Berburu Makanan Khas Surakarta yang Terkenal Kelezatan Rasanya

Advertisement
Serabi Solo

image via https://www.smily.id

Surakarta atau Solo adalah bagian dari wilayah Jawa Tengah yang tidak jauh dengan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sama dengan Yogya, Surakarta juga cukup terkenal dengan keraton yang masih ada hingga saat ini.

Selain itu, sebenarnya ada beberapa destinasi wisata yang cukup menarik di Surakarta untuk tujuan wisata alternative bersama keluarga.

Namun, daya tarik wisata di Surakarta secara umum memang tidak se-ramai Yogya, Semarang atau beberapa daerah sekitar lainnya.

Selain karena kepadatan kotanya, ada hal yang lebih menarik dari tempat wisata di tempat ini. Hal tersebut adalah sajian kuliner!

Ada cukup banyak makanan khas Surakarta yang sangat menarik untuk Kamu coba.

Surakarta memang dikenal sebagai salah satu tempat berburu kuliner yang lengkap di Jawa Tengah.

Ketenaran kuliner Surakarta sangat terasa hingga mengalahkan promosi destinasi wisata lainnya. Tentu, ini adalah salah satu fakta yang unik untuk diketahui.

Rekomendasi Makanan Khas Surakarta Wajib Dicoba

Sebagaimana disinggung di awal bahwa Surakarta adalah salah satu daerah di Jawa Tengah yang sangat terkenal dengan sajian kuliner yang istimewa.

Ada cukup banyak menu kuliner di daerah ini yang tentu akan memanjakan lidah para fans sajian kuliner asli nusantara.

Nah, dikutip dari beberapa sumber, adapun beberapa rekomendasi makanan khas Surakarta yang sangat menarik untuk dicoba adalah sebagai berikut:

1. Nasi Liwet

Salah satu sajian kuliner khas Surakarta yang sangat terkenal adalah nasi liwet.

Ini adalah makanan khas Surakarta yang memiliki reputasi cukup bagus dan menjadi primadona untuk berbagai kalangan masyarakat.

Apa yang menarik dari sajian ini adalah cara pembuatan nasinya.

Ya, nasi liwet dibuat dengan cara yang sederhana dan cenderung tradisional sehingga akan didapati rasa nasi yang lebih pulen.

Selain itu, cara penyajian menu ini pun sangat unik dan menarik dengan aneka tambahan bahan yang berbeda.

Beberapa bahan yang ditambahkan dalam menu nasi ini adalah sayur labu siam, suwir ayam, telur rebus dan sedikit santan kental.

Campuran bahan ini akan menghasilkan olahan nasi yang gurih, pedas dan kaya rasa rempah.

2. Serabi

Siapa yang tidak kenal dengan makanan khas yang satu ini? Serabi adalah salah satu makanan khas Surakarta yang bisa dikatakan sudah terkenal di seantero negeri dan menjadi panganan favorite banyak kalangan.

Tidak hanya itu, makanan ini juga tersedia di berbagai daerah di luar Surakarta. Namun, tetap saja, berkunjung ke Surakarta tidak lengkap rasanya tanpa mencari serabi.

Advertisement

Ya, hal ini dikarenakan Surakarta adalah tempat asal serabi dan tentu ada sensasi yang berbeda jika Kamu mencobanya secara langsung.

Salah satu serabi yang sangat terkenal di Surakarta adalah Serabi Notosuman yang konon sudah mulai membuat panganan ini sejak tahun 1920-an.

Rasa serabi ini pada dasarnya gurih dan manis. Saat ini, cukup banyak rasa lain yang ditambahkan untuk variasi serabi yang lebih nikmat.

3. Selat Solo

Selat Solo adalah salah satu makanan khas Surakarta yang sangat menarik untuk dicoba. Jika dilihat dari namanya saja, maka pasti Kamu akan merasa aneh.

Ya, nama makanan ini seperti jenis laut kecil diantara dua pulau! Namun, apa yang sebenarnya adalah sajian ini termasuk hidangan khas Jawa yang konon terkena pengaruh dari Eropa.

Selat ini bisa dikatakan merupakan hidangan yang cukup unik dan mungkin asal nama makanan ini adalah salad.

Asumsi makanan ini berasal dari salad bisa dilihat dari beberapa bahan yang digunakan untuk pembuatan, seperti sayuran, mayones, daging bistik, acar dan lainnya.

Hanya saja ada tambahan kentang, irisan telur pindang dan beberapa bahan lainnya yang membuat hidangan ini lebih kompleks.

4. Timlo

Pergi ke Surakarta tidak lengkap rasanya tanpa mencoba Timlo. Ya, Timlo adalah salah satu makanan khas yang sangat terkenal di Surakarta.

Makanan ini merupakan olahan sup dengan bahan yang unik dan kuah bening dengan rasa kaldu yang begitu kental. Nah, dalam pembuatannya, ada beberapa bahan yang ditambahkan.

Beberapa bahan tersebut adalah mi, suwir ayam, potongan sosis Solo, irisan telur rebus, irisan hati ayam dan telur dadar. Bahan tersebut kemudian dituang dengan kuah kental kaldu tadi.

Secara sekilas, mungkin sajian ini mirip dengan bakwan kawi namun berbeda bahan. Nah, Timlo ini banyak ditemukan di sekitar pasar tradisional di Surakarta yang biasanya beroperasi pada sore hingga malam hari.

5. Sate Buntal

Makanan khas lain yang cocok untuk dicoba saat Kamu berkunjung ke Surakarta adalah sate buntal. Ini adalah sajian khas yang sangat menggugah selera dan banyak diminati oleh masyarakat Surakarta dan sekitarnya.

Apa yang menarik dari sajian kuliner ini adalah bagaimana menu ini dibuat. Sate buntal adalah olahan sate yang dibuat dengan bahan dasar daging kambing.

Hanya saja, daging kambing tersebut tidak diiris lalu ditusuk sebagaimana sate pada umumnya. Daging tersebut dicincang hingga agak halus dan kemudian dibungkus dengan lapisan lemak tipis.

Selanjutnya, sate tersebut dibakar dan diberikan beberapa bumbu sate. Nah, sate ini memiliki rasa yang begitu nikmat dan sangat menggugah selera.

Biasanya, sate ini menjadi menu favorite masyarakat untuk makan malam. Ada cukup banyak warung sate buntal di Surakarta yang bisa Kamu datangi untuk mencicipi sajian kuliner ini.

Demikian beberapa rekomendasi makanan khas Surakarta yang bisa Kamu coba.

Advertisement

Tentu saja, adanya banyak sajian kuliner khas di Surakarta ini akan membuat waktu berkunjung menjadi lebih menyenangkan dan hasrat untuk berburu sajian khas nusantara akan terlaksana.

Advertisement

Reply