7 Makanan Khas Pekalongan yang Wajib untuk Dicoba

Tauto Pekalongan

image via dream.co.id

Pekalongan menjadi salah satu daerah yang tidak hanya kaya akan potensi destinasi wisata alamnya saja. Wisata kuliner yang ada di Kota Pekalongan pun tidak kalah dengan beberapa daerah lainnya.

Ini terbukti dengan adanya berbagai macam menu makanan khas Pekalongan yang mampu memanjakan lidah para pecinta kuliner.

Bagi Kamu yang sedang berkunjung di Kota Pekalongan, pastinya sayang untuk melewatkan beberapa menu makanan khas Pekalongan yang unik dan tidak biasa.

Berbagai macam menu tersebut disajikan dengan cita rasa tersendiri dan cukup berbeda dengan beberapa daerah lainnya. Tak ayal, jika makanan khas kota ini selalu dirindukan oleh para pecinta kuliner.

Makanan Khas Pekalongan

Nah, bagi Kamu yang belum pernah mencoba makanan khas Pekalongan yang kaya akan rempah dengan cita rasa yang lezat.

Berikut ada beberapa makanan khas dari Kota Pekalongan yang wajib untuk Kamu coba.

1. Tauto Pekalongan

Soto menjadi salah satu kuliner yang bisa Kamu temukan di beberapa daerah. Salah satunya, Kamu bisa menemukan soto khas Pekalongan yang disebut dengan tauto ini.

Makanan tersebut memiliki cita rasa yang tidak bisa Kamu temukan di beberapa tempat lainnya.

Dimana, tauto yang mirip dengan sop daging dengan kuah kental tersebut dibuat dengan racikan bumbu tauco.

Tauco ini sendiri adalah penyedap makanan yang berbentuk saus dan berbahan dasar kedelai yang kemudian dibusukkan hingga mengental dan memberikan aroma yang sangat khas.

Tauto Pekalongan ini biasanya disajikan dengan mie so’on, daging dan juga jeroan. Tak jarang juga makanan tersebut disajikan dengan menggunakan nasi sebagai pendampingnya.

Menu makanan tersebut paling lezat disantap saat makan siang bersama minuman es yang segar.

2. Nasi Megono

Makanan khas lainnya dari Kota Pekalongan ialah nasi megono. Tidak seperti nasi megono yang berasal dari Kabupaten Wonosobo, nasi megono dari Kota Pekalongan ini terbuat dari irisan nangka muda.

Agar rasanya semakin lezat, makanan tersebut juga dipadukan dengan bumbu sambal kelapa.

Dengan bumbu rempah-rempahnya yang sangat khas membuat makanan satu ini memiliki rasa yang gurih dan pedas.

Hal itulah yang membuat nasi megono dari Kota Pekalongan ini sangat direkomendasikan untuk Kamu nikmati.

3. Garang Asem

Garang asem merupakan makanan seperti sup yang dibuat dengan berbagai macam bumbu rempah pilihan. Sebagai bahan utamanya, garam asem menggunakan daging sapi.

Sekilas, makanan khas Pekalongan tersebut sama seperti rawon dari Solo. Hal ini karena di dalam garang asem terdapat kluwek yang sangat khas.

Akan tetapi, garang asem yang berasal dari Kota Pekalongan berbeda dengan beberapa garang asem yang ada di daerah lainnya, terutama Jogja.

Dimana, jika beberapa daerah lain menyajikan garam asem dalam bentuk pepes dan ditambah dengan bumbu santan, di Pekalongan makanan ini disajikan dengan kuah yang gurih serta memiliki rasa yang nikmat.

Biasanya, masyarakat Pekalongan menyantap menu makanan tersebut bersama dengan nasi megono. Membayangkannya saja sudah tampak sangat nikmat bukan?

Jadi, jangan sampai lewatkan makanan khas satu ini saat mengunjungi Kota Pekalongan.

4. Mie So

Mie So adalah makanan khas Pekalongan lainnya yang disajikan dengan menggunakan mie kuning.

Ditambah kulit melinjo, keripik tempe yang diremuk, kerupuk pasir (usek), dengkil sapi, dan disiram dengan menggunakan kuah bakso yang segar serta taburan daun bawang di atasnya.

Mungkin, bagi Kamu yang belum pernah mencobanya menganggap bahwa Mi So sama seperti bakso pada umumnya.

Namun, setelah Kamu merasakannya, makanan khas yang satu ini memiliki rasa berbeda.

Hal ini juga yang membuat Mi So masuk dalam daftar makanan yang wajib untuk Kamu coba saat berada di Kota Pekalongan.

5. Kluban Bothok

Kluban dalam bahasa Indonesia berarti sayuran. makanan khas Pekalongan yang satu ini biasanya disajikan dengan Bothok Bongkrek.

Meski sekilas mirip dengan makanan khas dari Purwokerto yang menggunakan urap kelapa parut sebagai bumbunya, namun tentu rasa dari masakan tersebut sangatlah berbeda.

Kluban bothok berisi kol, kacang panjang, kangkung, sayur bayam dan tauge. Selain memiliki rasa yang lezat, makanan tersebut juga kaya akan gizi karena berbagai macam campuran sayuran di dalamnya.

Nah, jika Kamu tertarik untuk mencoba makanan tersebut, jangan lupa untuk memasukkan kluban bothok dalam daftar menu makanan yang harus Kamu coba.

6. Pindang Tetel

Pindang tetel adalah makanan khas dari Kota Pekalongan yang hampir mirip dengan soto. Akan tetapi, bumbu kuah dari pindang tetel ini sendiri terbuat dari buah pucung yang sudah matang.

Hal tersebutlah yang membuat pindang tetel memiliki rasa berbeda jika dibandingkan dengan soto pada umumnya.

Isi dari pindang tetel ini sendiri adalah tetelan daging yang disajikan dengan bumbu kluwak.

Tak hanya itu, untuk menciptakan rasa makanan yang tidak biasa, pindang tetel juga dilengkapi dengan menggunakan bumbu lainnya seperti merica, ketumbar, cabai merah, kecap, garam, terasi, bawang putih dan bawang merah.

7. Kopi Tahlil

Yang terakhir ada kopi tahlil. Sekilas, minuman satu ini tampak sama seperti kopi pada umumnya.

Namun, kopi tahlil yang berasal dari Kota Pekalongan merupakan kopi yang diseduh dengan berbagai macam rempah-rempah seperti kapulaga, jahe, kayu manis, cengkeh, pala, serai dan pandan.

Rasanya yang sangat khas tersebut bisa membuat tubuh Kamu menjadi lebih hangat. Nah, agar lebih nikmat Kamu bisa menikmatinya bersama dengan ketan.

Nah, di atas merupakan 7 makanan khas Pekalongan yang wajib untuk Kamu coba.

Diperkaya dengan bumbu rempah-rempah yang khas, membuat berbagai macam makanan dari Pekalongan tersebut memiliki cita rasa yang khas.

Reply