5 Makanan Khas Semarang yang Legendaris Dan Tak Terlupakan Sepanjang Zaman

Lumpia Gang Lombok Semarang

image via https://ksmtour.com

Siapa sih yang tidak mengenal kota Semarang? Kota yang menjadi ibu kota provinsi Jawa tengah ini menjadi salah satu kota yang menarik untuk Kamu kunjungi.

Bagaimana tidak? Kota Semarang menyimpan sejuta tempat sejarah dan berbagai wisata menarik yang hits dan kekinian.

Belum lagi, makanan khas Semarang yang legendaris dan tak terlupakan. Sehingga membuat Kamu rindu dan ingin kembali ke kota atlas ini.

Beberapa tempat yang menjadi ikon dari kota semarang ini antara lain adalah kawasan Tugu Muda, Lawang Sewu, Sham Poo Kong, Pagoda dan lain sebagainya.

Beberapa tempat tersebut merupakan peninggalan sejarah yang wajib dilestarikan. Jangan salah, sekalipun dibangun pada masa lampau akan tetapi tempat-tempat tersebut sangat bagus, keren dan tentunya instagramable.

Jangan ngaku anak hits jika belum pernah maen ke Semarang.

Tak akan lengkap rasanya jika berwisata tanpa berkuliner. Nah beberapa makanan khas berikut ini bisa Kamu coba.

Makanan Khas Semarang

Dijamin Kamu bakal ketagihan. Bahkan beberapa diantaranya bisa Kamu bawa pulang  ke rumah. Penasaran apa saja makanan khas Semarang yang legendaris, enak, lezat dan tak terlupakan. Check it out!

1. Lumpia Gang Lombok, Lumpia Paling Enak  di Dunia yang sudah Hits Sejak Zaman Dulu Kala

Warga Semarang atau mereka yang sudah pernah berkunjung ke Semarang sudah pasti tidak asing lagi dengan makanan khas Semarang yang satu ini. Ya, apalagi jika bukan Lumpia.

Ada banyak sekali tempat makan yang menyediakan Lumpia sebagai salah satu makanan andalannya akan tetapi salah satu kedai lumpia yang paling terkenal sejak zaman dahulu kala adalah lumpia yang berada di gang Lombok semarang.

Jangan sampai Kamu melewatkan lumpia yang satu ini. Lumpia yang satu ini digadang-gadangs ebagai lumpia paling enak sedunia.

Bagaimana tidak? Lumpia ini memiliki cita rasa yang istimewa dengan isian yang beraneka ragam.

Hingga saat ini pemilik kedai lumpia ini masih sering memasak isian lumpia itu sendiri sehingga rasa yang dihasilkan tetap sama dari dulu hingga sekarang.

kedai ini buka setiap hari dari pukul 08.00 pagi hingga 17.00 sore. Akan tetapi biasanya sebelum jam itu sudah tutup karena lumpianya laris manis. Pastikan Kamu kesini pagi atau siang agar tidak kehabisan.

2. Tahu Gimbal Pak Edi di Taman KB yang Maknyus dan Dirindukan

Makanan khas Semarang lainnya yang wajib Kamu coba adalah Tahu Gimbal Pak Edi yang berada di Taman KB, Semarang.

Campuran aneka sayur, tahu, lontong dan saus bumbu kacang memiliki cita rasa yang khas dan menggoda. Belum lagi ditambah dengan gimbal di atasnya, tentunya menggugah selera.

harganya yang murah membuat makanan yang satu ini sering kali dirindukan. Terlebih bagi para Mahasiswa dan anak kos.

Bagaimana tidak? Hanya dengan membayar Rp. 13.000,00 Kamu bisa kenyang dan nikmat. Warung makan ini biasanya dibuka mulai pukul 08.00 hingga 24.00.

Jadi dari mulai pagi hingga malam hari Kamu bisa mencicipinya kapan saja kapanpun Kamu mau.

3. Nasi Ayam Semarang, Paling Enak dan Bikin Nagih

Selain beberapa makanan di atas, ada pula makanan khas Semarang yang tidak boleh Kamu tinggalkan.  Ya, apalagi jika bukan nasi ayam semarang.

Makanan yang biasanya disantap pada pagi hari ini memiliki cita rasa yang enak dan bikin nagih tentunya.

Makanan yang terdiri dari nasi liwet, ayam suwir, telur rebus, kuah opor dan sambal goreng jipan ini menjadi satu kesatuan yang tidak boleh terlewatkan.

Sekilas makanan ini memang terlihat seperti nasi liwet yang ada di Solo akan tetapi nasi ayam Semarang ini menggunakan sate telur puyuh, sate usus dan teh sebagai minuman pelengkap. Sempurna!

Salah satu penjual yang menyajikan nasi ayam Semarang yang paling terkenal adalah nasi ayam bu Nyoto. Warung makan ini berada di jalan Mataram tepatnya di depan SD Santo Yusuf.

Biasanya buka dari pagi hingga sore hari. harganya juga sangat bersahabat yakni sekitar 15 ribu saja.

4. Rela Ngantri Panjang Demi Tahu Petis Mataram

Siapa yang tidak mengenal Tahu petis yang ada di jalan Mataram ini?tahu petis yang menjadi makanan khas kota Semarang ini selalu dicari.

Bahkan tahu petis mataram ini menjadi salah satu penjual yang paling laris. Bagaimana tidak? Sebelum warung makan ini dibuka, barisan pembeli sudah rela mengantri untuk bisa mendapatkannya.

Rasanya yang enak dan unik membuat banyak orang rela mengantri pagi-pagi demi untuk bisa mendapatkannya.

Tahu petis menjadi camilan yang enak kapan saja dan dimana saja. Bahkan untuk makan sekalipun tahu petis juga mampu menggoyang lidah Kamu. Pokoknya tahu petis mataram ini paling juara!

5. Beli Pecel Yu Surip, Bikin Kamu Sabar Tingkat dewa

Tidak kalah ngantri dengan tahu petis mataram yang sudah ditunggu pembeli sebelum warung dibuka. Pecel yu Surip Pun juga demikian.

Setidaknya Kamu harus menyiapkan kesabaran tingkat dewa untuk bisa menikmati satu bungkus pecel Yu Surip.

Namun meskipun begitu, pecel Yu Surip ini masih saja menggoda dan layak untuk ditunggu. Rasanya yang enak dan berbeda membuat pecel ini laris manis.

Sehingga tidak mengherankan jika banyak orang rela mengantri untuk bisa mendapatkannya.

Makanan yang terdiri aneka sayur dan bumbu kacang ini sebenarnya bisa ditemukan di banyak tempat di setiap sudut Semarang.

Namun hanya pecel Yu Surip yang juara di hati. Jika Kamu juga penasaran dengan pecel yang satu ini, Kamu bisa datang ke Jalan Mataram di dekat Radio Gajahmada. Selamat Mencoba!

Nah itulah beberapa makanan khas Semarang yang tidak boleh Kamu lewatkan begitu saja. Jangan mengaku sudah sampai Semarang jika belum mencicipi salah satu diantaranya.

Selamat berjuang untuk mendapatkannya!

Reply