9 Makanan Khas Pemalang dengan Cita Rasa Unik

Advertisement
Pecak Belut Pemalang

image via travelingyuk.com

Wisata kuliner menjadi salah satu wisata yang tidak boleh Kamu lewatkan saat mengunjungi suatu daerah.

Di Indonesia sendiri terdapat beberapa daerah yang menjadi tujuan wisata kuliner bagi para wisatawan, salah satunya adalah Pemalang.

Kota yang berada di Provinsi Jawa Tengah ini ternyata menyimpan berbagai macam potensi wisata yang dimilikinya. Salah satunya adalah wisata kuliner.

Ada banyak makanan khas Pemalang yang wajib untuk Kamu coba.

Makanan Khas Pemalang

Berbagai macam makanan khas tersebut dibuat dengan menggunakan rempah-rempah pilihan yang membuatnya memiliki cita rasa berbeda jika dibandingkan dengan beberapa daerah lainnya.

Bagi Kamu yang penasaran dengan berbagai macam kuliner dari Pemalang ini, berikut  beberapa daftar makanan khas Pemalang yang wajib untuk Kamu coba.

1. Pecak Belut

Kuliner pertama yang wajib Kamu coba adalah pecak belut. Sesuai dengan namanya, makanan satu ini disajikan dengan olahan belut di dalamnya.

Belut yang kaya akan gizi tersaji dengan berbagai macam bumbu yang membuatnya tampak lebih lezat.

Tak hanya itu, kuliner ini juga disajikan dalam cobek dengan dilapisi daun pisang. Bagi Kamu yang ingin mencoba menu makanan satu ini, Kamu bisa mencobanya dengan sepiring nasi hangat.

Nah, pastikan bahwa Kamu tidak melewatkan kuliner tersebut saat mengunjungi Kabupaten Pemalang.

2. Ogel-Ogel

Ogel-ogel adalah camilan ringan dengan rasa yang manis dan gurih. Tentu, camilan dari Pemalang tersebut sangat cocok sebagai teman saat bersantai.

Ogel-ogel terbuat dari tepung ketan yang dicampur dengan berbagai  bahan lainnya seperti garam, gula, keju dan masih banyak yang lainnya.

Tak heran, jika camilan tradisional satu ini memiliki rasa yang gurih. Untuk bisa mendapatkan camilan enak tersebut, Kamu bisa membelinya di beberapa toko oleh-oleh yang ada di Pemalang.

3. Kepiting Lemburi

Bagi Kamu pecinta seafood, kepiting lemburi menjadi salah satu menu yang wajib untuk dicoba. Kepiting akan dimasak sampai dagingnya empuk dan lunak.

Makanan yang satu ini sangat cocok disajikan dengan menggunakan nasi hangat.

Bagi Kamu yang ingin mencoba kepiting lemburi, Kamu bisa menemukan kuliner tersebut di sekitar jalan pantura.

Jangan lupa untuk mengajak teman atau kerabat saat akan mencoba menu makanan dari Pemalang satu ini.

4. Sate Loso

Sate merupakan salah satu makanan yang bisa Kamu temukan dengan mudah hampir di seluruh wilayah.

Bahkan, beberapa daerah memiliki kuliner sate dengan cita rasa yang berbeda, salah satunya adalah Kabupaten Pemalang. Sate yang ada di daerah ini disebut dengan sate loso.

Advertisement

Cukup berbeda dengan beberapa jenis sate yang ada di daerah lain, sate dari Pemalang ini menggunakan daging kerbau.

Namun, tak sedikit juga yang menyajikannya dengan menggunakan daging sapi.

Yang membuat rasa dari sate loso berbeda dengan lainnya adalah cara pengolahan daging kerbau atau sapi yang akan digunakan.

Sebelum di bakar, daging kerbau atau sapi tersebut akan dibacem terlebih dahulu. Baru setelahnya daging tersebut dibakar di atas bara api.

Untuk penyajiannya sendiri, sate loso disajikan bersama dengan sup yang berisi tauge, tulang muda serta urat. Agar rasanya tambah nikmat, ditambahkan pula sambal kacang.

5. Lontong Dekem

Ada banyak makanan khas Pemalang lainnya yang wajib untuk Kamu coba.

Selain beberapa menu yang sudah disebutkan di atas, menu lainnya yang wajib untuk dicoba dan sayang untuk Kamu lewatkan adalah Lontong Dekem.

Menu satu ini disajikan bersama sate dekem. Untuk satenya sendiri Kamu bisa memilih menggunakan daging ataupun jeroan.

Lontong dekem akan disiram dengan menggunakan kuah gurih yang ditaburi dengan menggunakan kerupuk di atasnya.

6. Bakso Balungan

Bagi Kamu para pecinta bakso, bakso balungan dari Kabupaten Pemalang menjadi kuliner lainnya yang wajib untuk dicoba.

Seperti bakso pada umumnya, bakso balungan ini dibuat dari daging sapi yang disiram dengan menggunakan kuah bakso.

Namun, yang membedakan bakso tersebut dengan bakso pada umumnya ialah adanya tambahan balungan sapi yang ikut disajikan.

Tak heran, jika kuliner satu ini menjadi kuliner yang cukup terkenal di Pemalang.

7. Grombyang

Ada banyak kuliner asal Pemalang yang tak bisa Kamu temukan di beberapa daerah lainnya. Salah satunya adalah Grombyang.

Grombyang menjadi salah satu makanan khas Pemalang yang sangat terkenal di antara para pecinta kuliner. Grombyang berisi daging sapi dan daging kerbau yang sudah dimasak empuk.

Makanan yang satu ini juga disiram dengan menggunakan kuah manis serta taburan daun bawang di atasnya.

Tak lupa, grombyang juga dicampur dengan nasi di dalamnya. Meski sekilas tampak seperti rawon, namun kuliner tersebut memiliki rasa yang berbeda.

8. Tahu Pletok

Makanan khas Pemalang selanjutnya yang sayang untuk Kamu lewatkan adalah tahu pletok. Kuliner tersebut terbuat dari tahu yang dibelah dan digoreng sampai kering.

Agar semakin nikmat, tahu pletok disajikan dengan kecap pedas ataupun lalapan Lombok. Jajanan dari Pemalang ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai cemilan.

9. Kamir

Masih ada jajanan lainnya yang bisa Kamu coba. Kamir merupakan jajanan yang bisa Kamu temukan dengan mudah di Pemalang.

Meski kuliner satu ini merupakan jajanan yang berasal dari Arab, namun kamir yang ada di Pemalang memiliki cita rasa tersendiri.

Kamir sendiri berasal dari kata “Khamir” yang berarti ragi. Jajanan tersebut terbuat dari tepung terigu dan tepung beras yang dicampur dengan mentega, telur atau bisa juga dicampur dengan menggunakan tape.

Saat Kamu mengunjungi Pemalang, kamir menjadi jajanan yang wajib untuk dicoba.

Advertisement

Demikian 9 makanan khas Pemalang yang tidak bisa Kamu temukan di daerah lainnya. Bagi Kamu yang tertarik mencoba berbagai macam kuliner tersebut, jangan lupa untuk memasukkan Kabupaten Pemalang ke dalam daftar liburan Kamu.

Advertisement

Reply