Ini Dia 16 Makanan Khas Tasikmalaya, Ada yang Sempat Booming Juga Lho

Nasi Cikur Tasikmalaya

Imagge via i.pinimg.com

Tasikmalaya merupakan kota di daerah Jawa Barat. Kota ini kerap disebut dengan julukan Sang Mutiara dari Priangan Timur. Kota ini juga sering disebut sebagai Kota Seribu Pesantren.

Nah, Tasikmalaya ternyata tidak hanya terkenal dengan pesantrennya saja. Melainkan juga makanan khasnya yang menggoda selera.

Bagi Kamu yang sedang berkunjung ke daerah ini, tidak lengkap rasanya jika belum mencicipi makanan khas Tasikmalaya. Belum tahu apa saja?

Makanan Khas Tasikmalaya

Yuk, cari tahu selengkapnya di bawah ini:

1. Kolontong

Makanan khas Tasikmalaya yang pertama adalah Kolontong. Bagi Kamu yang senang ngemil, wajib banget mencoba jajanan yang satu ini.

Cita rasa dari panganan ini adalah gurih, sedangkan teksturnya renyah. Bahan dasar pembuatan Kolontong adalah dari beras ketan. Tertarik mencicipi Kolontong yang kriuk-kriuknya enak ini?

2. Nasi Cikur

Kalau yang ini, cocok untuk penggemar nasi dan olahannya. Bukan sekadar nasi biasa, Nasi Cikur dimasak menggunakan berbagai macam rempah asli Tasikmalaya.

Pastinya akan membuat cita rasanya semakin gurih dan lezat. Sesuai dengan namanya, nasi yang gurih dilengkapi dengan cikur yang pastinya membuat panganan ini super lezat.

3. Rengginang

Kalau makanan khas Tasikmalaya yang satu ini pastinya Kamu tahu dong! Soalnya, panganan ini sudah cukup melegenda. Yup, kuliner tradisional Sunda ini sangat mudah ditemukan bukan hanya di daerah Jawa Barat saja.

Melainkan juga di berbagai daerah di Indonesia. Kamu bisa menemukan rengginang hampir di semua rumah di Tasikmalaya ketika momen lebaran.

4. Soto Ayam Pataruman

Apakah Kamu termasuk orang yang suka dengan makanan berkuah? Jika iya, wajib banget untuk menjajal Soto Ayam Pataruman.

Memang sih, di Indonesia ini kaya akan kuliner soto. Namun, tentu saja ada yang berbeda dari Soto Ayam Pataruman.

Makanan khas Tasikmalaya ini disebut sebagai Soto Pataruman karena dijajakan pada kedai yang ada pada Jalan Pataruman.

Kuah santannya terasa gurih yang dilengkapi dengan ampela, ati, daging ayam, ceker, dan sebagainya. Eits, jangan sampai ketagihan, ya!

5. Citruk

Satu lagi makanan khas Tasikmalaya yang berbentuk camilan lezat. Ya, Citruk namanya. Makanan ini terbilang sebagai jajanan jadul yang saat ini jarang ditemui.

Bahan dasar pembuatannya dari tepung kanji dan tepung terigu. Soal citarasa, sebenarnya, citruk cukup enak dengan tekstur renyah yang membuat lidah ingin selalu mengunyahnya.

6. Kupat Tahu Tasikmalaya

Makanan khas Tasikmalaya yang selanjutnya adalah kupat tahu. Kamu bisa dengan mudah menemukan kupat tahu di pinggir jalan oleh pedagang kaki lima.

Makanan yang disajikan bersama dengan bumbu kacang ini mempunyai cita rasa gurih dan lezat.

7. Godeblag

Makanan khas Tasikmalaya ini terbuat dari singkong. Cita rasanya asin. Untuk mendapatkan panganan ini, Kamu harus menuju ke pasar-pasar tradisional.

Termasuk ke daerah Manojaya yang terkenal sebagai sentra penghasil Godeblag.

8. Es Bojong

Es Bojong merupakan sajian manis ketika berbuka puasa. Es Bojong adalah minuman khas Tasikmalaya yang cukup terkenal.

Isi di dalamnya berupa buah-buahan, tape ketan, kelapa muda, tape ketan, serta sirup yang segar. Minuman manis ini cocok untuk dinikmati ketika cuaca tengah panas.

9. Nasi Tutug Oncom Tasikmalaya

Salah satu makanan khas Tasikmalaya yang sudah cukup dikenal masyarakat luas adalah Nasi Tutug Oncom.

Nasi tutug oncom biasanya dilengkapi dengan lauk pelengkap beserta bumbu-bumbu. Panganan ini sangat tepat untuk mengisi perut yang lapar.

