Makanan Khas Tegal Super Lezat dan Menggiurkan

Blendung Tegal

image via https://zamaye.com

Saat pertama kali mendengar kata Tegal, maka biasanya apa yang muncul dalam pikiran adalah warung makan Tegal.

Ya, hal ini dikarenakan warung Tegal menjadi tempat makan yang populer karena menawarkan menu makanan dengan harga yang bisa dikatakan cukup terjangkau dan tersebar di berbagai kota besar yang ada di Indonesia.

Namun, padahal Tegal bukan saja tentang warung makan. Salah satu kabupaten di Jawa Tengah ini memiliki beragam jenis sajian khas yang sangat menggugah selera.

Ya, ada cukup banyak makanan khas Tegal yang tersedia yang bisa menjadi list buruan untuk para pecinta kuliner khas nusantara yang kaya akan rasa.

Nah, adanya banyak kuliner khas Tegal tak urung membuat kabupaten ini menjadi salah satu tempat singgah dan berwisata banyak kalangan.

Terlebih, di Tegal pun ada beberapa destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Rekomendasi Makanan Khas Tegal yang Menggugah Selera

Sebagaimana disinggung di awal bahwa ada cukup banyak makanan khas Tegal yang tersedia dan tentu saja akan menggugah selera untuk dicoba.

Adanya banyak pilihan sajian kuliner tersebut tentu saja akan membuat Kamu leluasa untuk berburu makanan khas yang nikmat.

Lantas, apa saja sajian kuliner khas Tegal yang cocok untuk dijadikan buruan kenikmatan? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

1. Blendung

Blendung adalah salah satu makanan khas Tegal yang unik dan paling banyak dicari. Makanan ini adalah menu tradisional yang dibuat dari bahan dasar jagung.

Jagung pilihan tersebut direbus hingga lunak dan kemudian diberikan tambahan bumbu dengan parutan kelapa.

Nah, campuran aneka bahan tersebut akan membuat menu makanan khas ini terasa sangat nikmat dan tentu saja gurih. Selain itu, manisnya jagung juga akan menambah kelezatan dari makanan khas satu ini.

Blendung bisa dimakan secara langsung. Namun, ada pula yang menggunakannya sebagai pengganti nasi sehingga untuk menikmatinya ditambahkan sayur dan lauk pauk.

2. Tahu Hasan

Suka dengan kuliner tahu? Nah, Tegal memiliki tahu Hasan yang bisa Kamu coba. Ini adalah salah satu makanan khas Tegal yang sangat menggugah selera dan tentu saja memiliki cita rasa yang lezat.

Secara umum, tahu ini sebenarnya adalah tahu isi yang dibuat dengan tahu pong dengan isian daging yang sudah dihaluskan.

Namun, penggunaan bumbu rempah yang khas dan bahan-bahan terbaik membuat rasa tahu ini menjadi sangat nikmat. Terlebih, jika Kamu menikmatinya selagi masih hangat dari proses penggorengan.

Nah, tahu ini biasanya dijual di pedagang yang menggunakan gerobak. Tahu ini biasa dijual dari sore hari hingga petang.

3. Lontong Cap Go Meh

Makanan khas Tegal lain yang sangat menggugah selera dan wajib untuk Kamu coba adalah Lontong Cap Go Meh.

Ini adalah sajian khas yang sangat menarik dan tentu saja akan memanjakan lidah untuk para pecinta kuliner nusantara.

Terlebih untuk Kamu yang memang pada dasarnya menggemari olahan lontong sebagai pengganti nasi.

Nah, apa yang menarik dari sajian kuliner Lontong Cap Go Meh ini adalah bahan yang digunakan.

Dalam satu porsi Lontong Cap Go Meh, Kamu akan melihat lontong yang diberikan tambahan potongan daging ayam, telur dan kuah sayur yang pedas.

Rasa sajian ini begitu gurih dan nikmat. Selain itu, di Tegal, harga sajian ini tidak terlalu mahal. Satu porsi Lontong Cap Go Meh biasanya hanya dijual dengan harga sekitar Rp 15.000 saja.

4. Es Lontrong

Selain makanan, Tegal juga memiliki minuman khas yang tak kalah menariknya untuk dicoba. Nah, salah satu minuman khas Tegal yang wajib Kamu coba saat berkunjung ke daerah ini adalah Es Lontrong.

Dilihat dari namanya saja, es ini memiliki nama yang unik dan tentu membuat penasaran.

Nah, Es Lontrong adalah salah satu minuman legendaris yang ada di Tegal. Es ini dibuat dengan beberapa campuran bahan, utamanya adalah cincau dan kacang hijau.

Selain itu, es ditambahkan santan dan gula merah untuk rasa yang tidak hanya gurih, namun juga manis.

Menikmati Es Lontrong di siang hari tentu sangat menyegarkan. Terlebih, harga satu gelas Es Lontrong cukup terjangkau, yakni hanya sekitar Rp 4.000 saja. Sangat terjangkau, bukan?

5. Rujak Teplak

Rujak Teplak adalah salah satu jenis makanan khas Tegal yang juga sangat menarik untuk Kamu coba. Untuk Kamu yang memang menggemari rujak dengan rasa pedas yang khas.

Maka kuliner ini tentu bisa menjadi salah satu ide kuliner tepat untuk menambah pengalaman Kamu bersantap rujak.

Apa yang menarik dari makanan ini adalah ternyata menu rujak tidak menggunakan bahan buah-buahan melainkan dengan bahan sayuran.

Ya, ada cukup banyak jenis sayuran yang dijadikan sebagai bahan dasar Rujak Teplak ini. Selain itu, sayuran yang sudah direbut tadi akan ditambahkan dengan sambal rujak khas yang pedas.

Nah, biasanya, Rujak Teplak ini dijajakan di siang hari. Ada cukup banyak penjual yang menjajakan makanan ini terutama di sekitar pasar tradisional.

Tidak hanya nikmat, makanan ini dijual dengan harga yang relatif terjangkau.

6. Tahu Upil

Ingin mencari camilan saat sore hari? Nah, membeli tahu upil khas Tegal adalah pilihan tepat. Sajian kuliner ini sebenarnya adalah tahu goreng yang diberikan isi aci.

Namun, karena ukurannya yang mungil dan sekali lahap, makanan ini dinamakan tahu upil.

Demikian beberapa ulasan dan rekomendasi beragam makanan khas Tegal yang tentu akan menggugah selera. Nah, mana sajian khas Tegal yang akan Kamu coba saat berkunjung ke daerah ini?

Reply