Cari Tahu 9 Makanan Khas Sukabumi yang Bikin Nagih

Advertisement
Mochi Sukabumi

image via https://katalogwisata.com

Mungkin sudah banyak yang tahu kalau Sukabumi merupakan salah satu kota yang paling kecil di Jawa Barat.

Nah, Kota Sukabumi sendiri muasalnya dari bahasa Sunda yang terdiri dari kata “suka” dan “bumen” yang secara keseluruhan memiliki arti wilayah yang disukai untuk menetap.

Hal ini memang benar adanya karena Sukabumi memiliki iklim yang sejuk.

Selain karena wilayahnya yang nyaman untuk ditempati, Sukabumi juga memiliki sejumlah panganan khas yang bisa menggoyang lidah.

Makanan khas Sukabumi

Kalau Kamu sedang berada di Sukabumi, wajib banget untuk menikmati makanan khasnya. Ada apa saja? Yuk simak selengkapnya di bawah ini.

1. Mochi Lampion Sukabumi

Makanan khas Sukabumi yang pertama yakni mochi lampion sebenarnya merupakan penganan yang berasal dari Jepang yang dibawa oleh tentara Jepang ketika sedang menjajah Indonesia.

Kue yang memiliki tekstur lengket dengan cita rasa manis ini terbuat dari beras ketan. Cara pengolahannya adalah dengan ditumbuk hingga halus dan dibentuk menjadi bulat.

Jika di Jepang mochi kerap dijadikan sebagai sajian ketika perayaan tahun baru maka di Sukabumi mochi adalah oleh-oleh yang selalu diburu oleh wisatawan.

Nah, salah satu mochi yang paling terkenal adalah mochi lampion yang juga dikenal dengan nama Mochi Kaswari.

2. Surabi Sukabumi

Selain mochi, surabi Sukabumi juga merupakan makanan khas Sukabumi yang memiliki cita rasa lezat. Surabi memang makanan yang cukup familiar.

Namun yang membedakan surabi Sukabumi adalah cita rasa serta toppingnya yang unik. Salah satu yang paling khas adalah surabi rasa durian.

Salah satu tempat yang bisa Kamu kunjungi adalah surabi durian di Jalan Jendral Sudirman Sukabumi. Kedai surabi ini sudah sangat terkenal jadi Kamu tidak perlu meragukan lagi perihal cita rasanya.

Kalau Kamu penggemar makanan manis bisa dipastikan akan sangat menggemari makanan khas Sukabumi yang satu ini.

3. Nasi Uduk Ungu

Selanjutnya ada nasi uduk ungu. Tidak seperti nasi uduk pada umumnya, makanan khas Sukabumi ini disajikan dalam warna yang cukup nyentrik yaitu ungu.

Warna ungu ini tidak didapatkan dari pewarna artifisial. Melainkan dari bahan-bahan alami yakni buah bit dan ubi.

Nasi uduk ungu biasanya disajikan bersama tempe, ayam goreng, lalap, tahu, telur dadar tipis serta sambal. Dari penyajiannya yang paling unik adalah telur dadar tipis diletakkan pada bawah nasi sebagai alas.

4. Roti Priangan

Salah satu kuliner legendaris yang sudah ada sejak zaman dahulu di Sukabumi adalah roti Priangan. Kedai roti ini telah memproduksi makanan sejak tahun 1943. Pendiri pertamanya adalah Oey Tjiang Lie.

Nah, sekarang roti Priangan telah dikelola oleh generasi ketiga keluarga.

Advertisement

Kalau Kamu tertarik untuk mengunjungi rumah produksinya, silakan datang ke Jalan Parigi, Kelurahan Nyomplong, Kecamatan Warudoyong, Sukabumi.

Yang paling menarik dari pembuatan roti Priangan adalah tidak menggunakan bahan pengawet. Salah satu varian roti yang paling digemari serta menjadikan ciri khas tersendiri adalah roti tanduk.

Bentuknya seperti tanduk yang berisi susu serta mentega. Selain itu ada juga varian roti lain yang tak kalah lezat yaitu roti manis dan roti kepang.

5. Bandros Ata

Kamu tahu kue bandros tidak? Sebenarnya makanan ini sudah cukup umum ditemui di berbagai daerah. Namun, bandros juga menjadi salah satu makanan khas Sukabumi yang sudah melegenda.

Kalau Kamu penggemar bandros, maka wajib untuk mencicipi Bandros Ata. Ata sendiri adalah nama penjual bandros ketika pertama kali kedai dibuka.

Jika Kamu ingin mencicipinya, silakan datang ke Jalan Gudang No 4 Sukabumi. Kamu bisa datang ke kedai mulai pukul 20.30 hingga 06.00.

Nah yang paling menarik dari kedai ini adalah resep yang digunakan diwariskan secara turun-temurun sejak tahun 1973 sampai saat ini.

6. Mie Sukabumi

Ini bisa menjadi salah satu alternatif makanan yang mengenyangkan Selain nasi. Mie Sukabumi juga kerap dijadikan sebagai menu andalan saat kantong semakin menipis.

Seperti banyak makanan khas daerah lain yang mengandalkan mie, Sukabumi juga memiliki salah satu variannya lho!

Kamu bisa menikmati mie Sukabumi di kedai-kedai yang berjajar di Jalan Jenderal Ahmad Yani Sukabumi.

7. Sekoteng Singapore

Jika Kamu sedang menikmati wisata malam di Kota Sukabumi, maka sekoteng Singapore siap untuk menemani malam yang dingin.

Bukan cuma bisa menghangatkan, Kamu juga akan mendapatkan cita rasa yang lezat.

Minuman hangat yang berasal dari campuran kacang hijau, kacang tanah, pacar cina, potongan roti, dan agar-agar ini konon bisa menambah daya tahan tubuh, lho!

Untuk menjajal makanan khas Sukabumi yang satu ini, silakan datang ke Jalan Ahmad Yani Kebonjati Sukabumi.

Sekoteng Singapura ini konon telah berdiri di tahun 2002. Kamu bisa datang mulai pukul 16.30 hingga 24.00.

Meskipun sekoteng merupakan minuman yang cukup mudah untuk ditemui namun ada sejumlah hal yang membedakan sekoteng Singapore ini dengan yang lainnya.

Sebab didalamnya terdapat tambahan buah lengkeng dan biskuit.

8. Sagon Bakar Ciaul

Makanan khas Sukabumi yang selanjutnya terbuat dari aci kelapa parut dan sebagainya. Iya, sagon khas Sukabumi ini memiliki cita rasa yang renyah dan gurih.

Saat ini Kamu bisa menikmati bermacam varian seperti coklat, original, keju, kopi, dan sebagainya.

Sagon ini sangat baik dikonsumsi bagi Kamu yang mempunyai alergi terigu serta sedang diet rendah lemak.

Sebab makanan yang satu ini memiliki kandungan lemak rendah karena berkurang ketika proses pengovenan.

9. Pisang Cakra

Pisang Cakra adalah makanan khas Sukabumi yang dibuat dari bahan pisang coklat serta dibalut dengan kulit lumpia.

Ketika menggigitnya, Kamu akan mendapati coklat yang meleleh dan meledak di mulut. Silakan kunjungi Jalan Jenderal Ahmad Yani Gunung Parang Cikole Sukabumi untuk menikmati pisang Cakra.

..

Advertisement

Itulah 9 makanan khas Sukabumi yang bisa Kamu Nikmati ketika berkunjung ke kota tersebut. Mana makanan yang paling ingin Kamu cicipi?

Advertisement

Reply