Tidak Disangka, Ternyata 6 Makanan Khas Sumedang Ini Bisa Buat Hati Tenang

Tahu Sumedang

image via liputan6.com

Sumedang merupakan salah satu kabupaten yang terdapat di Jawa Barat. Pada kabupaten Sumedang, terdapat 26 kecamatan dan terbagi lagi menjadi beberapa desa dan kelurahan.

Di kota ini juga terdapat banyak tempat wisata yang menarik.

Selain wahana unik, tempat ini juga dipenuhi dengan tempat kuliner yang khas dengan rempah yang berlimpah.

Mulai dari makanan ringan hingga makanan berat, rasa dari makanan tradisional in sudah tidak diragukan lagi.

Oleh karenanya, tidak heran jika banyak wisatawan yang tertarik dengan pesona kuliner kota Sumedang.

Makanan Khas Sumedang

Mungkin bagi kalian yang sudah pernah main ke Sumedang pasti tidak asing dengan beberapa makanan khas Sumedang  di bawah ini.

Namun, bagi kalian yang belum pernah kesana, tidak ada salahnya untuk mencari tahu tentang berbagai makanan tradisional seperti.

1. Ubi Cilembu

Makanan yang satu ini merupakan salah satu kuliner yang sangat populer. Banyak orang yang suka dengan ubi ini. dari orang tua sampai anak-anak, semua bisa memakannya.

Ubi cilembu berbeda dengan ubi pada umumnya karena ubi yang satu ini memiliki tekstur yang lebih lembut, warna yang lebih mencolok dan rasa yang lebih manis.

Sehingga tidak heran saat para wisatawan pergi ke Sumedang untuk berburu ubi cilembu.

Ubi ini sudah terkenal sejak tahun 1990-an, sehingga untuk kalian yang belum pernah memakan ubi cilembu tidak perlu khawatir akan cita rasanya.

Selain itu, setelah memakan ubi akan ada manfaat yang kita dapat yaitu bisa menambah tenaga sehingga kita bisa lebih sehat.

2. Soto Bongko

Kuliner yang terkenal selanjutnya yaitu soto bongko. Soto ini disajikan dengan lontong yang ditaruh dengan bingkisan besar, tahu goreng, potongan bawang daun dan lain-lain.

Uniknya, pada makanan ini diberi toping yang tidak biasa kita jumpai dimanapun. Toping pada soto bongko seperti kepala ayam, sayap ayam atau pun ceker ayam.

Jika kalian sedang berkunjung ke Sumedang, wajib deh untuk mencicipi makanan yang menarik ini. jangan bilang pecinta kuliner kalau belum pernah makan soto bongko.

3. Tahu Sumedang

Makanan terfavorit selanjutnya adalah tahu Sumedang. Mungkin tahu Sumedang  sudah tidak asing lagi terdengar di telinga kalian. Pengolahan tahu ini sebenarnya juga sama seperti mengolah tahu pada umumnya.

Yang membedakan kenapa tahu ini sangat populer dibicarakan para wisatawan adalah rasanya yang sangat khas dari tahu ini yang bisa membuat para penikmatnya menjadi ketagihan.

Konon, yang membuat tahu Sumedang  memiliki cita rasa yang enak dan renyah adalah cara pembuatannya.

Membuat tahu ini menggunakan air Sumedang  sesuai dengan resep yang sudah turun temurun diwariskan oleh nenek moyang.

Harga jual tahu juga sangat terjangkau sehingga kalian yang ingin mencobanya jangan khawatirkan soal harga. Untuk kalian yang penasaran dengan tahu ini Yuk, cepat beli tahu Sumedang  sebelum kehabisan!

4. Salak Bongkok

Siapa sangka jika kota ini memiliki buah yang rasanya sangat memanjakan para pecinta kuliner. Ya, buah itu adalah salak. Salak yang satu ini memiliki rasa yang khas dan berbeda dengan salak pada umumnya.

Rasa dari salak yang satu ini dominan manis dan teksturnya renyah saat digigit. Ukuran dari salak ini juga lebih besar daripada salak biasanya. Aroma buah salaknya juga sangat harum.

Buah ini tergolong dalam buah yang istimewa loh. Buah ini banyak dihasilkan di daerah Bongkok kecamatan paseh kota Sumedang. Buah salak ini bisa dijadikan oleh-oleh khas dari kota yang satu ini.

5. Opak Ketan

Makanan khas yang populer selanjutnya adalah opak ketan. Olahan opak ketan banyak dijumpai di tanah Priangan kota Sumedang. Terdapat berbagai pilihan rasa opak.

Namun yang paling terkenal adalah opak ketan Sumedang. Ada berbagai jenis opak ketan yang sering diburu oleh para wisatawan seperti opak conggeang dan opang simanggung.

Perbedaan dari keduanya adalah jika opak conggeang terbuat dari sari kelapa yang dicampur dengan beras ketan, sehingga tercipta cita rasa yang khas dan dapat membuat para menikmatInya ketagihan.

Sedangkan opak cimanggung diolah dengan menggunakan air dari santan kelapa.

Oleh karenanya, dapat tercipta rasa yang lebih nikmat. Konon pada zaman dahulu kala, opak Cimanggung ini merupakan makanan pokok para bangsawan loh.

Sepulang dari Sumedang, alangkah baiknya kalian membelikan opak ketan yang khas ini untuk dibawa pulang sebagai buah tangan.

6. Tutung Oncom

Kuliner yang satu ini tidak kalah uniknya dari makanan khas yang lain. Tutung oncom ini sangat populer di tanah sunda. Buat Kamu yang ingin mencicipi makanan ini, bisa datang langsung ke kedai terdekat.

Apa sih yang unik dari makanan ini? pasti dibenak kalian banyak yang bertanya demikian. Ya, kuliner tradisional yang populer ini memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri seperti aroma  kencurnya yang sangat terasa.

Selain itu, juga terdapat campuran oncom bakar yang khas di dalamnya, sehingga tidak heran jika para wisatawan berlomba-lomba untuk mencicipi tutung oncom.

Selain wisatawan lokal, wisatawan asing juga turut ikut berlomba untuk mendapatkan tutung oncom.

SelaIn bisa digunakan sebagai makanan ring dan teman nasi, kuliner ini juga bisa digunakan untuk buah tangan saat akan bertamu ke sanak saudara.

Demikian berbagai makanan khas Sumedang  yang bisa kalian beli untuk oleh-oleh. Semoga informasi di atas bisa menambah pengetahuan kalian mengenai berbagai makanan yang unik.

Jika Kamu tertarik dengan semua makanan yang sudah tertulis di atas, yuk buruan beli sebelum kehabisan!

Reply