8 Makanan Khas Purwakarta yang Bikin Goyang Lidah

Colenak khas Purwakarta

image via cookpad.com

Berkunjung ke Purwakarta rasanya kurang lengkap jika tidak mencicipi kuliner khas Purwakarta. Kota yang satu ini memiliki banyak sekali makanan khas yang hanya bisa ditemukan di Purwakarta.

Bahkan, beberapa makanan dari kota ini juga sudah banyak yang terkenal lho.

Makanan Khas Purwakarta

Nah, bagi Kamu yang belum tahu makanan khas Purwakarta, kali ini akan dibahas satu persatu yang harus dicicipi ketika Kamu mampir ke kota ini.

Boleh jadi rasanya bakal luar biasa banget dan akan membuat Kamu rindu dengan kota ini. Mau tahu apa saja makanan tersebut? Yuk langsung saja simak selengkapnya di bawah ini.

1. Colenak

Pernahkah Kamu mendengar nama colenak? Nama makanan yang satu ini biasanya banyak disebutkan oleh banyak orang.

Perlu Kamu tahu bahwa colenak merupakan salah satu makanan yang dibuat dengan menggunakan tape (peuyeum).

Untuk membuat makanan yang satu ini caranya adalah dengan dibakar, kemudian ditambahkan dengan bumbu manis yang dibuat dengan menggunakan kelapa sangrai dan gula merah.

Dengan perpaduan antara colenak bakar dan bumbu ini akan menjadikan colenak ini memiliki rasa gurih, manis dan juga kriuk.

Biasanya, colenak juga dihidangkan dengan menggunakan topping tambahan yang dibuat dengan menggunakan kacang tanah yang disangrai.

2. Peuyeum Bendul

Makanan khas Purwakarta selanjutnya yang bisa Kamu cicipi ketika mampir ke kota ini adalah peuyeum bendul. Apa itu peuyeum bendul?

Peuyeum bendul adalah salah satu makanan yang bisa Kamu temukan di sepanjang Jalan Raya Bendul.

Makanan yang satu ini sangat terkenal di Purwakarta. Peuyeum bendul ini juga berbeda lho dengan peuyeum Bandung jika dilihat dari sisi rasa dan juga teksturnya.

Untuk peuyeum bendul ini memiliki rasa yang lebih enak dan tekstur yang lebih padat.

Jika Kamu datang ke Purwakarta, sempatkan waktu sejenak untuk mencicipi makanan yang satu ini. jika perlu jadikan makanan ini sebagai oleh-oleh yang bisa diberikan untuk keluarga di rumah.

3. Simping

Simping adalah salah satu buah tangan khas dari Purwakarta. Makanan yang satu ini biasanya diproduksi oleh sentra pembuatan dan juga penjualan yang terletak di Kampung Kaum.

Makanan khas Purwakarta ini memiliki bentuk berupa lembaran yang pipih, bulat dan teksturnya sangat tipis. Untuk rasanya sendiri simping memiliki rasa yang gurih.

Adapun makanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan dasar tepung tapioka dan juga terigu. Kedua bahan ini dicampurkan dengan menggunakan bumbu penyedap dan juga adanya perasa buah.

Dengan bentuk dan rasa yang disuguhkan oleh simping menjadikan makanan ini sebagai salah satu camilan khas bagi masyarakat Purwakarta.

Apalagi dengan rasanya yang gurih ini membuat siapa saja yang mencicipinya akan ketagihan.

Saat ini simping juga hadir dengan berbagai varian rasa lho. Hal inilah yang menjadikan camilan satu ini begitu menarik.

Adapun untuk varian rasa tersebut seperti bawang pandang, durian, kencur, nangka, cabai dan juga strawberry.

4. Surabi

Siapa sih yang tidak tahu surabi, surabi adalah makanan khas Jawa Barat dan ia juga menjadi makanan khas Purwakarta juga Lho.

Makanan yang satu ini memiliki rasa yang berbeda-beda mulai dari gula merah, oncom, keju, cokelat, dan masih banyak varian rasa lainnya.

Hanya saja surabi khas Purwakarta adaah surabi dengan rasa oncom dan juga gula aren (kinca).

Jenis surabi ini juga bisa dengan mudah Anda temukan di sekitar Hotel La Derra. Jadi, jangan lupa jika lewat tempat ini untuk mampir mencicipi surabi khas Purwakarta.

5. Es Ciming

Purwakarta juga memiliki minuman khas lho yang disebut dengan es ciming.  Ini adalah sebuah es yang dibuat dengan menggunakan racikan bahan sederhana mulai dari cincau, dawet hijau, serutan kelapa, kacang hijau matang.

Kemudian ditambahkan dengan es serut yang bentuknya seperti gunung.

Di bagian akhirnya, es ini akan disiram dengan susu kental manis dan juga sirup. Dengan peraduan rasa yang seperti ini menjadikan es ciming sangat nikmat untuk dicicipi di siang hari.

6. Ayam goreng Sajolna

Di Purwakarta sebenarnya ada banyak sekali hasil olahan ayam yang bisa Kamu cicipi. Namun yang paling khas dan paling terkenal dari kota ini adalah ayam goreng sajolna.

Apa sih bedanya ayam goreng ini dengan ayam goreng lainnya?

Ternyata perbedaannya terletak pada rasa dan juga bumbu yang dimiliki oleh ayam ini. ayam ini memiliki rasa yang gurih serta memiliki aroma yang khas.

Nah, bagi Kamu yang ingin mencicipi ayam ini, Kamu bisa dengan mudah menemukannya di rumah makan Sajolna asal beusi Purwakarta.

7. Soto Sadang

Purwakarta juga memiliki soto yang khas dan tidak ditemukan di tempat lain. soto ini diberi nama soto sadang.

Ini adalah salah satu soto yang sangat kondang dan bahkan sudah dibuka sejak tahun 801n di dekat Jembatan arah menuju kota Purwakarta.

Ada yang menarik dari soto ini, sebab Kamu bisa memilih isi soto mulai dari ayam babat, buntut, kaki sapi atau kikil.

Nah, kuahnya sendiri adalah kuah yang terbuat dari santan bening. Hmm, dijamin deh soto ini rasanya tidak akan terkalahkan.

8. Cobek Ikan Nini

Satu lagi makanan khas Purwakarta yang harus Kamu cicipi adalah cobek ikan nini. Ini adalah sebuah makanan yang memiliki rasa yang tidak kalah dengan ayam bekakak.

Pada makanan ini, ikan akan digoreng kemudian dibakar dan dilumuri dengan sambal kencur. Jika sudah, ikan akan disajikan dengan menggunakan cobek.

Hmmm. Rasanya bikin Kamu kangen dengan kota Purwakarta.

Bukankah makanan khas Purwakarta ini sangat enak-enak untuk dinikmati? Untuk itu, jika Kamu datang ke Purwakarta jangan lupa untuk mampir dan cicipi berbagai macam makanan yang sudah disebutkan di atas.

Reply