Pilihan Makanan Khas Serang yang Rugi Jika Tidak Dicoba

Advertisement
Angeun Lada khas Serang

image via https://resepnusantara.id

Serang adalah ibukota Banten yang menjadi salah satu daerah wisata yang cukup terkenal di ujung barat Pulau Jawa.

Ya, apa yang menarik dari daerah ini adalah pemandangan alam yang sangat indah dan begitu eksotis.

Beberapa pantai memanjang di garis tepi pulau dan menjadi spot yang istimewa untuk berburu senja yang merona saat petang tiba.

Nah, selain terkenal sebagai salah satu destinasi wisata karena alamnya yang indah, Serang juga menyimpan sajian kuliner yang begitu kaya.

Ada beragam makanan khas Serang yang akan Kamu temukan saat berkunjung ke tempat ini. Adanya beragam sajian kuliner tersebut tentu saja akan membuat Kamu leluasa bergerilya mencari sajian kuliner yang pas.

Cukup banyak memang kuliner khas Serang yang menawarkan cita rasa yang begitu menggugah selera.

Bahkan, tak jarang, makanan-makanan khas yang ada di Serang menjadi pilihan oleh-oleh untuk diberikan kepada kerabat di rumah.

Rekomendasi Sajian Kuliner Khas Serang

Ada cukup banyak menu makanan khas Serang yang begitu menggugah selera untuk dicoba. Kamu yang suka berburu wisata kuliner ala nusantara, tentu akan dimanjakan dengan adanya beragam pilihan tersebut.

Adapun beberapa pilihan makanan khas Serang yang cocok untuk Kamu jadikan pilihan berburu kuliner adalah sebagai berikut.

1. Bakso Ikan

Siapa yang suka dengan olahan bakso? Ya, bakso adalah salah satu menu makanan yang paling banyak digemari.

Berbagai kalangan yang berbeda menyukai makanan yang satu ini karena rasanya yang nikmat dan banyak nutrisi.

Terlebih, bakso dihidangkan dengan kuah kaldu panas yang terasa sangat menyegarkan di tenggorokan.

Nah, umumnya, bakso diproduksi dengan menggunakan campuran daging ayam atau daging sapi dan tepung.

Namun, di Serang, Kamu akan menemukan bakso yang cenderung berbeda. Ya, salah satu makanan khas Serang yang cocok untuk Kamu coba saat berkunjung ke sana adalah bakso ikan.

Berbeda dengan bakso umum yang menggunakan daging, bahan utama pembuatan bakso ini adalah ikan.

Karena daging yang digunakan adalah daging ikan, maka rasa bakso ini cenderung lebih lembut dan lebih gurih.

2. Pecak Bandeng

Makanan khas Serang lainnya yang cocok untuk Kamu coba saat berkunjung ke daerah ini adalah pecak bandeng.

Bandeng memang menjadi salah satu bahan makanan yang cukup terkenal di Serang dan diolah menjadi cukup banyak variasi menu makanan yang tidak hanya lezat namun pasti akan membuat Kamu ketagihan.

Advertisement

Nah, salah satu olahan bandeng yang cukup terkenal di Serang adalah pecak bandeng. Pecak bandeng ini merupakan olahan bandeng yang dimasak dengan cara dibakar namun tidak sampai kering.

Setelah itu, bandeng bakar tersebut akan ditambahkan sambal pedas di atasnya yang terdiri dari campuran cabai, bumbu dan air perasan jeruk.

Menu ini menawarkan cita rasa yang gurih dan pedas. Biasanya, pecak bandeng disajikan sebagai salah satu menu istimewa saat makan siang.

3. Emping Menes

Jika Kamu berada di Serang dan ingin mencari camilan khas dengan rasa yang menggugah selera, maka emping menes adalah salah satu pilihan yang tepat.

Panganan ini tidak hanya dijadikan camilan saat seseorang sedang bersantai. Namun, di Serang, emping menes ini menjadi pelengkap makan yang wajib ada.

Nah, emping menes ini bisa dikatakan mirip dengan emping pada umumnya. Hal ini dikarenakan emping menes dibuat dengan bahan dasar melinjo.

Namun, apa yang membedakan emping menes dengan emping kebanyakan adalah bentuknya yang cenderung lebih kecil dan lebih tebal.

Bagaimana dengan rasanya? Rasa emping menes ini begitu renyah dan gurih. Konon, mereka yang makan emping menes akan merasa pahit jika berhenti mengunyah!

4. Sate Bebek

Makanan khas Serang lain yang cocok untuk Kamu nikmati adalah sate bebek. Ini adalah salah satu olahan khas yang sangat dicari di Serang karena menawarkan cita rasa yang khas dan tentu saja nikmat.

Nah, jika dilihat sekilas, panganan khas ini tampak seperti sate pada umumnya.

Hanya saja, seperti namanya, sate ini menggunakan bahan dasar daging bebek. Ya, daging bebek pilihan tersebut nantinya akan dibersihkan, ditata pada tusuk sate dan kemudian dibakar di atas tungku bara api.

Rasa sate bebek ini sangat nikmat dengan bumbu rempah yang masuk hingga ke dalam daging.

Selain itu, sate bebek ini dihidangkan dengan sambal kecap beserta irisan cabai yang membuat sajian ini lebih menggugah selera.

5. Angeun Lada

Angeun lada adalah pilihan lain dari sajian kuliner khas Serang yang sangat menarik untuk dicoba.

Ini adalah salah satu makanan khas Serang yang sangat istimewa dengan rasa yang sangat lezat. Namun, apa sebenarnya Angeun lada tersebut?

Nah, makanan ini seringkali disebut dengan nama lain sayur lada. Sayur ini dibuat dengan beberapa bahan utama, seperti daging sapi, cabai, beberapa jenis sayuran, petai dan dedaunan.

Selanjutnya, menu ini ditambahkan dengan lada untuk membangkitkan rasa pedas agar panganan ini lebih menggugah selera.

Sama seperti namanya, rasa pedas cenderung dominan pada menu Angeun lada. Oleh karena itu, menu khas Serang ini sangat cocok terutama untuk Anda yang memang suka dengan sajian pedas.

Demikian beberapa ulasan terkait makanan khas Serang yang menawarkan cita rasa yang begitu kaya dan tentu saja sangat menarik untuk dicoba.

Dengan adanya banyak makanan khas tersebut, tentu saja kunjungan Kamu ke Serang bersama rekan atau keluarga akan semakin mengasyikkan.

Advertisement

Nah, mana makanan khas yang akan Kamu coba pertama kali?

Advertisement

Reply