khas ini, tentu saja waktu berkunjung ke Temanggung akan semakin mengasyikkan dan menyenangkan.

Lantas, apa saja makanan khas Temanggung yang cocok untuk dicoba? Berikut ada beberapa rekomendasi yang bisa Kamu pilih.

1. Sego Gono

Salah satu makanan khas Temanggung yang cocok untuk Kamu coba saat berkunjung ke kaki gunung ini adalah Sego Gono.

Pernahkah mendengar nama sajian kuliner khas yang satu ini? Sego Gono adalah makanan khas yang dibuat dengan campuran nasi dan sayur-sayuran yang segar.

Beberapa sayuran yang digunakan dalam menu ini adalah buncis, kol, lembayung yang diiris tipis dan lainnya.

Selain itu, menu ini kemudian dicampur dengan beberapa bahan lainnya, seperti tempe, ikan teri dan juga parutan kelapa. Bahkan, ada pula tambahan kentang dan jeroan ayam.

Nah, beragam campuran bahan yang digunakan ini akan menghasilkan rasa Sego Gono yang begitu gurih dan tentu saja lezat.

Sajian kuliner ini sangat cocok untuk menu makan siang dan disantap saat masih hangat.

2. Tiwul

Makanan khas Temanggung lain yang cocok untuk Kamu coba saat berkunjung ke tempat ini adalah tiwul. Ya, siapa yang tidak kenal salah satu makanan tradisional ini?

Bisa dipastikan bahwa tiwul termasuk salah satu makanan tradisional yang sudah sangat terkenal dan masih survive hingga saat ini.

Dalam pembuatannya, tiwul dibuat dengan bahan baku tepung gaplek yang kemudian diberi air dan diaduk hingga membentuk butiran seperti pasir.

Setelah itu, adonan ini akan dipanaskan dengan dandang dan dicampur dengan gula merah. Nah, dalam penyajiannya, tiwul ini akan ditambahkan dengan parutan kelapa muda.

Campuran bahan dan topping yang ditambahkan akan membuat tiwul memiliki rasa yang relatif manis dan gurih. Makanan ini juga memiliki kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan nasi.

3. Kupat Tahu Batoar

Suka dengan sajian kupat tahu? Nah, Temanggung memiliki Kupat Tahu Batoar sebagai salah satu makanan khas yang sangat menarik untuk dicoba.

Seperti namanya, sajian kupat tahu ini menggunakan bahan utama ketupat dan tahu yang kemudian dicampur dengan beberapa bahan yang lainnya.

Kemudian, beberapa bahan tersebut ditambahkan dengan kuah yang dibuat dengan beberapa bahan, seperti kacang tanah, bawang goreng dan kecap.

Apa yang menarik dari kupat tahu khas Temanggung dibandingkan dengan sajian kupat tahu daerah lainnya adalah bumbu kacang yang cenderung kuat dan lezat.

Ada cukup banyak warung yang menjajakan menu kupat tahu ini di Temanggung. Biasanya, sajian kupat tahu menjadi salah satu alternatif menu makan siang masyarakat sekitar.

4. Wedang Ronde Wasis

Selain memiliki makanan khas yang sangat menarik untuk dicoba, Temanggung juga memiliki minuman khas yang juga cocok untuk Kamu nikmati saat berada di tempat ini.

Nah, berbincang tentang minuman khas, salah satu minuman yang menarik untuk Kamu cicipi adalah Wedang Ronde Wasis.

Menikmati Wedang Ronde Wasis di malam hari di Temanggung adalah salah satu hal yang sangat menyenangkan.

Ya, hawa Temanggung yang cenderung dingin akan bisa dikontrol dengan hangatnya minuman khas ini. Nah, apa yang menarik dari Wedang Ronde Wasis ini adalah adanya tambahan emping.

Tambahan inilah yang membuat minuman ini lebih unik dibandingkan dengan minuman serupa dari daerah lainnya.

5. Perkedel Kimpul

Perkedel adalah salah satu makanan yang bisa dikatakan cukup terkenal dan tentu saja familiar oleh beragam kalangan masyarakat.

Namun, di Temanggung, Kamu akan menemukan sajian perkedel yang unik. Ya, nama sajian perkedel ini adalah perkedel kimpul. Pernahkah Kamu menemukan jenis perkedel ini?

Nama perkedel kimpul diambil dari bahan dasar pembuatannya, yaitu kimpul atau talas. Biasanya, perkedel dibuat dari singkong, namun perkedel ini berbeda dari perkedel biasanya.

Dalam pembuatannya, perkedel kimpul dibuat dengan menambahkan aneka bumbu dan merica.

Talas yang sudah dihancurkan dan ditambahkan dengan bumbu tadi dibentuk bulat dan digoreng. Makanan ini memiliki rasa yang sangat gurih dan pasti akan membuat Kamu ketagihan.

Selain untuk camilan, perkedel kimpul cocok untuk tambahan lauk makan.

..

Nah, beberapa jenis makanan di atas adalah makanan khas Temanggung yang bisa Kamu coba saat berkunjung ke daerah ini.

Dengan mencicipi sajian khas Temanggung ini, tentu saja Kamu akan semakin tahu aneka makanan khas nusantara dengan cita rasa yang begitu unik dan kaya. Selamat mencoba!

Reply