7 Makanan Khas Sleman yang Dijamin Bikin Kamu Ketagihan

Jadah Tempe Makanan Khas Sleman

image via https://www.tuguwisata.com

Tak heran jika Yogyakarta menyandang nama Daerah Istimewa, sebab salah satu provinsi di Indonesia ini memang memiliki keistimewaan tersendiri ketimbang daerah lainnya.

Nah, salah satu kabupaten yang paling banyak menarik wisatawan adalah kabupaten Sleman yang berada di paling utara Yogyakarta.

Hal ini tentu saja bukan karena panorama khas pedesaannya, atau bahkan panorama Gunung Merapi yang berada di Kaliurang, namun juga kulinernya yang sayang untuk dilewatkan.

Makanan Khas Sleman

Yaps, sama halnya dengan daerah lain, kabupaten di Yogyakarta ini memiliki kuliner khas, bahkan makanan khas Sleman tak bisa ditemukan di daerah lainnya.

Lalu apa saja sajian kulinernya? Berikut ini rekomendasinya untuk Kamu!

1. Jadah Tempe

Pernah mendengar kata jadah? Harus Kamu  tahu, bahwa jadah merupakan olahan yang terbuat dari ketan, sehingga jadah tempe ini merupakan sajian kuliner khas Sleman perpaduan dari jadah dan tempe.

Untuk rasanya tentu bisa dibayangkan menggigit rasa manis dari ketan, dan ditambah dengan rasa gurih dari tempe bacem.

Perpaduan rasanya tentu sangat lezat dan nikmat, apalagi jika Kamu menikmatinya ketika masih hangat.

Tak hanya itu saja, aroma khas juga akan Kamu dapatkan, karena makanan khas Sleman ini disajikan menggunakan bungkus daun pisang.

Nah, bila Kamu ingin mencicipinya, maka bisa mudah dijumpai di seluruh kabupaten Sleman, terutama di kawasan wisata alam Gunung Merapi.

Sedangkan untuk harganya, dijamin ramah di kantong, sebab per porsinya hanya Rp. 5.000 sampai Rp. 10.000 saja.

2. Salak Pondoh

Mungkin salak pondoh bisa Kamu temukan di daerah lainnya, namun salah khas Sleman ini memiliki rasa yang berbeda dengan daerah lainnya.

Bahkan dikatakan bahwa buah yang satu ini merupakan buahnya orang Sleman asli. Dan buah yang kaya akan vitamin ini bisa Kamu temukan di sekitar Kecamatan Turi, Tempel dan sekitarnya.

Sedangkan untuk harganya sangat murah lho, sebab per kilonya hanya Rp. 3.000 sampai Rp. 7.500 saja.

3. Sate Kelinci Kaliurang

Salah satu makanan khas Sleman yang wajib Kamu coba adalah sate kelinci Kaliurang.

Sate yang berbahan dasar daging kelinci ini memiliki rasa gurih nan lezat, apalagi dipadukan dengan bumbu kacang yang berbeda dari bumbu biasanya.

Nikmatnya lagi, jika Kamu menikmatinya ketika masih panas, sebab dengan hawa sejuk khas Gunung Merapi, tentu akan membuat lidah bergoyang.

Kabar gembira juga buat Kamu, sebab harganya benar-benar terjangkau, yakni hanya sekitar Rp. 10.000 saja per porsi.

4. Pepes Belut Godean

Kamu suka dengan belut? Yaps, siapa sih yang tak suka dengan olahan binatang licin yang biasa hidup di persawahan ini.

Apalagi jika diolah menjadi pepes, tentu rasanya akan lebih nikmat dan lezat.

Nah, disebut sebagai pepes belut Godean, sebab Kamu hanya bisa menemukannya di kawasan Godean, Sleman saja, dan bumbunya pun khas daerah tersebut.

Untuk pengolahannya sendiri, belut akan dimasak dengan cara dibungkus menggunakan daun pisang, kemudian ditambah dengan parutan kelapa dan bumbu tradisional khas Sleman.

Untuk rasanya tentu sangat gurih, pedas, dan bikin lidah bergoyang. Sedangkan untuk harganya juga sangat terjangkau yakni mulai Rp. 7.500 sampai Rp. 15.000.

Eh iya, selain belut pepes, di sekitar Godean juga ada olahan belut lainnya, seperti keripik belut, gulai belut, belut saus tiram, bahkan nasi goreng belut lho!

5. Sate Jaran/Kuda Godean

Pernahkah Kamu makan daging jaran atau dalam bahasa Indonesia kuda? Jika belum, coba deh makanan khas Sleman yang satu ini.

Yaps, selain pepes belut Godean, Kamu juga bisa mencicipi sate jaran khas Godean yang memiliki aroma khas daging kuda, bahkan lebih kuat dibandingkan sapi, namun tak seamis daging kambing ya.

Untuk rasanya, dijamin bikin ketagihan, sebab rasa dagingnya sungguh nikmat nan gurih, apalagi paduan bumbunya menggunakan kecap pedasnya khas Sleman.

Untuk harganya, Kamu harus merogoh kocek sekitar Rp. 25.000 per porsi, sedangkan per porsinya biasanya sebanyak 10 tusuk. Berani mencoba?

Oh iya, Wajib diketahui, bahwa daging kuda halal ya untuk dimakan.

6. Ayam Goreng Kremes Kalasan

Jika mengunjungi kota Sleman, jangan lupa icip juga ayam kremesnya.

Jika Kamu ingin mencicipinya, maka bisa mengunjungi kawasan Jalan Solo, Kalasan, Sleman, atau letaknya berada di bagian ujung timur Kabupaten Sleman yang berbatasan langsung Candi Prambanan.

Untuk rasanya, tentu menggunakan pengolahan yang berbeda serta bumbunya pun berbeda, sehingga rasanya lebih nikmat dan gurih dibandingkan ayam kremes lainnya.

Sedangkan untuk harganya, satu porsi ayam kremes kalasan yang disajikan dengan lalapan dan sambal sekitar Rp. 10.000 sampai Rp. 25.000, atau tergantung paket ayam yang Kamu ambil.

7. Jajanan Pasar Tradisional

Siapa bilang Sleman hanya memiliki makanan berat saja, nyatanya Kamu juga bisa menemukan jajanan pasar tradisional lho!

Yaps, untuk makanan khas Sleman ini tentu terdapat banyak pilihan, seperti kue lapis, onde-onde, nogo sari, lemper, jenang, apem, lemper, dan yang tak ada di daerah lainnya adalah corobikan.

Untuk tekstur dan rasanya, tentu dijamin bikin Kamu ingin membeli dalam jumlah yang banyak. Sedangkan harganya, rata-rata dibanderol dengan harga Rp. 1000 hingga Rp. 3000 per varian produk.

Sleman memang tak bisa diabaikan begitu saja jika mengunjungi Yogyakarta. Tentu bukan hanya karena wisatanya saja yang mengagumkan, namun juga makanan khas Sleman yang sangat lezat dan bikin lidah bergoyang.

So, bagi Kamu yang mlipir ke kota Sleman, pastikan cicipi seluruh makanan khasnya, dengan harga yang sangat murah, untuk mencicipi makanannya mungkin Kamu hanya butuh budget sekitar 200 ribuan saja ya.

Reply