10. Bubur Ayam Haji Zaenal

Makanan khas Tasikmalaya yang cocok untuk sarapan adalah Bubur Ayam Haji Zaenal. Nah, jika tertarik, silakan Kamu datang ke Jalan Kalektoran, Tasikmalaya.

Bubur ayam ini sudah terkenal hingga ke luar Tasikmalaya, lho! Jadi, jangan heran kalau Kamu datang sementara sudah ada pada urutan antre ke-sekian.

Kepopuleran dari Bubur Ayam Haji Zaenal ini dikarenakan harganya yang murah tetapi rasanya tidak kalah lezat. Cita rasa bubur ayam ini endeus pisan, sehingga banyak orang yang ketagihan menjajalnya.

11. Sale Pisang

Sale merupakan camilan yang enak untuk dinikmati. Meskipun keberadaannya tidak hanya ada di Tasikmalaya saja.

Namun, sale pisang adalah makanan khas Tasikmalaya yang tidak boleh terlewat untuk dicicipi. Sale pisang akan menjadi teman yang cocok untuk aktivitas Kamu selama melakukan perjalanan di kota ini.

Sale pisang juga akan sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh bagi keluarga di rumah. Sale pisang dibuat dari buah pisang yang disisir tipis. Lantas, dijemur di bawah terik matahari.

Jika akan dikonsumsi, maka sale pisang harus digoreng terlebih dahulu dengan dibalut tepung Alhasil, Kamu akan merasakan camilan crispy di luar dan alot manis legit di dalam. Hmm, yummy!

12. Mie Bakso Laksana

Bakso adalah kuliner yang hampir disukai oleh semua masyarakat Indonesia. Sehingga, tak jarang, berjajar warung bakso di dalam satu kompleks pertokoan.

Tak jauh beda dengan yang ada di Tasikmalaya. Ada banyak warung bakso yang selalu ramai dikunjungi.

Namun, ada satu yang paling terkenal karena cita rasa yang menggoda Warung bakso ini disebut dengan Bakso laksana.

Lokasi dari warung ini ada di Jalan Pemuda No. 5, Tasikmalaya. Rasa dari bakso ini agak unik. Pokoknya berbeda dengan bakso dari daerah lainnya.

13. Keripik Sukun

Makanan khas Tasikmalaya yang selanjutnya adalah keripik sukun. Bahan dasar pembuatan kripik ini adalah dari buah sukun yang sudah matang. Buah sukun diolah dengan memotongnya tipis-tips.

Setelah itu digoreng dan dibumbui. Keripik ini akan menjadi camilan yang lezat untuk dinikmati. Terlebih jika makanan ini dijadikan teman minum teh.

Keripik sukun ini adalah camilan yang cocok untuk dibawa sebagai buah tangan dari Tasikmalaya.

14. Martabak Ramayana

Anda tim martabak manis atau asin? Apa pun itu, Kamu bisa mendapatkan martabak yang super enak jika menyambangi kota Tasikmalaya.

Yup, namanya Martabak Ramayana. Martabak ini paling lezat jika dinikmati usai dibuat ketika masih hangat-hangat.

Tambahkan juga taburan topping yang sesuai dengan selera. Pastinya membuat rasa menjadi semakin endeuss.

15. Tahu Bulat

Tahu bulat digoreng dadakan! Ya, makanan yangs empat menghebohkan jagad Indonesia ini memang memiliki tagline “digoreng dadakan”.

Dan ternyata, tahu bulat ini adalah makanan khas Tasikmalaya. Tahu bulat memiliki tekstur makanan yang kenyal dan gurih.

Terlebih di atasnya akan dibubuhi dengan aneka macam rasa seperti balado, pedas, atau asin.

16. Cilok Goang

Semua orang pastinya sudah mengetahui perihal cilok. Makanan yang dibuat dari tepung kanji ini memang memiliki rasa yang enak sehingga banyak orang yang menyukainya.

Terlebih, cilok yang menjadi makanan khas Tasikmalaya ini dibumbui dengan bumbu khas yakni sambal goang.

Tidak sesuai dengan namanya, cilok “Aci Dicolok”, cilok yang satu ini justru tidak dicolok. Melainkan dibiarkan begitu saja.

Nah, cilok ini ditambahkan juga dengan bahan makanan lain seperti ceker ayam, mie kering, tahu, serta taburan bawang goreng.

Sebenarnya, masih ada sejumlah makanan khas Tasikmalaya yang bisa Kamu coba ketika datang ke kota ini.

Namun, paling tidak, Kamu harus mencicipi beberapa diantaranya. Jadikan pula makanan kering serta camilan sebagai oleh-oleh untuk keluarga yang ada di rumah.

Reply