7 Makanan Khas Pasuruan yang Wajib Kamu Coba

Kupang Kraton Pasuruan

image via https://putratravel.net

Selain kaya akan budaya, Nusantara juga kaya akan kuliner khas dari berbagai daerah yang lezat dan menggoda, salah satunya Kota Pasuruan ini.

Pasuruan memiliki banyak sekali kuliner khas yang lezat dan membuat ketagihan.

Bagi Kamu yang suka wisata kuliner, wajib banget untuk mencoba makanan khas Pasuruan dengan rasa yang unik dan pastinya siap menggoyang lidah.

Makanan Khas Pasuruan

Nah, supaya Kamu tidak salah sasaran memilih kuliner Pasuruan kalau kapan-kapan berkunjung ke Pasuruan.

Berikut informasi mengenai makanan khas Pasuruan yang paling banyak digemari dan wajib banget Kamu coba saat berwisata kuliner ke sana.

1. Kupang Kraton

Pasuruan memang cukup terkenal dengan kulinernya dengan rasa yang khas dan lezat. Mulai dari makanan berat seperti ketupat, soto hingga cemilan dan makanan khas lainnya tersedia di sini.

Salah satu kuliner khas Pasuruan yang wajib banget Kamu coba ketika berkunjung ke sana adalah Kupang Kraton.

Kupang Kraton merupakan makanan yang terbuat dari kerang yang kemudian dicampur dengan bumbu bawang putih, jeruk nipis, petis, lontong dan juga irisan lento.

Ada juga yang diberi tambahan cabe rawit dan sate kerang sebagai pelengkapnya.

Sebagai minuman penyegarnya, biasanya ditutup dengan segelas es degan hijau yang dingin dan menyegarkan. Untuk bisa mencicipi makanan khas Pasuruan ini Kamu bisa mencarinya di sepanjang Jalan Ir.

Juanda dan Pasar Kraton Pasuruan. Dijamin mencicipi kuliner khas Pasuruan yang satu ini akan menggoyang lidah dan membuatmu ketagihan untuk mencobanya lagi di lain waktu.

2. Rawon Sate Komoh

Buat Kamu pecinta makanan yang terbuat dari daging, pas banget untuk mencoba makanan lezat yang satu ini. Pasuruan memiliki makanan khas yang dikenal dengan nama Rawon Komoh.

Rawon Komoh terbuat dari olahan daging yang dicampur dengan bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, jeruk purut, daun jeruk, sereh laos, dan juga sedikit jinten.

Untuk merasakan sensasi kelezatan yang maksimal, sebaiknya Kamu menyantapnya dalam kondisi masih hangat.

Olahan dagingnya yang dimasak dengan lembut serta perpaduan bumbu yang meresap, dan pas menciptakan rasa yang begitu menggugah selera.

3. Nasi Punel

Makanan khas Pasuruan yang ketiga ini dikenal dengan nama nasi punel. Nasi punel merupakan nasi yang disajikan dengan berbagai campuran lauk pauk.

Di antaranya tahu, tempe, sambal kacang panjang, ayam bumbu bali, sayur nangka muda, pepes kelapa yang terbungkus dalam daun pisang dan berbagai macam gorengan seperti gorengan usus, paru, babat, hingga gorengan daging sapi.

Tekstur nasinya sendiri berbeda dengan nasi pada umumnya, nasi punel dimasak dengan setengah lembek agar kelezatan rasanya saat disantap dengan berbagai lauk pauk yang super lengkap ini semakin sempurna.

Untuk cita rasanya sendiri, nasi punel memiliki rasa khas yang lumayan pedas karena karena bumbu rempahnya yang kuat dan semakin wangi dengan taburan serundeng di atasnya.

Coba Kamu bayangkan saja, sedikit nasi dimakan dengan lauk pauk yang sangat bervariasi seperti ini ditambah sambal yang pedas pasti membuatmu tidak ingin diganggu saat menyantapnya.

Kamu  bisa menemukan makanan khas Pasuruan ini di berbagai warung makan yang ada di Bangil, Pasuruan.

4. Botok Tempe

Botok tempe merupakan kuliner khas Pasuruan yang paling mudah ditemukan. Sesuai dengan namanya, botok tempe menggunakan tempe sebagai olahan dasarnya.

Yaitu tempe yang telah dibumbui khusus kemudian dibungkus menggunakan daun pisang dan dikukus hingga matang.

Aromanya akan sangat lezat saat tersaji dalam keadaan yang masih hangat.

Di Pasuruan sendiri, tempe botok ini disediakan dengan varian rasa yang berbeda seperti tempe botok teri lamtoro, tempe botok kerang, tempe botok sembukan hingga tempe botok daun singkong.

Semua variasi tempe botok ini perlu Kamu coba semuanya ya saat bermain ke Pasuruan supaya tahu pilihan tempe botok dengan varian rasa apa yang paling favorit menurutmu.

5. Kepiting Cak Gundul

Kuliner khas Pasuruan yang tidak boleh Kamu lewatkan selanjutnya adalah kepiting Cak Gundul. Kamu dapat dengan mudah menemukannya karena lokasinya yang strategis yaitu berada di jalur utama Pasuruan.

Untuk satu porsi kepiting Cak Gundul yang lezat ini ditawarkan dengan harga 30 ribu rupiah saja per onsnya.

Di kedai ini, selain menyantap kepiting Cak Gundul ini juga disediakan beberapa kuliner lezat lainnya seperti ikan, cumi-cumi dan sebagainya.

6. Soto Gondrong

Namanya yang unik kian memancing perhatian para pecinta kuliner Nusantara, apalagi kalau bukan Soto Gondrong khas Pasuruan.

Selain rasanya yang khas dan enak, Kamu juga akan sangat nyaman menikmati kuliner khas Pasuruan yang satu ini karena lokasi penjualannya yang berada di sebuah taman kecil yang indah.

Cocok dinikmati bersama keluarga dan partner wisata kulinermu sambil berduduk santai menikmati keindahan taman mini yang sejuk dan menawan.

Soto Gondrong ini terbuat dengan bumbu rempah-rempah khusus yang menciptakan rasa lezat dan khas.

Kamu juga bisa menikmati beberapa lauk lainnya seperti telur, temped an beragam gorengan. Soto Gondrong dijual dengan harga Rp 2.500 per porsi.

7. Cenil Pasuruan

Cenil merupakan makanan tradisional yang terbuat dari olahan tepung tapioka dengan bentuk yang bulat kecil dengan diberi tambahan pewarna makanan agar terlihat semakin menarik.

Cara memasaknya dengan merebusnya ke dalam air mendidih hingga matang. Cenil ini disajikan dengan taburan kelapa parut di atasnya.

Bagaimana? Menggoda bukan beberapa pilihan makanan khas Pasuruan ini? Semakin tidak sabar ya ingin segera mencicipinya?

Beberapa makanan khas Pasuruan di atas wajib Kamu coba saat berkunjung ke Pasuruan. Nikmati momen liburanmu ke Pasuruan dan nikmati juga wisata kuliner khasnya yang lezat dan membuat ketagihan.

Reply