6 Makanan Khas Ponorogo yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan Saat Berada di Ponorogo

Sate Ponorogo

image via http://seiaserasa.com

Membicarakan makanan khas Ponorogo memang tidak ada habisnya. Ponorogo yang terkenal dengan keseian reognya juga terkenal dengan jajanan dan makanan khas Ponorogo yang lezat dan wajib Kamu coba?

Berkunjung ke sana. Apa saja sih kuliner lezat khas Ponorogo yang bisa Kamu coba?

Makanan Khas Ponorogo

Daripada penasaran terlalu lama, langsung saja simak yuk berikut 6 makanan khas Ponorogo yang lezat dan menggugah selera.

1. Sate Ayam Khas Ponorogo

Salah satu makanan khas Ponorogo yang paling terkenal adalah satenya. Bukan Cuma Madura saja yang memiliki kuliner sate khasnya,

Ponorogo juga mempunyai sate dengan rasa yang khas dan tidak kalah lezatnya dengan sate Madura.

Hanya saja, hal yang membedakan sate Madura dengan sate Ponorogo adalah potongannya yang tidak dibuat dadu tetapi disayat panjang-panjang seperti fillet.

Selain rasanya semakin meresap, potongan daging ayam dengan bentuk seperti ini juga membuat lemak atau gajih yang ada dalam daging dapat disisihkan.

Untuk menciptakan rasa yang semakin lezat, daging ayam ini juga direndam dengan menggunakan kecap dan minyak sayur sebelum dipanggang.

Pantas saja aromanya benar-benar wangi saat dipanggang dan membuat semakin tidak sabar untuk segera mencicipinya.

Berbeda dengan peralatan panggang pada umumnya, sate ayam Ponorogo dipanggang dengan menggunakan Anglo.

Hayo, siapa yang sudah tahu apa itu Anglo? Anglo merupakan perapian panggang yang terbuat dari tanah liat dengan bentuk memanjang.

Setelah dibakar matang baru deh diberi bumbu kacang. Soal rasanya jangan diragukan lagi, sudah pasti sangat enak dan lezat.

Dagingnya yang empuk, rasa yang menyatu dan aroma panggangnya yang khas dan wangi. Akan semakin enak saat dimakan dalam kondisi masih hangat dengan lontong ataupun ketupat.

2. Pecel Ponorogo

Mendengar nama makanan pecel memang sudah tidak asing lagi ya di telinga, dimana-mana Kamu bisa menemukan makanan pecel sayur.

Tapi, sudahkah Kamu mencoba pecel khas Ponorogo? Pecel khas Ponorogo juga akrab dikenal dengan sebutan pecel Tumbuk.

Rasanya pun sangat khas dan berbeda dengan rasa pecel pada umumnya.

Yang membuat pecel Ponorogo berbeda dengan pecel yang biasa Kamu temui di lain tempat adalah bumbu sambal kacangnya yang lebih kental dan pedas.

Isian sayurnya juga lebih lengkap, mulai dari sayuran-sayuran hijau, lamtoro, taoge, sampai buah mentimun.

Dalam menikmati kuliner pecel khas Ponorogo biasanya disajikan bersama kacang pedas dan juga tumisan.

Kamu juga bisa memilih tambahan lauk yang disediakan seperti tempe goreng, piya-piya atau bakwan dan berbagai pilihan gorengan lainnya.

3. Rujak Petis Welirang

Makanan khas Ponorogo yang selanjutnya adalah rujak pecel Welirang. Wajib banget Kamu coba bagi pecinta rujak.

Rujak khas Ponorogo ini memiliki citarasa yang berbeda dengan rujak pada umumnya. Rasanya cenderung lebih gurih karena adanya bumbu petis yang dibaur dengan sambal.

Rasanya mirip dengan rujak cingur Surabaya. Hanya saja, rujak petis welirang tidak menggunakan cingur dan kaki kambing.

4. Sego Tahu

Kuliner khas Ponorogo yang selanjutnya dikenal dengan nama sego tahu. Makanan ini terdiri dari nasi putih atau dapat diganti dengan lontong dan disajikan dengan tahu berbumbu.

Tahu ini adalah tahu putih yang dikopyok dengan telur ayam separuh matang kemudian dipotong-potong dan disajikan taburan bawang goreng, seledri, kacang goreng, dan juga kecap manis.

Bagi Kamu yang suka pedas, dapat juga ditambahkan sambal sesuai selera. Rasa sego tahu Ponorogo ini perpaduan gurih dan manis yang dihasilkan dari rasa tahu dan kecapnya.

Ditambah dengan sambal yang pedas, tentunya menyantap kuliner khas Ponorogo yang satu ini akan sangat mantap dan lezat.

5. Gethuk Golan

Selanjutnya ada gethuk Golan khas Ponorogo yang wajib Kamu coba saat berkunjung ke Kota Ponorogo.

Jajanan khas Ponorogo ini hanya bisa Kamu temui di sini, makanya sayang banget kan kalau sudah jauh-jauh main ke Ponorogo tapi tidak mencicipi makanan khas yang satu ini.

Rasa gethuk ini sangat khas dan berbeda dengan rasa gethuk yang biasa Kamu temui.

Jika biasanya gethuk di buat dari bahan dasar singkong yang dikukus lalu ditumbuk dengan perpaduan gula merah, berbeda dengan gethuk golan ini yang cara penyajiannya dibarengi dengan ketan hitam, gula merah yang sudah dicairkan dan parutan kelapa.

Namun untuk bisa mencicipi gethuk golan ini Kamu harus berkunjung ke Desa Golan yang ada di Ponorogo.

Jaraknya sekitar 8 km dari pusat Ponorogo kota. Rasanya yang khas ini ditawarkan dengan harga dua ribu sampai tiga ribu saja. Gimana? Tertarik mencobanya? Ayo main ke Desa Golan Ponorogo!

6. Es Dawet Jabung

Bukan makanan yang mengenyangkan saja yang boleh Kamu coba, minuman khas yang menyegarkan juga tidak boleh ketinggalan ya.

Salah satunya adalah es dawet jabung ini, yang isinya sangat bervariasi mulai dari cendol, bubur ketan, gempol atau ketan, dan nangka yang kemudian diguyur dengan santan dan gula merah yang telah dicairkan.

Jika kebanyakan es dawet menggunakan cendol dengan warna hijau, es dawet jabung ini cendolnya berwarna putih. Cendol ini dibuat menggunakan tepung beras dan tidak memakai bahan pewarna.

Es dawet jabung disajikan menggunakan mangkuk kecil dan pas buat porsimu. Tenggorokanmu dijamin akan merasa segar seketika ketika minum es dawet jabung khas Ponorogo ini.

Menarik sekali bukan beberapa makanan khas Ponorogo ini? Makin tidak sabar aja ya pingin berkunjung ke sana dan mencicipi makanan khasnya.

Daripada penasaran terlalu lama dengan rasanya yang khas dan enak, mending cepet-cepet nih mengagendakan waktu liburan atau waktu senggangmu untuk berwisata kuliner ke Ponorogo.

Reply