Makanan Khas Surabaya Menggiurkan dan Wajib Coba

Sate Klopo Ondomohen

image via pergikuliner.com

Surabaya merupakan salah satu daerah yang cukup terkenal di Jawa Timur. Kota yang disebut dengan sebutan Kota Pahlawan ini menjadi salah satu destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Ya, di Surabaya terdapat cukup banyak situs bersejarah yang tentu saja bisa menjadi alternatif liburan Kamu bersama dengan keluarga tercinta.

Tentu, berwisata di tempat bersejarah cukup menyenangkan karena bisa menambah wawasan.

Nah, selain sebagai destinasi wisata yang menarik, ternyata Surabaya juga memiliki aneka sajian khas yang sangat menggiurkan.

Ya, ada cukup banyak makanan khas Surabaya yang tersedia dan bisa menjadi pilihan Kamu saat berkunjung.

Adanya banyak sajian khas Surabaya tentu saja sangat menarik, terutama untuk Kamu yang memang pecinta kuliner.

Ragam makanan khas tadi akan memberikan pengalaman mencicipi makanan yang lebih menarik dan tentu saja kunjungan di Surabaya akan menjadi lebih menyenangkan.

Rekomendasi Makanan Khas Surabaya untuk Dicoba

Sebagaimana disinggung di awal bahwa ada cukup banyak makanan khas Surabaya yang bisa Kamu temukan saat berkunjung ke Kota Pahlawan ini.

Nah, beragam makanan khas ini tentu akan membuat Kamu leluasa memilih mana makanan favorite yang nikmat. Selain itu, ragam sajian khas ini akan membuat Kamu lebih mengenal Surabaya.

Lantas, apa saja makanan khas yang bisa ditemui di Surabaya dan menggugah selera? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

1. Sate Klopo Ondomohen

Sate Klopo Ondomohen adalah salah satu makanan khas yang sangat menarik di Surabaya. Beberapa kalangan menyangka bahwa sate ini dibuat dari bahan dasar kelapa.

Hal ini dikarenakan nama makanan unik ini menggunakan kata kelapa. Padahal, sebenarnya, menu spesial ini dibuat dengan daging sapi.

Nah, daging sapi yang disiapkan untuk membuat menu sate ini akan diiris tipis dan bisa dipastikan lebih tipis daripada jenis sate pada umumnya.

Setelah itu, daging tersebut akan ditambahkan lumuran kelapa sebelum dibakar. Dengan tambahan kelapa, ada rasa gurih yang terasa dari sate ini.

Selanjutnya, sate akan diberikan kuah bumbu kacang dan tambahan pelengkap, seperti cabai, bawang merah dan lainnya.

Dijual dengan harga kurang dari 20-an ribu per porsi, Sate Klopo Ondomohen cocok untuk menu makan malam Kamu di Surabaya.

2. Sego Sambel Mak Yeye

Suka dengan kuliner pedas? Surabaya adalah salah satu kota yang menawarkan cukup banyak kuliner pedas untuk disantap.

Nah, salah satu menu kuliner pedas yang tersedia dan bisa Kamu coba saat berada di Surabaya adalah Sego Sambel Mak Yeye. Dilihat dari namanya, menu ini cukup sederhana yakni nasi dan sambal.

Namun, apa yang menarik dari sajian –terutama di tempat ini, adalah rasa sambal yang kaya akan rempah.

Sambal yang digunakan terasa pedas dan sangat khas. Inilah salah satu alasan kenapa Sego Sambel Mak Yeye selalu ramai dan bahkan pelanggan harus menunggu beberapa saat karena antrean yang terlalu banyak.

Saat Kamu memesan menu ini, maka akan ada beberapa variasi lauk yang tersedia. Beberapa lauk yang tersedia diantaranya adalah ikan pari, tempe goreng, telur, ayam dan lainnya.

3. Lontong Balap Garuda

Suka dengan sajian lontong, nah di Surabaya, ada menu lontong spesial yang bisa Kamu coba. Nama menu ini adalah Lontong Balap Garuda.

Lontong balap ini merupakan sajian khas yang sangat menarik untuk dicoba. Selain rasa lontong yang khas dan lembut, aroma pedas dari bumbu yang digunakan akan sangat menggugah selera.

Menu ini menggunakan beberapa bahan seperti lontong, tahu, taoge, bawang merah goreng dan lainnya.

Beberapa bahan tersebut dijadikan satu kemudian ditambahkan dengan kuah kecap yang pedas dan manis.

Ada salah satu warung lontong balap legendaris yang sudah ada di Surabaya sejak tahun 1958, namanya Pak Gendut.

Nah, jika Kamu penasaran dengan rasa Lontong Balap Garuda ini, tentu Kamu bisa mencobanya saat berkunjung ke Surabaya.

Harganya pun cukup terjangkau yakni hanya sekitar Rp 10.000 saja per porsi.

4. Rujak Cingur Ahmad Jais

Ke Surabaya tentu belum lengkap tanpa mencoba menu rujak cingur. Ya, rujak cingur adalah salah satu makanan khas Surabaya yang sudah menjadi ikon dan sangat diburu oleh para pendatang.

Ada cukup banyak warung yang menyediakan rujak cingur. Namun, salah satu yang terkenal adalah Rujak Cingur Ahmad Jais.

Nah, menu rujak cingur di warung ini sangat khas dengan pilihan bahan terbaik yang selalu digunakan.

Karena khasnya rasa rujak cingur yang disajikan, mungkin Kamu akan antre cukup lama untuk mendapatkan Rujak Cingur Ahmad Jais.

Menu rujak cingur ini sangat spesial dengan bumbu kacang yang pekat dan terasa rempah-rempahnya.

Meskipun harganya cukup mahal, yakni Rp 45.000, Kamu tidak akan rugi saat mencobanya.

5. Warung Kepiting Cak Gundul

Suka dengan olahan kepiting? Nah, di Surabaya, Kamu bisa menemukan Warung Kepiting Cak Gundul untuk menyantap olahan satu ini. Kepiting memang senantiasa menarik dengan rasanya yang nikmat.

Nah, di tempat ini, Kamu bisa mendapatkan beragam menu berbahan dasar kepiting yang sangat menggugah selera. Selain itu, harganya pun bisa dikatakan cukup terjangkau.

Di tempat ini, kepiting mulai dijual dengan harga mulai Rp 13.500 hingga Rp 27.000 per 100 gram nya.

Nah, demikian beberapa ulasan mengenai makanan khas Surabaya yang bisa Kamu temukan. Tentu, ada cukup banyak makanan khas lain yang juga menggugah selera.

Namun, beberapa poin di atas bisa menjadi rekomendasi awal untuk berburu kuliner menarik saat Kamu berkunjung ke Surabaya. Semoga bermanfaat.

Reply