Daftar Makanan Khas Sukoharjo Penggugah Selera dan Bikin Ketagihan

Alakatak khas Sukoharjo

image by instagram.com (@erasoegandhi)

Sukoharjo adalah salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Daerah ini berada di selatan Solo dan tidak terlalu jauh jika ditempuh dari Yogyakarta.

Memang, Sukoharjo masih kalah populer dengan Solo yang sudah dibangun sedemikian rupa hingga menjadi salah satu daerah paling ramai di Jawa Tengah.

Namun, tidak berarti bahwa Sukoharjo tidak memiliki hal istimewa yang menjadi alasan kenapa sesekali Kamu harus menyambangi daerah satu ini.

Ya, kabupaten ini memiliki slogan Sukoharjo Makmur. Slogan ini dibuat bukan tanpa alasan. Salah satu alasan kenapa slogan ini muncul adalah Sukoharjo memiliki sawah yang sangat luas dan masih lestari.

Inilah mengapa masyarakat di daerah ini makmur dan bisa hidup damai tanpa banyak terkena imbas dari luar. Selain itu, apa yang menarik dari Sukoharjo adalah sajian kuliner yang ada.

Ya, ada cukup banyak makanan khas Sukoharjo yang tersedia yang tentu bisa memuaskan keinginan Kamu sebagai pecinta kuliner khas nusantara.

Rekomendasi Makanan Khas Sukoharjo Wajib Dicoba

Ada cukup banyak makanan khas Sukoharjo yang tersedia dan menawarkan cita rasa yang khas. Makanan khas ini kebanyakan dibuat dengan bahan-bahan yang cukup sederhana dan tentu saja memiliki harga yang terjangkau.

Nah, untuk Kamu yang rindu dengan olahan sederhana khas suasana pedesaan, maka sajian kuliner dari Sukoharjo adalah pilihan yang tepat.

Adapun beberapa rekomendasi makanan khas yang bisa Kamu temukan di Sukoharjo adalah sebagai berikut:

1. Krasikan dan Jenang Dodol

Krasikan dan Jenang Dodol adalah dua jenis makanan khas daerah Sukoharjo yang banyak tersedia dan menjadi ikon makanan di daerah ini.

Tentu, Kamu sudah familiar dengan jenang dodol ini, bukan? Ya, hal ini dikarenakan makanan ini sudah banyak tersebar di daerah lain.

Nah, makanan ini dibuat dengan bahan dasar tepung yang ditambahkan dengan gula merah. Rasa Krasikan dan Jenang Dodol secara umum adalah manis dan cukup gurih.

Di Sukoharjo, terdapat cukup banyak industri rumahan yang membuat dua menu panganan ini. Selain itu, kebanyakan Krasikan dan Jenang Dodol dibuat dengan cara tradisional.

2. Alakatak

Pernah mendengar nama sajian kuliner yang satu ini? Dilihat dari namanya, kuliner ini tampak aneh dan sangat tidak familiar.

Namun, Alakathak termasuk sajian kuliner yang begitu terkenal di Sukoharjo dan disukai oleh banyak kalangan di sana.

Makanan khas Sukoharjo ini dibuat dengan bahan dasar tempe dan mi –yang dibuat dari tepung kanji. Kedua bahan tersebut diolah sedemikian rupa dengan tambahan aneka bumbu.

Setelah itu, bahan tersebut dibungkus dengan daun jati yang masih hijau sehingga terasa kesan tradisional yang sangat kental.

Menu Alakathak ini banyak sekali dijual di pasar tradisional di daerah Sukoharjo. Nah, satu bungkus Alakathak hanya dijual seharga Rp 500 saja. Sangat murah, bukan?

3. Gempol Pleret

Jika Kamu merasa panas karena musim kemarau saat berada di Sukoharjo, Kamu bisa berburu Gempol Pleret untuk menghilangkan rasa panas dan melepas dahaga.

Ya, Gempol Pleret adalah salah satu minuman khas yang ada di Sukoharjo yang menawarkan kesegaran hakiki, terutama untuk menangkal rasa panas di siang hari.

Nah, apa yang menarik dari sajian es ini adalah gempol itu sendiri. Gempol dibuat dengan bahan dasar tepung beras dan kemudian dibentuk bulat-bulat.

Rasa dari gempol ini cenderung gurih dan sangat enak. Setelah itu, gempol disajikan dengan tambahan gula aren, es batu dan sedikit santan.

Namun, ada juga penjual es ini menggunakan sirup sebagai pengganti gula aren. Dengan menggunakan sirup, tampilan es ini menjadi lebih cantik dan tentu saja lebih menarik.

4. Soto Carikan

Sajian kuliner khas Sukoharjo lainnya yang bisa Kamu coba saat mampir ke daerah ini adalah Soto Carikan.

Ya, ini adalah variasi menu soto unik ala Sukoharjo yang tentu saja menawarkan rasa yang nikmat dengan ampas yang cenderung lengkap.

Nah, secara umum, menu soto ini sama saja dengan soto lainnya yang ada di daerah Kamu.

Namun, Soto Carikan cukup menarik dengan kuah yang cenderung lebih bening, memiliki rasa kaldu yang kuat dan terasa menyegarkan.

Selain itu, soto ini menggunakan daging ayam kampung yang tentu juga menambah cita rasa yang disajikan.

Ada cukup banyak warung Soto Carikan di Sukoharjo yang menawarkan menu ini. B

iasanya, soto ini diserbu terutama saat jam makan siang. Tidak perlu khawatir, secara umum, harga sajian soto ini cenderung terjangkau.

5. Roti Widoro Kepuh

Saat ingin pulang dan hendak membeli oleh-oleh untuk keluarga di rumah, maka Kamu bisa membeli Roti Widoro Kepuh. Ya, ini adalah salah satu oleh-oleh khas Sukoharjo yang sangat terkenal dan sangat digemari.

Biasanya, roti ini digunakan dalam beberapa event tertentu, terutama pernikahan. Mungkin, jika dalam adat Betawi, fungsi roti ini mirip dengan roti buaya.

Hanya saja, saat ini Roti Widoro Kepuh sudah banyak diproduksi dan dijadikan salah satu ikon oleh-oleh khas Sukoharjo yang sangat menarik.

Roti Widoro Kepuh termasuk jenis roti tradisional yang sudah ada sejak zaman dulu. Kue ini dibuat dengan aneka bahan dan dipanggang dengan sederhana.

Banyak kalangan yang mengatakan bahwa sajian khas Sukoharjo ini tidak mengalami perbedaan rasa dari dulu hingga sekarang.

Nah, demikian beberapa rekomendasi makanan khas Sukoharjo yang sangat menarik untuk Kamu nikmati.

Dengan adanya sajian kuliner khas ini, tentu saja kunjungan ke Sukoharjo akan menjadi lebih menyenangkan buat Kamu dan keluarga tercinta.

Reply