7 Makanan Khas Pati yang Wajib Kamu Nikmati

Petis Kambing Runting

image via travelingyuk.com

Pati merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang kaya akan wisata kuliner dan banyak memikat para wisatawan dari berbagai daerah.

Berbagai macam kuliner yang disuguhkan memiliki cita rasa lezat serta sesuai dengan lidah masyarakat. Tak ayal, jika banyak pengunjung yang selalu ingin kembali ke Pati hanya untuk menikmati beragam makanan khas Pati.

Beragam kuliner khas Pati dibuat dengan menggunakan berbagai macam rempah dan bahan pilihan sehingga membuatnya terasa lebih lezat.

Makanan Khas Pati

Bagi Kamu yang belum pernah mencoba beragam kuliner dari Pati, di bawah ini ada beberapa daftar makanan khas Pati yang wajib untuk Kamu coba.

1. Empek-Empek Pati

Sebagian besar orang mengenal empek-empek sebagai makanan khas Palembang. Namun, siapa sangka jika kuliner yang satu ini juga bisa Kamu temukan di Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Bahkan, empek-empek Pati menjadi salah satu kuliner yang banyak dicari oleh para wisatawan.

Berbeda dengan empek-empek Palembang, empek-empek Pati ini terdiri atas berbagai macam gorengan.

Mulai dari tempe, cakwe, lumpia, bakwan dan masih banyak yang lainnya. Sementara itu, empek-empek Palembang sendiri terbuat dari ikan tenggiri.

Nah, campuran dari berbagai macam gorengan tersebut akan disiram dengan menggunakan kuah bumbu kacang, acar serta potongan cabe.

Jika Kamu ingin mencicipi kuliner lezat yang satu ini, Kamu bisa datang langsung ke sebelah timur Pasar Rogowangsan, tepatnya berada di pojok pertigaan Pecinan.

Anda juga dapat menjumpa empek-empek Pati yang sangat khas di Alun-Alun Simpang Lima Pati. Harga dari empek-empek ini pun sangat murah meriah. Jajanan tersebut hanya dijual sekitar Rp 6.000.

2. Soto Kemiri

Soto memang menjadi salah satu kuliner yang banyak ditemukan di beberapa daerah. Soto yang ada di setiap daerah tersebut pastinya memiliki rasa dan keunikan tersendiri.

Salah satunya yakni soto asal Pati yang lebih dikenal dengan Soto Kemiri.

Soto ayam tersebut ternyata memiliki rasa yang berbeda jika dibandingkan dengan beberapa jenis soto pada umumnya.

Soto kemiri disajikan dalam mangkuk yang berukuran kecil. Bahkan, ayam yang digunakan dalam soto tersebut pun ayam yang berukuran kecil yang diolah dengan menggunakan bumbu kuning.

Ciri khas dari makanan khas Pati yang satu ini adalah kuahnya lebih encer dengan aroma kemiri yang kuat. Tak heran jika soto kemiri disukai oleh banyak orang.

3. Nasi Gandul

Makanan khas Pati lainnya yang wajib untuk dicoba adalah nasi gandul. Nasi gandul berisi nasi dengan tambahan jeroan, daging ataupun lidah sapi yang menjadi bahan utama dari kuliner khas satu ini.

Nasi gandul yang satu ini akan semakin nikmat jika Kamu menyantapnya dengan telur bacem, tempe goreng ataupun perkedel.

Tak hanya itu, nasi tersebut juga disajikan di atas daun pisang yang membuatnya menjadi sangat khas. Nasi khas ini juga cocok untuk sayuran dengan kuah santan.

4. Sego Tewel

Sego tewel juga menjadi makanan khas Pati yang banyak dicari. Kuliner yang berasal dari daerah Tambakromo ini ternyata menjadi salah satu kuliner yang banyak dicari.

Sego tewel adalah nasi yang dicampur dengan sayur nangka muda. Dibuat dengan menggunakan bumbu khas, menjadikan sego tewel ini memiliki cita rasa yang sangat khas.

Selain itu, penyajian dari sego tewel juga cukup unik. Sego tewel akan disajikan di atas piring yang dilapisi dengan menggunakan daun jati.

Hal tersebut bertujuan agar nasi satu ini bisa menghasilkan aroma yang khas.

Jadi, bagi Kamu yang ingin mencoba kuliner khas tersebut, jangan lupa untuk mampir ke Tambakromo. Sego tewel dijual dengan harga yang bersahabat di kantong.

5. Petis Kambing Runting

Bagi Kamu pecinta daging kambing, kuliner satu ini wajib untuk dicoba. Kuliner yang berasal dari Desa Runting tersebut hampir mirip dengan gulai kambing.

Namun, yang membedakannya ialah, petis kambing runting menggunakan kuah yang lebih kental serta gelap. Ini karena kuahnya dicampur dengan menggunakan tepung beras.

Tak heran juga jika kuah dari petis kambing runting memiliki rasa yang gurih.

6. Mangut Kepala Ikan Pari dan Mangut Kepala Ikan Manyung

Di Pati, kedua kuliner tersebut biasa disebut dengan Mangut Ndas Manyung.

Hidangan dengan cita rasa pedas tersebut ternyata banyak dinikmati oleh para wisatawan terutama bagi mereka yang suka dengan kuliner pedas.

Makanan yang disajikan dengan kuah bersantan tersebut sangat cocok dinikmati saat masih panas.

Jika Kamu tertarik untuk mencicipi kuliner pedas Mangut Ndas Manyung ini, Kamu bisa datang langsung ke Warung Pak Bodong yang berada di Jalan Pati-Rembang km 17, Desa Raci, Kecamatan Batangan.

Warung tersebut dibuka mulai pukul 7 pagi hingga 10 malam.

7. Opor Saudah

Meski tampak seperti opor ayam biasa pada umumnya, akan tetapi kuliner tersebut bukanlah kuliner yang biasa.

Opor ayam Ibu Saudah adalah opor ayam yang istimewa karena menggunakan potongan daging ayam yang lebih besar.

Makanan khas Pati satu ini juga disandingkan dengan beberapa lauk pauk seperti sayur tewel, tahu, tempe goreng dan sambal.

Rasa dari kuliner yang dihidangkan pun sangat gurih. Bahkan, bumbu rempah yang digunakan pun sangat kuat. Tak heran, jika opor ayam Ibu Saudah banyak dicari.

Opor ayam ini bisa Kamu temukan tak jauh dari Polsek Gunungwungkal. Dengan harga Rp 10.000 per porsinya Kamu bisa menikmati kuliner tersebut sampai kenyang.

Di atas adalah tujuh makanan khas Pati yang harus Kamu coba saat datang ke kota satu ini.

Cita rasa dari setiap makanan khas tersebut tentu tidak akan Kamu temukan di beberapa daerah lainnya.

Reply