6 Olahan Makanan Khas Sampang yang Lezat dan Menggoda

Nasi Kobel Sampang

image via kaskus.com

Liburan tidak melulu hanya menikmati keindahan tempat wisata, berpeteluangan menikmati wisata kuliner juga tidak kalah menariknya loh.

Sebab, setiap daerah yang ada di Indonesia memiliki kuliner khas dengan cita rasa yang lezat dan sayang untuk dilewatkan, salah satunya di Sampang Madura.

Terkenal dengan beberapa makanan khasnya dengan cita rasa unik, dan hanya bisa Kamu temukan saat berkunjung ke sana.

Sampang sendiri yang merupakan salah satu nama kabupaten di Pulau Madura memiliki banyak sekali tempat wisata keren yang menarik.

Seperti pantai, bukit, air terjun hingga pemandangan pulau yang eksotis seperti Pulau Mandangin yang eksotis dan menawan.

Makanan Khas Sampang

Setelah lelah menjelajah dunia wisatanya, tidak ada salahnya kan sekaligus mencoba kuliner khasnya?

Langsung saja, berikut 8 makanan khas Sampang yang paling wajib Kamu coba!

1. Nasi Kobel

Pernahkan Kamu makan nasi kucing atau nasi yang dibungkus dengan ukuran mini dan biasanya diberi sambal bervariasi rasa?

Nah, nasi kobel ini bisa dikatakan sebagai nasi kucingnya ala Sampang. Bedanya jika nasi kucing biasanya menggunakan sambal, kala nasi kobel ini menggunakan serundeng yang terbuat dari kelapa yang diparut.

Selain itu, nasi kucing biasanya menggunakan kertas koran dan kertas minyak untuk membungkusnya, sedangkan nasi kobel ini dibungkus dengan menggunakan daun pisang.

Bagi Kamu yang suka sayur bisa juga ditambahkan dengan sayur, namun biasanya nasi kobel ini disajikan tanpa sayur.

Makanan khas Sampang yang satu ini biasanya dijual di daerah pesisir Sampang. Jika Kamu ingin menikmatinya, boleh deh berwisata ke sini dan cobain nasi kobel dengan rasa yang khas ini.

Sebenarnya menu khas Sampang ini biasanya digunakan sebagai bekal para nelayan untuk pergi melaut.

Sehingga Kamu bisa dengan mudah menemukannya di daerah pesisir Sampang dan jalan menuju Pamekasan.

Isinya pun sangat sederhana yaitu berupa nasi putih, parutan kelapa, sambal spesial dan tak lupa sambal spesial dengan rasa yang khas bernama Buje Chabibih.

2. Bebek Songkem

Ada juga olahan makanan dengan bahan dasar daging bebek yang lezat dan menggugah selera, namanya adalah bebek songkem.

Cara memasak menu bebek songkem ini dengan cara dikukus.

Sebelum daging bebek dikukus, daging bebek ini dilumuri dengan bumbu cabai secara merata agar rasa pedas meresap dan menyatu ke dalam daging bebek.

Sehingga tanpa menyantapnya dengan sambal, menikmati menu bebek songkem ini sudah memberikan rasa yang pedas dan gurih.

Hal yang unik dan khas dalam mengukus daging bebek ini adalah tidak menggunakan air melainkan menggunakan pelepah pisang.

Hal ini memiliki tujuan yaitu untuk menghilangkan gajih yang lengket pada daging bebek. So, Kamu tidak perlu khawatir akan menambah berat badan saat menyantap makanan khas Sampang yang satu ini.

3. Kaldu Sumsun

Bukan hanya terkenal dengan sate Maduranya yang membuat lidah menggelecar, mencicipi menu kaldu sumsum juga tidak boleh Kamu lewatkan.

Madura yang terkenal dengan Karapan Sapinya, juga menyediakan makanan khas yang berbahan dasar dari sapi.

Kamu bisa menikmati kelezatan sumsum yang ada di dalam tempurung tulang sapi ini dengan menggunakan sedotan.

Kaldu sumsum ini biasanya disantap dengan nasi dan tetelan tulang muda yang pasti nikmat dan lezat. Yummyyy…. bikin ngiler gak sih?

4. Cager Telur

Bagi Kamu yang tidak suka olahan makanan dari daging, bisa diganti dengan makanan khas Sampang yang satu ini, cager telur.

Cager telur dibuat dengan menggunakan bahan dasar telur dan sayur kola tau kubis dan dihidangkan dengan kuah kental tanpa santan.

Tidak lupa dibumbui kemiri dan kunyit agar menghasilkan warna kuning yang menggoda. Cocok banget dijadikan santapan bagi Kamu yang suka olahan telur dan sayuran.

5. Dhun Adhun

Makanan khas Sampang yang selanjutnya bernama Dhun Adhun. Kira-kira apa yang terbesit dalam benak Kamu saat mendengar nama makanan yang satu ini?

Namanya cukup unik dan lucu ya? Kira-kira makanan khas Sampang ini terbuat dari bahan dasar apa dan bagaimana rasanya ya? Adakah yang sudah pernah mencobanya?

Dhun Adhun atau yang juga dikenal dengan sebutan chechek tajin adalah makanan berupa lontong atau ketupat yang diberi kuah kental bersantan. Hampir mirip dengan makanan khas lebaran ya?

Chekchek Tajin atau Dhun Adhun ini biasanya disajikan tanpa sayuran, tapi jika Kamu suka sayuran bisa juga disantap bersama sayur labu atau sayur pepaya muda.

Tidak lupa diberi taburan serundeng jagung yang telah ditumbuk sampai halus. Dhun Adhun ini biasanya menjadi menu makan pagi untuk sarapan.

Kira-kira seperti apa ya rasanya sarapan pagi dengan menu Dhun Adhun ini?

6. Sate Sampang

Sate Madura memang sudah sangat terkenal ke seluruh penjuru negeri. Namun belum lengkap rasanya kalau hanya mendengar nama dan melihat gambarnya saja tapi belum pernah mencicipinya langsung di kota aslinya.

Sebenarnya sate Sampang ini tidak jauh berbeda dengan makanan sate pada umumnya.

Bahannya juga sama yaitu dengan menggunakan daging ayam atau daging kambing yang dipotong kecil-kecil kemudian ditusuk dan dipanggang.

Namun rasanya khas dan sangat nikmat dengan perpaduan bumbu rempah-rempah yang menyatu ke dalam daging.

Untuk dapat menikmati sate Sampang ini Kamu bisa mencarinya di Depot Sate Mufakat yang ada di Jalan K. Hasyim Azhari no. 25.

Yummy banget kan beberapa makanan khas Sampang di atas? Bikin ngiler dan gak sabar untuk mencobanya kan? Bagaimana?

Sudah siap untuk merasakan sensasi rasa makanan yang khas dan lezat ala Sampang Madura? Dijamin Kamu bakalan ketagihan deh.

Reply