Mengenal 4 Makanan Khas Purbalingga yang Paling Enak dan Bisa untuk Oleh-Oleh

Sroto Kriyik Purbalingga

image via https://i.ytimg.com

Apakah Kamu sedang bingung untuk menentukan destinasi untuk wisata liburan di akhir pekan? Tidak ada salahnya jika Kamu mencoba berwisata kuliner.

Wisata kuliner sangatlah menyenangkan. Bagaimana tidak? Ketika Kamu menikmati aneka rasa yang baru yang istimewa tentunya akan memberikan pengalaman rasa yang berbeda.

Selain memiliki pengalaman yang seru, berwisata kuliner akan membuat Kamu kenyang. Salah satu destinasi wisata kuliner yang patut Kamu coba adalah makanan khas Purbalingga.

Purbalingga yang dikenal sebagai kota Perwira ini selain memiliki tempat wisata yang menarik juga kaya akan makanan khas yang menggoda selera lho.

Makanan Khas Purbalingga

Beberapa makanan tersebut bahkan bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh . Penasaran apa saja makanan Khas dari kota Purbalingga tersebut.

Yuk simak ulasannya berikut ini!

1. Sroto Kriyik

Makanan khas pertama dari kota kelahiran pahlwan djendral Soedirman ini adalah sroto kriyik. Sroto sebenarnya hampir sama dengan soto.

Namun untuk di Purbalingga sendiri memiliki cara penyajian yang berbeda dengan soto-soto di daerah lainnya.

Sroto Kriyik khas Purbalingga ini juga memiliki aneka bumbu yang istimewa yang menjadikan makanan ini wajib untuk dinikmati.

Sroto ini memiliki rasa gurih pedas agak manis. Karena disajikan dengan sambal kacang istimewa.

Selain itu juga disajikan bersama remasan krupuk biar kriyik-kriyik atau kriuk-kriuk serta ditaburi dengan suwiran daging yang menggoda.

Selain itu, dinamakan sroto kriyik dan yang membuatnya berbeda dengan sroto yang lainnya adalah adanya gorengan tulang lunak.

Jadi sisa tulang yang sudah disuwiri dagingnya tersebut, dimanfaatkan untuk bahan tambahan sroto tersebut.

Bagian tulang lunaknya digoreng hingga garing. Dan disajikan bersama sroto tadi. Dari suara yang ditimbulkan kempriyik atau dalam bahasa Indonesia kriuk, garing, makanan ini dinamakan Sroto Kriyik.

Salah satu kedai sroto kriyik yang sudah melegenda berada di desa bojong Purbalingga. Warung sroto disini tidak pernah sepi pelanggan.

Selain itu harganya juga sangat terjangkau. Untuk satu mangkuk sroto kriyik dihargai sebesar Rp. 10.000,00 saja. Murah bukan?

Jadi tunggu apalagi? coba sekarang juga karena tidak akan membuat kantong Kamu jebol.

2. Mendoan

Salah satu makanan khas yang wajib Kamu coba saat berkunjung ke Purbalingga adalah tempe mendoannya.

Tidak ke Purbalingga namanya jika Anda tidak mencicipi tempe Mendoan ini. Bahkan makanan yang satu ini merupakan makanan yang paling populer di Purbalingga.

Berbeda dengan mendoan pada umumnya, mendoan Purbalingga memiliki ukuran yang tidak lazim.

Tempenya memiliki tempe khusus yang dibuat untuk mendoan. Yaitu tempe dengan ukuran besar, dan sangat tipis. Tidak semua wilayah terdapat tempe tersebut.

Sementara untuk rasa dan bumbunya sebenarnya hampir sama. Hanya saja karena ukuran tempenya yang sangat tipis membuat mendoan Purbalingga terasa lebih crispy dan enak.

Sangat disayangkan jika Kamu melewatkannya begitu saja. Apalagi harganya sangat murah, yaitu hanya mulai Rp.1000 rupiah saja.

Tempe mendoan ini akan lebih nikmat jika disantap dalam keadaan hangat.

3. Sate Blater

Siapa sih yang tidak mengenal makanan yang satu ini? Sebagai warga Purbalingga makanan sate Bleter sudah menjadi makanan wajib setiap harinya.

Di setiap sudut kota Purbalingga bisa menemukan dengan mudah sate Blater ini.

Meskipun sepintas sate ini terlihat sama seperti sate ayam yang lainnya akan tetapi sate ini memiliki rasa yang khas dan berbeda.

Dinamakan sate Bleter karena sate ini berasal dari sebuah wilayah yang disebut Desa Blater yang tepatnya berada di Kecamatan Kalimanah, Purbalingga.

Jika sate ayam pada umumnya dibakar setelah sebelumnya daging sudah dimasak setengah matang, sate ini dibakar dari keadaan daging yang masih mentah tanpa ada proses perebusan terlebih dahulu.

Sate ini hanya direndam dengan bumbu terlebih dahulu agar bumbu meresap kemudianĀ  dibakar, sambil sesekali dilumuri bumbu.

Rasa yang tercipta dari proses pengolahan yang berbeda menghasilkan cita rasa yang istimewa. Sate ini bisa Anda jadikan sebagai oleh-oleh khas Purbalingga.

Pasalnya tidak seperti sate pada umumnya, sate ini mampu bertahan hingga 3 hari. Menarik bukan?

Salah satu warung sate yang cukup terkenal di wilayah Purbalingga ini adalah berada di jalan Mayjend Sungkono, Purbalingga.

Di sepanjang jalan ini berbaris para penjual sateĀ  Blater ini. Anda bisa mencobanya dan dijamin bakal ketagihan! Harga satu porsi sate blater biasanya hanya dibandrol dengan harga sekitar Rp. 12.000,00.

4. Ondol, Jajanan Khas Purbalingga

Nah jika Kamu ingin jajanan yang hemat, murah dan memiliki rasa yang lezat maka tidak ada salahnya jika Kamu mencoba Ondol atau condol.

Ondol atau condol ini merupakan salah satu jajanan khas dari kota Purbalingga. Biasanya di jual di pinggiran jalan terutama di dekat sekolahan.

Pasalnya makanan yang satu ini cukup disenangi oleh anak kecil.

Ondol ini terbuat dari bahan utama singkong. Singkong tersebut diparut atau dijadikan tepung yang kemudian diolah menjadi ondol dengan bentuk bulat-bulat.

Setelah menjadi bentuk yang bulat-bulat seukuran kelereng kemudian digoreng dan diberi taburan bumbu istimewa.

Selain rasanya yang juara, ondol ini juga cukup mengenyangkan lho. Bisa digunakan sebagai alternatif pengganjal perut yang lapar.

Udah gitu, harganya juga sangat hemat. Kamu bisa membelinya dengan harga mulai dari 2000 rupiah. Menarik bukan?

Nah itulah beberapa makanan khas Purbalingga yang bisa Kamu cicipi saat berkunjung ke sini. Selain beberapa makanan di atas, masih banyak lagi makanan enak lainnya yang bisa Kamu temukan di kota Purbalingga ini.

Jadi tunggu apalagi? Yuk segera di coba! Dan nikmati rasa istimewa yang belum pernah Kamu rasa!

Reply