12 Makanan Khas Sumenep yang Unik dengan Rasa yang Enak Banget

Campor Khas Sumenep

image via https://i.ytimg.com

Bagi pecinta wisata kuliner, rekomendasi banget nih untuk berkunjung ke Kota Sumenep.

Sumenep yang merupakan nama salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Timur ini memang menawarkan wisata kuliner yang sangat beragam dan lezat.

Makanan Khas Sumenep

Nah, bagi Kamu yang berkunjung ke Sumenep, berikut 12 daftar makanan khas Sumenep yang paling terkenal dan wajib Kamu coba!

1. Campor Khas Sumenep

Menu yang pertama ini dikenal dengan nama campor khas Sumenep. Dari namanya saja sudah unik ya, bagaimana dengan rasanya?

Campor khas Sumenep merupakan  makanan yang terdiri dari campuran beberapa bahan disajikan dalam satu wadah yaitu terdiri dari singkong, lontong, daun bawang, mie soon,

lalu yang istimewa ada tulang muda sapi, lalu dengan kuah santan cair dna tidak lupa ditambahkan bumbu kacang.

Perpaduan bahan-bahan yang sangat beragam ini membuat menu campor khas Sumenep ini memiliki rasa yang unik dan enak.

Makanan ini biasanya digunakan sebagai menu sarapan. Rekomendasi banget nih untuk Kamu coba.

2. Soto Madura Khas Sumenep

Bagi Kamu pecinta kuliner Nusantara, pasti sudah tidak asing lagi dengan nama makanan yang satu ini, apalagi kalau bukan soto Madura.

Soto Madura memang sangat terkenal ke seluruh penjuru Nusantara sebagai kuliner yang lezat dengan bumbu khas Madura.

Dagingnya yang empuk dan terendam dalam kuah bening, lontong yang tender, dicampurkan dengan toge, mie bihun, ayam suwir, sayuran, telur rebus,

Dan tidak lupa dalam penyajiannya diberi kecap manis agar rasanya semakin nikmat. Cocok banget dinikmati dalam keadaan masih hangat agar rasanya semakin nikmat dan menggugah selera.

3. Apen Manis Khas Sumenep

Jajanan khas yang satu ini cuma bisa Kamu nikmati saat berada di Sumenep. Apen manis ini merupakan salah satu jajanan khas Sumenep yang paling terkenal.

Dalam penyajiannya, apen manis ini biasanya disajikan bersama gula merah yang sudah dicairkan. Pas banget dijadikan teman ngopi di pagi ataupun sore hari.

4. Rujak Cingur Khas Sumenep

Jajanan khas Sumenep yang selanjutnya ada rujak cingur khas Sumenep dengan rasa yang tidak enak yang tidak perlu Kamu ragukan lagi.

Mirip dengan rujak cingur Surabaya, rujak cingur khas Sumenep menggunakan cingur sapi, dipadukan bersama buah-buahan seperti mentimun, mangga, bengkoang dan sebagainya.

Serta ditambah dengan kangkung dan kecambah rebus agar semakin lengkap rasanya.

Rujak cingur ini menggunakan bumbu kacang dengan ditambahkan petis sebagai cita rasa khasnya.

Rujak cingur khas Sumenep ini menggunakan petis pindang, sehingga rasanya semakin gurih dan lezat. Pokoknya sekali mencobanya Kamu pasti akan ketagihan.

5. Sate Madura Khas Sumenep

Ada beragam sate yang biasa Kamu temui di Indonesia, tetapi di antara beragam menu sate yang ada,

Sate Madura merupakan jajanan sate yang paling terkenal, sehingga wajib banget Kamu mencobanya saat berwisata kuliner ke Sumenep.

6. Kaldu Kokot Khas Sumenep

Kaldu kokot khas Sumenep ini merupakan santapan yang sangat lezat ala Sumenep.

Kaldunya terbuat dari kacang hijau atau kedelai yang dimasak dengan cara direbus dan disajikan dengan daging bagian bawah dari sapi yang empuk dengan bumbu yang meresap sampai ke serat daging.

Bumbunya menggunakan bumbu kacang yang diberi petis khas Madura. Soal rasa tidak perlu diragukan lagi, sangat lezat dan nikmat.

7. Nasi Romi Khas Sumenep

Nasi roni merupakan nasi yang dimasak dengan menggunakan santan kemudian disajikan bersama irisan telur dadar dan dicampur dengan abon sapi.

Cocok banget dijadikan menu sarapan pagi yang bergizi, enak dan mengenyangkan.

8. Soto Selingkuh

Saat Kamu mendengar nama makanan yang satu ini kira-kira apa yang terlintas dalam pikiranmu?

Soto selingkuh, kuliner khas Sumenep dengan nama yang unik namun rasanya sangat menggugah selera.

Soto selingkuh atau kuliner soto yang dicampur dengan rujak, sehingga rasanya benar-benar khas dan unik.

Soto selingkuh menggunakan babat sapi dengan ditambahkan mentimun, sayuran dan rujak cingur. Rasanya yang unik bikin semua orang yang berkunjung ke Sumenep wajib mencobanya.

9. Macho Khas Sumenep

Makanan dengan nama unik selanjutnya dengan rasa yang enak sebagai jajanan khas Sumenep yang terkenal yaitu macho khas Sumenep.

Mendengar namanya lucu juga ya, mirip dengan sebutan untuk laki-laki berbadan kekar dan besar. Macho merupakan  jajanan sejenis kue yang hanya ada Sumenep Madura.

Macho memiliki rasa yang manis yang biasanya menjadi jajanan kesukaan anak-anak. Macho terbuat dari bahan dasar beras ketan dan gula merah.

Kedua bahan ini diolah menjadi jajanan khas Sumenep yang digemari ini. Cocok banget dijadikan buah tangan saat Kamu berkunjung ke Sumenep.

10. Pattola Khas Sumenep

Pattola ini mirip dengan jajanan kerupuk hasil pengolahan ikan tenggiri yang diolah kembali dengan bahan-bahan khusus.

Sehingga menjadi kuliner pattola khas Sumenep dengan rasa yang khas dan lezat. Rasanya gurih dan penampilannya juga menarik sekali.

11. Jubada Khas Sumenep

Jubadah merupakan cemilan dengan rasa yang manis dan enak. Manisnya jubada ini berasal dari bahan gula merahnya.

Sepertinya jajanan manis yang satu ini tidak bisa Kamu temui di tempat lain dan hanya bisa Kamu nikmati di Sumenep.

12. Mento

Mento mirip dengan jajanan kue bawang. Bedanya, kalau kue bawang diolah dengan cara digoreng sedangkan mento diolah dengan cara dikukus.

Mento merupakan kue basah sehingga menikmatinya akan membuat Kamu cepat kenyang.

Itulah 12 referensi makanan khas Sumenep yang paling terkenal dan wajib untuk Kamu coba saat berwisata kuliner ke Sumenep.

Didengar dari nama-namanya saja sudah sangat unik dan menarik ya, belum soal rasanya. Mencicipi rasanya pasti lebih menarik lagi. Bikin penasaran kan?

Reply