6 Makanan Khas Sidoarjo Paling Terkenal yang Wajib Kamu Coba

Lontong Kupang Sidoarjo

image via travelingyuk.com

Ketika Kamu mendengar nama Sidoarjo pasti yang langsung terbesit di benakmu adalah lumpur lapindo yang fenomenal itu kan?

Ya, memang benar sudah tidak dapat dipungkiri lagi kalau lumpur lapindo saat ini sudah menjadi salah satu ikon Kota Sidoarjo.

Namun kali ini, tidak akan membahas tentang fenomena alam lumpur lapindo ya, karena masih banyak hal lain yang menarik untuk dibahas, salah satunya membicarakan tentang makanan khas Sidoarjo.

Sidoarjo yang dikenal sebagai kota udang ini memang menyuguhkan kuliner lezat yang sayang banget untuk Kamu lewatkan saat berkunjung ke sana.

Makanan Khas Sidoarjo

Apa saja sih makanan khas Sidoarjo yang paling terkenal dan paling banyak digemari oleh para wisatawan? Penasaran?

Simak selengkapnya di bawah ini :

1. Lontong Kupang

Rekomendasi yang pertama adalah mencicipi menu lontong kupang yang menjadi salah satu kuliner khas Sidoarjo. Rugi banget kalau sampai melewatkan makanan khas yang satu ini.

Lontong kupang terdiri dari kupang, lontong, lentho dan tidak lupa siraman kuah kupang yang lezat dan bikin ngiler. Tapi, ngomogng-ngomong Kamu tahu kupang itu apa tidak nih?

Kupang adalah sejenis kerang laut dengan ukuran yang kecil dan berwarna putih.

Sedangkan lentho merupakan olahan kacang telo yang berbentuk oval seperti perkedel lalu digoreng hingga tercium bau wangi dan matang.

Cara penyajiannya, lontong diiris tipis-tipis, masukan lontong dan lentho ke dalam piring kemudian disiram dengan kuah kupang dengan tambahan bumbu petis dan bawang putih.

Sebelum dihidangkan bawang putih ini sudah dihaluskan dulu bersama cabe, baru saja ditambahkan petis dan diberi perasan air jeruk nipis.

Akan lebih terasa mantap bila menggunakan petis pedas yang dicampur dengan cabe rawit yang telah dihaluskan.

Teman makan paling pas dan paling cocok untuk menyantap lontong kupang ini adalah sate kambing dan es degan. Dijamin rasanya maknyus dan mantap pol.

2. Bandeng Asap

Oleh-oleh khas Sidoarjo yang paling sering dibawa adalah bandeng asap ini. Makanan khas Sidoarjo menjadi komoditi utama olahan makanan dari perikanan Sidoarjo selain petis, telur asin, bandeng presto dan kerupuk udang.

Namanya juga bandeng asap, sudah bisa ditebak ya kalau proses pengolahan makanan yang satu ini dengan cara diasap?

Yap, tepat sekali, bandeng asap dimasak atau dimatangkan melalui proses pengasapan.

Setelah diasap dan dilipah, kemudian dikemas menggunakan box dan dijual. Biasanya juga ditambahkan saus agar bisa lebih nikmat saat menyantapnya.

Karena cara memasaknya dengan melalui proses pengasapan, bandeng asap ini memiliki daya tahan yang cukup lama dan tidak cepat basi.

Nah, bagi Kamu yang berwisata ke Sidoarjo jangan lupa ya membawa oleh-oleh khas Sidoarjo yang satu ini, bandeng asap, dijamin mantap dan khas banget rasanya.

3. Bandeng Presto

Selain bandeng asap, olahan ikan bandeng khas Sidoarjo juga ada yang dimasak dengan cara dipresto yaitu bandeng presto khas Sidoarjo.

Bandeng presto adalah ikan bandeng yang dimasak dengan uap air bertekanan tinggi atau dengan cara dipresto.

Sidoarjo sendiri merupakan kota dengan penghasil ikan bandeng, dan salah satu cara olahan bandengnya yang khas adalah bandeng presto dan bandeng asap seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

Bandeng presto Sidoarjo memiliki rasa yang khas sehingga membuat membuatnya digemari banyak orang.

Selain aromanya yang harum dan rasanya yang lezat, Kamu juga tidak perlu repot-repot menghilangkan durinya yang banyak karena sudah ikut lunak saat dipresto.

So, cocok banget dijadikan oleh-oleh ketika Kamu berwisata ke Sidoarjo nanti.

4. Petis

Sudah pernah mendengar kata petis kan? Petis merupakan makanan yang terbuat dari sisa rebusan ikan lalu cairan sisa tadi dipanasi hingga menjadi kental seperti susu namun lebih padat.

Kemudian ditambahkan dengan gula batok atau gula merah agar warnanya menjadi cokelat pekat dan rasanya manis.

Meski masakan petis ini mudah Kamu jumpai di banyak tempat, namun sebenarnya petis ini merupakan salah satu makanan khas Sidoarjo.

Di Sidoarjo sendiri tempat yang paling banyak memproduksi petis ini adalah di Desa Balongdowo. Petis paling enak dimakan bersama lontong, kupang dan juga aneka gorengan.

5. Telur Asin

Telur asin merupakan makanan yang praktis dan bisa langsung dimakan enak tanpa dipadukan dengan makanan lainnya.

Kamu pasti sudah tahu kalau telur asin ini terbuat dari telur bebek yang diasinkan dengan diberi garam yang banyak untuk menonaktifkan enzim perombak.

Telur asin ini sangat awet, rata-rata bisa tahan sampai satu bulan.

Kota Sidoarjo juga terkenal sebagai penghasil telur asin tepatnya di daerah Kebonsari dimana di Kebon Sari ini memang terkenal sebagai Kampong Bebek dan telur asin.

Telur asin yang diproduksi di Kebonsari memiliki beberapa varian rasa seperti rasa udang dan juga rasa kepiting.

Pilihan telur asin yang paling cocok dijadikan oleh-oleh adalah telur asin rebus dan telur asin panggang.

6. Kerupuk Udang

Selanjutnya, Sidoarjo juga terkenal dengan kerupuk udangnya yang gurih dan enak.

Kerupuk udang sendiri terbuat dari adonan tepung tapioka dan dicampur dengan udang yang sudah ditumbuk halus kemudian diberi bumbu dan tambahan rasa.

Adonan tersebut dikukus hingga matang lalu diiris tipis-tipis dan kemudian dijemur sampai kering kurang lebih selama 2 atau 3 hari.

Setelah itu tinggal digoreng deh, kerupuk udang khas Sidoarjo siap disantap. Cocok sebagai teman makan ataupun cemilan yang enak, gurih dan renyah.

Bagaimana? Sepertinya enak dan lezat sekali ya beberapa olahan makanan khas Sidoarjo di atas? Pasti Kamu semakin tidak sabar kan ingin segera mencicipinya?

Makanya kalau mampir ke Sidoarjo jangan sampai lupa mencicipi kuliner khasnya. Dijamin bikin Kamu ketagihan deh.

Reply