Wajib Coba! Ini Dia Deretan Makanan Khas Rembang yang Menggoda Selera

Advertisement
Lontong Tuyuhan khas Rembang

image via travelingyuk.com

Kota Rembang merupakan salah satu kota yang berada di provinsi Jawa Tengah. Kota ini berada di pesisir utara Laut Jawa dengan pemandangan lautnya yang sangat indah.

Kota yang berbatasan langsung dengan kota Pati dan menjadi  kota penghujung sebelum memasuki wilayah provinsi Jawa Timur.

Mendengar nama kota Rembang ini  mungkin ada sebagian dari Kamu yang masih terasa asing. Namun ketahuilah bahwa kota Rembang ini merupakan salah satu kota yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Selain kaya tempat wisata yang indah, kota yang satu ini juga terkenal dengan makanan khas Rembang yang mampu menggoda selera.

Makanan Khas Rembang

Bahkan beberapa kuliner khas Rembang ini selalu terkenang di hati dan serasa ingin mencicipinya lagi dan lagi.

Nah penasaran apa saja rekomendasi kuliner khas Rembang yang wajib Kamu coba? Yuks intip daftarnya berikut ini.

1. Lontong Tuyuhan

Sama seperti di daerah lainnya di Indonesia, Lontong menjadi salah satu jenis makanan yang bisa dipadukan dengan aneka sayur.

Demikian juga yang ada di Rembang. Ada salah satu makanan khas Rembang yang patut Kamu coba yang terbuat dari lontong. Apalagi jika bukan Lontong Tuyuhan.

Yang membedakan lontong tuyuhan dengan lontong lainnya adalah bentuknya.

Jika seringnya lontong berbentuk lonjong, berbeda dengan lontong tuyuhan. Lontong tuyuhan berbentuk segitiga dan tanpa dipotong-potong.

Biasanya dipadukan dengan sayur opor. Tentunya makanan yang satu ini memiliki cita rasa yang khas yang wajib Kamu coba. Jika tidak Kamu akan menyesal. Sekali mencoba sudah pasti Kamu akan ketagihan.

Lontong tuyuhan yang paling terkenal berada di daerah Bugel, Rembang. Rasa lontong tuyuhan sangat menggugah selera.

Ditambah lagi lokasi lontong ini berada di wilayah pegunungan dengan pemandangan alam yang indah.

Nama tuyuhan sendiri merupakan nama desa sebagai asal dari munculnya makanan khas Rembang yang satu ini, yaitu desa Tuyuhan.

2. Sate Sarepeh

Indonesia tidak akan lengkap jika tidak menemukan sajian kuliner khas sate. Begitu pula jika Kamu sedang berada di kota Rembang.

Di kota ini menyimpan aneka kuliner istimewa yang menggoda selera. Salah satu yang paling terkenal adalah Sate sarepeh ini.

Jika pada umumnya sate selalu disajikan dengan bumbu kecap atau bumbu kacang, sate sarepeh ini memiliki cara penyajian yang unik dan khas.

Yaitu dengan memakai bumbu sambal bersantan. Dengan paduan rempah dan santan menghasilkan cita rasa yang gurih dan menggoda. Menarik bukan?

Advertisement

Untuk bisa mencicipi sate ini ketika Anda berkunjung ke Rembang tidaklah susah. Pasalnya ada banyak penjual yang menjajakan kuliner ini di setiap sudut jalanan.

Menariknya lagi? Harga sate sarepeh ini hemat di kantong. Jadi tunggu apalagi? coba sekarang juga dan rasakan kenikmatannya!

3. Soto Rembang

Satu lagi, kuliner khas Indonesia yang selalu ada hampir di semua daerah namun memiliki rasa yang berbeda setiap daerahnya.

Apalagi jika bukan soto. Di rembang sendiri memiliki makanan khas rembang yang biasa disebut dengan soto Rembang.

Tidak seperti soto Kudus yang bening tanpa santan, Soto Rembang memiliki ciri khas dengan menggunakan tambahan santan pada kuahnya, sehingga sangat cocok disantap pada siang hari.

Rasanya menyegarkan dan tentunya akan membuat Kamu semangat kembali setelah cukup penat dengan setengah hari beraktifitas.

Apalagi dilengkapi kerupuk dan sambal. Sudah pasti akan semakin menggoda selera.

Dalam satu porsi soto rembang ini biasanya terdiri dari beberapa suwiran daging ayam, daging sapi, taoge dan taburan bawang goreng.

Rasanya sangat enak dan istimewa. Jadi, jangan sampai Kamu lewatkan untuk bisa mencicipi soto Rembang saat Kamu melintasi kota Rembang ini.

4. Kopi Lelet

Siapa sih yang tidak menyukai kopi? Kopi menjadi salah satu minuman yang paling digemari banyak orang. Tidak peduli anak-anak maupun orang dewasa.

Kopi seolah menjadi sahabat setia yang tidak boleh Kamu tinggalkan setiap harinya. Terlebih bagi mereka yang suka begadang atau perokok berat. Sehari tanpa kopi bagai mawar tanpa duri.

Salah satu jenis kopi yang wajib Kamu coba adalah kopi lelet yang menjadi makanan khas rembang. Sebenarnya kopi lelet ini sama seperti kopi hitam pada umumnya.

Biji kopi yang digunakan bukan berarti berasal dari wilayah Rembang melainkan dari luar daerah seperti Toraja, Bandung, Wonosobo dan lain sebagainya.

Kopi lelet berasal dari bahasa jawa lelet yang diartikan sebagai membatik atau mengolesi. Nama ini diambil dari kebiasaan para perokok yang selalu menyandingkan rokoknya dengan secangkir kopi.

Ampas pada kopi inilah yang biasanya di-lelet-kan atau digunakan untuk membatik pada rokok yang dihisap, sehingga dari kopi tersebut terciptalah rasa rokok yang lebih unik dan istimewa.

Dari kebiasaan tersebut muncullah istilah kopi lelet. Jenis kopi ini bisa ditemukan dengan mudah di Rembang. Bahkan di sepanjang jalan pantura, Kamu bisa temukan di setiap sudut jalan.

Warung yang menyediakan kopi lelet biasanya berada di pinggir jalan arah ke surabaya. Minuman ini paling digemari oleh para supir yang biasanya ngopi agar tidak ngantuk di perjalanan.

Nah itulah beberapa makanan khas rembang yang wajib Kamu coba. Bagaimana menurut Kamu? Menarik bukan?

Setiap daerah di Indonesia selalu memiliki makanan khas yang istimewa dengan rasa yang berbeda. Termasuk salah satunya di Kota Rem,bang ini.

Kota yang menjadi batas wilayah provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur ini sangat kaya akan aneka kuliner lezat yang menggugah selera.

Advertisement

Sehingga Kamu jangan sampai melewatkan aneka makanan khas Rembang tersebut ketika melewatinya atau singgah di kota Rembang tercinta ini.  Don’t miss it!

Advertisement

Reply