Enak Banget! Ini Dia 8 Makanan Khas Subang yang Wajib Kamu Cicipi

Dodol Nanas Subang

image via idntimes.com

Hai Kamu yang punya hobi kulineran dan makan, sudahkah Kamu mencicipi makanan khas Subang? Subang adalah salah satu nama kota yang ada di Jawa Barat.

Makanan dari Subang ini memiliki cita rasa yang sangat memanjakan lidah lho. Berbagai jenis makanan bisa Kamu cicipi di sini dan tidak bisa ditemukan di tempat lain.

Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa Kamu harus mencicipinya. Bicara soal icip mencicipi, ada banyak sekali jenis makanan yang bisa Kamu cicipi.

Makanan Khas Subang

Mau tahu apa saja makanan khas daerah Subang yang bisa Kamu coba, yuk langsung saja simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

1. Legitnya Dodol Nanas

Makanan pertama yang hanya bisa Kamu temukan di Subang adalah dodol nanas.

Makanan yang satu ini sangat terkenal lho di Subang, bahkan menjadi salah satu ikon makanan yang wajib Kamu bawa pulang ketika datang ke Subang.

Sesuai dengan namanya, dodol nanas adalah olahan dodol yang terbuat dari buah nanas.

Cara membuatnya juga mudah yang mana dodol ini dibuat dari campuran nanas parut, tepung ketan dan juga gula.

Rasanya yang legit ini lho yang bikin ketagihan dan ingin mencicipinya terus menerus.

Untuk menemukan dodol nanas yang enak, maka Kamu bisa menemukannya di daerah Jalan Raya Dawuan.

2. Asam Manis Tape Ketan

Pernahkah Kamu mencicipi tape ketan? Bagi yang sudah tape ketan ini adalah salah satu makanan khas dari Subang yang memiliki rasa yang unik.

Terbuat dari tape yang dicampur dengan ketan menjadikan rasa dari tape ini manis, asam gimana gitu.

Dengan rasanya yang khas ini biasanya tape ketan sering dijadikan sebagai pelengkap es campur atau beragam minuman yang lainnya.

Selain itu, tape ketan juga nikmat lho dicicipi meskipun tidak dicampurkan dengan apapun.

3. Renyahnya Kripik Nanas

Jika di point pertama Kamu sudah tahu dodol nanas, maka kali ini Kamu akan menemukan keripik nanas khas Sumedang. Untuk kripik nanas Sumedang ini dibuat dengan menggunakan nanas dimadu.

Meskipun pada umumnya nanas dijadikan sebagai selai ataupun jus, namun saat nanas dijadikan sebagai keripik rasanya tetap gurih lho. Dengan hal baru ini Kamu bisa merasakan sebuah keripik yang luar biasa.

4. Cokelat Nanas Subang

Makanan khas Subang lainnya yang bisa Kamu bawa pulang untuk oleh-oleh adalah cokelat nanas.

Kamu pastinya bertanya-tanya dengan cokelat yang satu ini. perlu Kamu tahu bahwa cokelat nanas adalah salah satu makanan yang paling banyak diburu oleh wisatawan ketika datang ke Subang.

Sesuai dengan namanya, cokelat ini dibuat dengan menggunakan perpaduan antara cokelat dengan buah nanas.

Hal inilah yang menjadikan rasa cokelat ini begitu luar biasa.

5. Delipel

Ini adalah salah satu makanan khas Sumedang yang dihasilkan dari industri rumahan. Delipel sendiri merupakan singkatan dari Delicious Pinapple.

Nah, untuk Anda yang ingin mencoba makanan satu ini, Kamu bisa menemukannya di dekat kota Subang tepatnya di Wisma Karya.

Makanan buatan industri ini juga sangat laris manis lho. Sehingga kadang saat Kamu mencarinya tidak bisa ketemu. Untuk masalah rasa, dijamin deh Delipel ini juaranya.

6. D’Bubuy Ma’Atik

Ini adalah salah satu makanan yang hanya bisa Kamu temukan di Subang saja. makanan ini sangat terkenal di Subang dengan rasa yang nikmat.

Makanan ini sendiri merupakan olahan ayam yang dibuat dengan menggunakan bumbu khas warisan dari zaman dahulu.

Untuk bentuknya sendiri hampir sama seperti pepes, hanya saja teknik pengolahannya sangat berbeda. Saat mengolah makanan ini, maka ayam harus direndam alam bara abu selama kurang lebih 5 sampai 10 jam.

Saking larisnya, jika Kamu ingin mencicipi makanan ini, maka Kamu harus memesan satu hari sebelumnya terlebih dahulu.

7. Ikan Lapan Crispy

Bisa dikatakan ini adalah salah satu makanan khas Subang yang hanya bisa ditemukan di daerah pantura saja. apa nama makanan ini, nama makanan ini adalah ikan Lapan crispy.

Olahan ikan ini dibuat oleh Mahtamroh dan kelompok usaha miInajaya yang sudah berdiri sejak tahun 2012 yang lalu.

Nah, olahan ikan laut ini dijadikan menjadi 4 jenis variasi rasa yaitu keju, original, barbeque dan juga balado. Untuk masalah rasa, ikan lapan crispy ini adalah juaranya.

Bahkan, saking enaknya banyak para wisatawan yang datang ke Subang membeli ikan ini untuk dijadikan oleh-oleh buat keluarga di rumah lho.

8. Buah Nanas Simadu

Dari beberapa makanan khas Subang yang sudah disebutkan di atas, kebanyakan diantaranya terbuat dari olahan nanas. Mulai dari dodol nanas, keripik nanas, cokelat nanas dan masih banyak lainnya.

Ternyata, usut punya usut Subang ini memiliki buah khas yaitu nanas simadu. Nanas ini berbeda dengan buah nanas yang lainnya.

Bentuk dari buah ini lebih kecil dibandingkan dengan nana pada umumnya. Bahkan untuk rasanya sendiri nanas simadu memiliki rasa yang lebih manis.

Karena hal inilah nanas simadu menjadi salah satu ikon makanan dari Subang yang wajib Kamu beli ketika datang ke Subang. Dijamin deh Kamu tidak akan kecewa dengan rasa nanas yang ditawarkan.

Sebenarnya masih ada banyak lagi makanan khas Subang yang bisa Kamu tahu. Dari 8 makanan di atas tentunya semuanya harus Kamu cicipi jika pergi ke Subang.

Jangan lupa pula untuk membawanya pulang sebagai oleh-oleh untuk para keluarga yang sudah menunggu di rumah. ingat, makanan ini tidak bisa Kamu temukan di tempat lain dan hanya bisa ditemukan di Subang saja.

Jadi, jangan sampai lupa ya.

Reply