7 Makanan Khas Probolinggo dengan Cita Rasa yang Khas dan Wajib Kamu Coba

Soto Kraksaan Probolinggo

image via https://yukpigi.com

Berkunjung ke wahana wisata Probolinggo tidak lengkap rasanya jika tidak mencoba makanan khas Probolinggo yang enak dan lezat.

Selain populer karena suguhan dunia wisatanya yang menarik, Probolinggo juga terkenal dengan kuliner khasnya yang sayang untuk Kamu lewatkan.

Tersedia makanan khas mulai dari cemilan ringan hingga makanan berat yang mengenyangkan. Sehingga saat Kamu berwisata ke sini wajib banget nih untuk sekalian mencicipi kuliner khasnya.

Makanan Khas Probolinggo

Nah, berikut ini rekomendasi makanan khas Probolinggo yang paling terkenal dan harus Kamu coba. Simak selengkapnya ya!

1. Soto Kraksaan

Menu yang pertama dikenal dengan nama Soto Kraksaan. Soto Kraksaan ini sebenarnya hampir mirip dengan olahan soto pada umumnya, yang membedakan adalah kuah sotonya yang menggunakan santan.

Selain itu, yang menjadikan rasa yang khas untuk soto ini adalah ayamnya yang berasal dari ayam jantan. Ayam jantan ini dimasak menggunakan santan dengan ditambahkan serbuk kelapa yang telah disangrai.

Yang membuat soto ini semakin khas adalah tambahan irisan kentang yang telah dikukus dan juga kerupuk udang.

Di Probolinggo sendiri ada beberapa tempat yang menjual menu Soto Kraksaan ini salah satunya yaitu di arah utara Masjid Agung Ar Raudlah.

2. Kepiting Olok

Makanan khas Probolinggo yang kedua ada olahan kepiting juga nih. Bagi Kamu pecinta seafood pasti bakalan suka banget dengan makanan khas Probolinggo yang satu ini, namanya adalah Kepiting Olok.

Dinamakan Kepiting Olok karena kepiting yang digunakan untuk membuat menu yang satu ini adalah kepiting yang masih muda.

Untuk cara penyajiannya sendiri, kepiting mula-mula dicuci bersih kemudian dikukus terlebih dahulu untuk dipisahkan dari cangkangnya.

Bukan hanya menggunakan bahan dasar kepiting saja, untuk memasak menu yang satu ini juga ditambahkan beberapa bahan lain seperti udang dan bumbu lain yang dimasukan ke dalam cangkang agar rasanya semakin meresap dan menyatu.

Dengan beberapa bumbu tadi, sajian Kepiting Olok ini akan menghasilkan rasa yang gurih, manis, dan teksturnya yang lembut karena menggunakan kepiting yang umurnya masih muda.

Kamu pasti akan sangat lahap saat menyantap makanan khas Probolinggo yang satu ini. Apalagi Kamu yang memang pecinta seafood, bakalan ketagihan pokoknya.

3. Ketan Kratok

Makanan khas Probolinggo yang selanjutnya bernama Ketan Kratok. Kira-kira bahan yang digunakan untuk membuat makanan Ketan Kratok ini apa ya? Ada yang sudah tahu?

Ketan Kratok dibuat dengan bahan dasar kacang koto. Di Purbalingga biasanya kratok ini dimasak dengan sayur lodeh dan juga dicampur dengan ketan.

Untuk penyajiannya sendiri, Ketan Kratok disajikan dengan taburan parutan kelapa dan juga pemanis alaminya berupa gula merah yang telah dicairkan.

Dan jadilah menu makanan Ketan Kratok yang lezat, gurih, asin manis semuanya menyatu sempurna. Bagaimana? Bikin semakin ngiler saja kan?

4. Nasi Glepungan

Membicarakan kuliner lezat khas Probolinggo memang tidak ada habisnya, menu yang keempat ini bernama Nasi Glepungan atau Nasi Campur.

Dalam setiap satu porsi Nasi Glepungan ini Kamu akan mendapatkan banyak sekali menu lainnya seperti ikan asin, tempe, tahu penyet, lalapan dan juga sambal yang mantap abis.

Nasi glengan sendiri merupakan nasi yang dicampur dengan sari-sari jagung. Semua menu tersebut disajikan dengan satu piring.

Coba bayangkan bagaimana rasanya disuguhi nasi khas dengan lauk-pauk yang lengkap di sampingnya? Apa gak bikin ngiler nih? Udah gak sabar kan ya ingin cepat-cepat menyantapnya?

5. Anggur Prabu Bestari

Bukan hanya olahan makanannya saja yang khas, Probolinggo juga mempunyai buah khas yang hanya  Kamu nikmati saat ke Probolinggo, yaitu Anggur Prabu Bestari.

Bahkan Anggur Prabu Bestari ini menjadi salah satu ikon Kota probolinggo. Pembudidayaan Anggur Prabu Bestari ini berada di jalan Mastrip, Desa Wonoasih, Kabupaten Probolinggo dan sudah berlangsung selama 80 dekade. Cukup lama juga ya?

Anggur Prabu Bestari ini juga memiliki beragam jenisnya, dan biasanya dijadikan minuman jus buah oleh warga sekitar.

Gimana ya rasanya jus buah Anggur Prabu Bestari yang diminum dalam keadaan siang hari yang panas? Hanya ada dua kata, seger banget yak an?

Makanya kalau mau mencicipi kesegaran jus buah Anggur Prabu Bestari, jangan lupa mampir ke Probolinggo.

6. Nasi Jagung Merpati

Saat Kamu mendengar nama makanan khas Probolinggo yang satu ini kira-kira apa yang terlintas dalam benakmu?

Nasi Jagung Merpati, nama yang unik ya dan bikin Kamu penasaran pasti! Nasi Jagung Merpati ini menjadi salah satu menu andalan Probolinggo yang wajib Kamu coba saat berkunjung ke sana.

Nasi jagung merpati ini biasanya disajikan bersama beberapa lauk. Cocok banget buat Kamu yang sedang dalam program diet dengan menyantap Nasi Jagung Merpati khas Probolinggo ini.

7. Nasi Campur Nyak Nyong

Berikutnya ada Nasi Campur Nyak Nyong yang juga sayang banget untuk dilewatkan. Namanya lucu dan unik ya? Menu ini menjadi salah satu makanan khas Probolinggo yang paling populer karena rasanya yang lezat dan khas.

Selain dikenal dengan sebutan Nasi Campur Nyang Nyong, ada juga yang menyebutnya dengan nama Nasi Campur Klenteng.

Adapun beberapa campuran yang akan Kamu temukan saat menyantap Nasi Campur Nyak Nyong ini di antaranya empal, mie, serundeng, dendeng yang kemudian disiram dengan air santan yang kental.

Soal rasa tidak perlu diragukan lagi, sudah pasti sangat lezat dan gurih. Harga untuk setiap porsinya sangat terjangkau sekali yaitu dijual dengan harga 12.500 saja per porsi.

Bagaimana? Menggugah selera sekali ya beberapa makanan khas Probolinggo di atas? Membuat semakin tidak sabar saja untuk segera menyantapnya.

Kamu masih pikir panjang untuk berwisata kuliner ke Probolinggo? Berwisata kuliner wajib banget mencoba olahan makanan khas Probolinggo ini.

Reply