Enak! 5 Makanan Khas Sragen Ini Wajib Kamu Coba

Soto Girin Sragen

image via travellingyuk.com

Makanan Khas Sragen merupakan salah satu makanan yang paling banyak dicari terutama bagi mereka yang sempat singgah di kota ini.

Makanan khas di kota ini memiliki cita rasa yang istimewa dengan kelezatan yang tak tertandingi. Sehingga tidak mengherankan jika makanan khas kota Sragen selalu juara di hati.

Beberapa makanan khas Sragen yang paling banyak dicari antara lain seperti botok, soto girin, gathot sragen dan lain sebagainya.

Makanan Khas Sragen

Makanan-makanan tersebut diantaranya bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Penasaran seperti apa? Yuk simak ulasannya berikut ini!

1. Soto Girin

Makanan pertama yang bisa Kamu coba saat berkunjung ke kota Sragen adalah Soto Girin.

Soto girin tidak sama seperti soto di daerah lainnya yang ada di Indonesia, seperti Soto Kudus, Soto Rembang, Soto Sokaraja dan lain sebagainya.

Soto Girin memiliki cita rasa yang khas dengan paduan rempah yang istimewa. Tidak soto namanya jika tidak ada kecambah di dalamnya.

Ya, soto ini tetap memakai kecambah atau taoge sebagai salah satu bahan yang tidak boleh terlewatkan.

Dalam satu porsi Soto girin terdiri dari nasi, potongan daging, kuah soto, kecambah dan seledri serta taburan bawang goreng. Sekali Kamu mencobanya dijamin bakal ketagihan!

Soto Girin ini sudah dikenal sejak tahun 1954 silam.

Nama Girin sendiri diambil dari nama pendirinya yaitu Mbah Girin yang kemudian usaha warung Soto ini diteruskan oleh anak-anaknya tentunya masih dengan resep warisan keluarga yang tetap terjaga, enak, lezat dan istimewa.

Proses pengolahan kuah soto ini masih dilakukan secara tradisional agar tidak merubah cita rasa dari Soto Girin ini. Yaitu tetap menggunakan kuali besar dan menggunakan bahan bakar dengan kayu bakar.

Cita rasa yang tetap terjaga dari dulu hingga sekarang membuat Soto Girin tetap juara di hati penggemarnya dan selalu dirindukan.

Jika Kamu penasaran, Kamu bisa datang ke soto girin yang berada di jalan Brigjen Katamso.

2. Bothok Mercon yang menggugah Selera

Bagi Kamu pecinta pedas, tentunya makanan yang satu ini wajib Kamu coba. Ya apalagi jika bukan Bothok Mercon.

Makanan ini memiliki cita rasa yang pedas dan membuat Kamu terkejut seperti mendengar mercon (petasan).

Kudapan pedas ini biasanya dipadukan dengan ikan patin dengan minuman khas yang tidak eneg teh manis.

Selain memiliki rasa yang enak dan spicy, harga bothok mercon ini juga sangat terjangkau. Untuk satu bungkus bathok Mercon hanya dihargai 3 ribu rupiah.

Hebatnya Kamu bisa membawa bothok ini sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Jika Kamu penasaran dan ingin mencicipinya, Kamu bisa datang ke Dusun Tenggak, Desa Nglombo, Kecamatan Sidoharga, Sragen.

Tepatnya di bawah jembatan Nggawan. Selamat mencoba!

3. Bakso Rusuk Palur

Siapa sih yang tidak menyukai bakso? Bakso menjadi salah satu makanan yang disukai oleh banyak orang, mulai dari anak-anak, remaja hingga orang tua.

Hal ini terbukti banyaknya warung bakso yang bisa kamu temukan di setiap daerah, termasuk di Sragen ini.

Salah satu warung bakso yang paling populer adalah Bakso rusuk Palur. Bakso ini memiliki cita rasa yang khas dan istimewa sehingga berbeda dengan warung bakso pada umumnya.

Ada topping iga rusuk iga sapi yang bisa Kamu nikmati. Selain itu, juga disajikan dengan taburan bawang merah yang menambah kenikmatan rasa.

Pertama kali Kamu mencoba bakso ini bisa dijamin Kamu akan ketagihan dan ingin kembali untuk bisa menikmatinya lagi.

Rasa bakso yang empuk dengan kuahnya yang kental serta rusuk iga sapi yang lezat merupakan perpaduan yang sempurna yang patut Kamu coba.

Jika tidak Kamu akan menyesal. Warung bakso ini berada di Jalan Sukowati, Sine, kecamatan Sragen.

4. Gathot Sragen, Makanan Tradisional yang Mulai Langka

Gathot Sragen merupakan salah satu makanan khas kota Sragen yang terbuat dari gaplek. Proses pengolahan makanan ini cukup ribet dan harus melalui beberapa tahap.

Sehingga tidak banyak orang yang cukup bertahan untuk bisa mempertahankan makanan yang satu ini untuk terus ada.

Namun meskipun begitu, masih ada kok penjual yang setia menjajakan makanan khas Sragen Gathot Sragen untuk Kamu coba.

Gaplek atau uwi ini harus melalui proses perendaman hingga berulang kali baru bisa diolah menjadi makanan yang satu ini. Tentunya membutuhkan proses yang lama.

Perendaman yang berulang dan dalam waktu yang lama ini bertujuan untuk menghilangkan kandungan racun yang ada di dalamnya.

Jadi, Kamu tidak usah khawatir karena ketika sudah menjadi Gathot Sragen ini tentunya sudah aman untuk dikonsumsi.

Biasanya makanan ini dikukus kemudian disajikan bersama taburan parutan kelapa, dan gula jawa.sehingga rasanya enak, gurih dan manis.

Mengingat sudah tidak banyak lagi yang menjual makanan yang satu ini.

Ada beberapa sekelompok anak muda yang telah berinovasi mengubah makanan tradisional yang sudah mulai ditinggalkan menjadi makanan yang tetap menggoda dan hits kekinian.

Jika sebelumnya Gathot Sragen hanya memiliki rasa gula jawa dengan parutan kelapa, kini telah hadir dengan campuran nangka, pisang dan lain sebagainya yang lebih istimewa.

Sehingga rasa yang diciptakan tidak membosankan dan tetap menarik untuk dinikmati.

Nah itulah beberapa makanan khas Sragen yang Bisa Kamu nikmati. Mulai dari makanan tradisional hingga makanan yang hits dan kekinian. makanan khas sudah selayaknya untuk tetap dijaga kelestariannya.

Seperti gathot sragen yang kini menjadi makanan hits dan kekinian telah banyak menginspirasi. Seharusnya untuk makanan khas lainnya juga demikian agar tetap terjaga dan tidak hanya menjadi cerita.

Reply