8 Menu Makanan Khas Situbondo yang Paling Populer

Nasi Karak Situbondo

image vi idntimes.com

Membicarakan kuliner Nusantara memang tidak akan pernah membosankan.

Pasalnya setiap daerah di tanah air kita memiliki suguhan kuliner khas yang lezat dan sangat menarik sekali untuk Kamu coba, contohnya mencoba makanan khas Situbondo.

Makanan Khas Situbondo

Beberapa daftar makanan khas Situbondo di bawah ini bakalan bikin Kamu rindu dan ingin mencobanya lagi. Penasaran?

Langsung saja, berikut 8 menu kuliner khas Situbondo yang paling populer dan wajib Kamu coba!

1. Nasi Sodu

Kuliner khas Situbondo yang pertama bernama nasi sodu. Nasi sodu merupakan sepiring nasi dengan kuah gulai lawuh yang dicampur dengan sayur kacang panjang.

Ada juga yang mencampurkannya dengan sayur buncis atau wortel.

Intinya, nasi sodu sayurnya menggunakan kuah santan ditambah lauk ikan tongkol yang dimasak menggunakan bumbu merah.

Oh iya, satu lagi yang tidak boleh ketinggalan an menjadi ciri khasnya adalah sambal terasi toge.

Untuk rasanya sendiri, nasi sodu memiliki rasa yang manis, sehingga sambal yang pedas sangat cocok sekali untuk dikombinasikan agar aura rasanya semakin mantap.

Uniknya lagi, dulu nasi sodu ini dimakan bukan menggunakan sendok alumunium seperti yang biasa Kamu gunakan di rumah.

Di Situbondo menyantap kelezatan nasi sodu menggunakan sendok yang terbuat dari daun pisang yang dilipat. Namun agar lebih praktis saat ini sudah menggunakan sendok makan seperti biasanya.

2. Nasi Karak

Menu yang populer selanjutnya di Situbondo adalah nasi karak. Hayo, siapa di antara Kamu yang sudah pernah mendengar nama makanan yang satu ini?

Sajian utama dari nasi karak ini hampir sama dengan nasi kucing yang mungkin biasa Kamu temui di beberapa tempat lain, namun nasi karaka la Situbondo ini memiliki ciri yang khas dan unik.

Nasi karak merupakan nasi yang dihidangkan dengan taburan kelapa.

Biasanya juga dalam penyajiannya ditambahkan beberapa lauk seperti tempe atau tahu goreng atau bisa juga ditambahkan lauk ikan tongkol.

Di tengah-tengah hari yang melelahkan pasti akan bersemangat lagi dengan menyantap kuliner khas Situbondo yang satu ini.

3. Nasi Kaldu

Ada lagi nih yang cukup populer dna tidak boleh Kamu lewatkan saat berkunjung ke Situbondo, yaitu nasi kaldu.

Nasi kaldu memiliki ciri khas dengan kuah yang warnanya kecoklatan cenderung kental dan rasanya gurih.

Biasanya, menyantap nasi kaldu ditemani dengan kerupuk agar sensasi kelezatannya semakin mantap.

4. Tajin Kelapa

Ini nih salah satu makanan khas Situbondo yang paling terkenal dan hanya ada di sini, tajin kelapa. Tajin kelapa adalah bubur ala Situbondo.

Tajin kelapa merupakan bubur yang cara penyajiannya dengan bumbu kacang. Resep bumbu dan rasanya sangat khas dan lain daripada yang lain.

Wajib banget Kamu coba saat berwisata kuliner ke Situbondo.

Tajin Kelapa dalam memasak buburnya menggunakan santan kelapa. Bumbu yang digunakan adalah bumbu pecel tetapi lebih encer dari bumbu pecel para umumnya.

Agar membuat penampilannya semakin menarik dan menggugah selera, biasanya tajin kelapa disajikan dengan tambahan taburan kangkung dan toge.

Bisa juga ditambahkan dengan gorengan ote-ote yang sudah dipotong menjadi ukuran kecil-kecil.

5. Rujak Petis

Berbeda dengan menu rujak yang biasa Kamu makan, rujak petis khas Situbondo ini dibuat dengan menggunakan beberapa bumbu rempah dan beberapa sayuran yang membuat makanan ini termasuk makanan yang menyehatkan.

Layaknya rujak pada umumnya, rujak petis ini juga menggunakan buah-buahan untuk bahannya. Rujak petis disajikan dengan irisan mangga muda, bengkoang, tahu, kedondong dan beberapa tambahan lainnya.

Yang menjadi ciri khas utama dari rujak petis ini adalah tambahan pisang muda dan juga petis udang. Kira-kira seperti apa ya rasanya rujak petis ini? Kalau penasaran boleh banget mencobanya ke Situbondo.

6. Ayam Goreng Situbondo

Bagi Kamu pecinta menu ayam goreng, harus banget nih mencicipi ayam gorengnya khas Situbondo. Mendengar namanya saja, ayam goreng memang selalu menarik untuk disantap.

Ayam goreng khas Situbondo memiliki rasa yang khas dengan bumbu yang meresap sampai ke serat daging ayamnya.

Kamu yang takut terkena kolesterol dengan memakan ayam goreng, tenang, ayam goreng khas Situbondo menggunakan ayam kampung jadi aman untuk dikonsumsi.

Biasanya menyantap ayam goreng khas Situbondo ini ditemani dengan sambal agar semakin nikmat dan menggugah selera.

7. Bebek Bakar Situbondo

Selain ayam, menu dari bebek dengan rasa yang khas juga bisa Kamu nikmati saat berwisata kuliner ke Situbondo.

Campuran bumbunya yang meresap sempurna ke daging bebek, disantap dalam keadaan masih hangat dan baru digoreng pasti terasa sangat lezat.

Bagi Kamu yang ingin mencoba bebek goreng khas Situbondo bisa datang ke jalan Asem Bagus atau di depan pasar patok Situbondo.

8. Bakso Tekwoleh

Pecinta bakso tidak boleh melewatkan makanan khas Situbondo yang satu ini nih. Bakso tekwoleh ini merupakan akronim dari Bahasa Jawa yaitu nek rak entek digawa mulih.

Ada yang tau artinya? Maksudnya adalah jika tidak habis boleh Kamu bawa pulang.

Pasalnya ukuran bakso tekwoleh ini sangat besar dibandingkan ukuran bakso pada umumnya. Untuk ukuran baksonya sendiri memiliki diameter sekitar 13 cm.

Bukankah ini ukuran yang sangat besar untuk satu bakso? Inilah maksudnya, jika Kamu tidak habis memakannya, Kamu bisa membawa pulang saja.

Hemmm.. sepertinya lezat sekali ya beberapa menu makanan khas Situbondo di atas? Jadi bikin laper lagi gak sih?

Buat Kamu yang penasaran dengan rasanya yang khas, sebaiknya mencobanya secara langsung dengan berwisata kuliner ke sana. Dijamin bakalan ketagihan dan ingin mengulanginya lagi.

Reply