Pilihan Makanan Khas Pandeglang Paling Lezat dan Menggiurkan

Leumeung Pandeglang

image via idntimes.com

Pandeglang masuk dalam salah satu wilayah Banten. Daerah ini menjadi salah satu wilayah yang paling padat di Banten dan menjadi salah satu destinasi wisata alternative yang sangat menyenangkan.

Di daerah ini terdapat beberapa tempat wisata yang unik, terutama wisata alam yang tentu akan menghadirkan kesejukan bagi siapa saja yang datang ke sana.

Selain itu, wilayah Pandeglang juga terkenal dengan budayanya. Ya, ada cukup banyak upacara dan acara-acara tradisi berbau budaya yang diselenggarakan di tempat ini.

Inilah salah satu daya tarik tersendiri dan mengapa Pandeglang sering dijadikan spot liburan alternatif.

Hal menarik lain dari Pandeglang yang tentu saja tidak bisa dipandang sebelah mata adalah sajian kuliner yang ada.

Terdapat cukup banyak makanan khas Pandeglang yang tentu saja sangat menarik untuk dicoba saat Kamu berada di lokasi ini.

Pilihan kuliner khas Pandeglang ini akan memanjakan Kamu sebagai pemburu sajian kuliner nusantara.

Rekomendasi Kuliner Khas Pandeglang yang Menggugah Selera

Sebagaimana disinggung di awal bahwa ada cukup banyak makanan khas Pandeglang yang tersaji dan bisa Kamu pilih sebagai referensi buruan kuliner.

Tentu, setiap sajian kuliner Pandeglang menawarkan cita rasa yang kaya dan akan membuat Kamu merasa puas setelah mencobanya.

Nah, adapun beberapa rekomendasi terkait makanan khas Pandeglang yang wajib Kamu coba adalah sebagai berikut.

1. Leumeung

Pernahkah Kamu mendengar salah satu makanan khas Pandeglang yang satu ini? Leumeung adalah makanan yang sudah menjadi legenda di kawasan Pandeglang dan menjadi buruan dari masyarakat sekitar.

Nah, makanan khas ini dibuat dengan bahan dasar beras ketan yang dicampur dengan kelapa kental.

Adonan beras ketan dengan santan tersebut kemudian akan dibungkus dengan daun pisang dan dimasukkan ke dalam bilah bambu.

Selanjutnya, bilah bambu tersebut dibakar pada perapian. Proses pembakaran ini cukup lama hingga bisa dipastikan adonan yang dimasukkan ke dalam bilah bambu tadi matang dengan sempurna.

Jika dilihat sekilas, mungkin Leumeung mirip dengan lontong. Namun, proses pembuatan makanan ini cukup unik dan rasa Leumeung cenderung lebih gurih daripada lontong biasa.

2. Lepet

Sajian kuliner khas Pandeglang berikutnya adalah lepet. Lepet memang biasa ditemukan di daerah Sunda.

Namun, Pandeglang adalah salah satu daerah yang memproduksi lepet dalam jumlah yang lebih dan masyarakatnya cenderung lebih familiar dengan lepet dibandingkan dengan daerah lainnya.

Nah, lepet sendiri merupakan jajanan pasar yang sebenarnya mirip dengan nasi.

Hanya saja, lepet dibuat dengan menggunakan bahan beras ketan yang kemudian dicampur dengan santan dan dibalut dengan daun kelapa muda.

Adonan tersebut yang sudah dibungkus kemudian dikukus hingga matang. Secara sekilas, hidangan ini mirip dengan ketupat. Namun, lepet cenderung lebih lembut dan lebih gurih jika dibandingkan dengan ketupat.

3. Gipang

Gipang masuk dalam salah satu makanan khas Pandeglang yang sangat cocok untuk Kamu coba. Kebanyakan awam memang belum mengerti apa makanan khas yang satu ini.

Ya, hal ini dikarenakan gipang adalah makanan tradisional yang kini mulai tersisih dengan adanya beragam makanan yang baru.

Perlu diketahui, gipang adalah makanan ringan yang dibuat dari ketan dan campuran air gula.

Panganan ini adalah makanan ringan yang dulunya banyak dijadikan oleh-oleh para pengunjung yang datang ke Banten, khususnya ke Pandeglang.

Jika dilihat dari bentuk dan teksturnya, gipang masuk dalam kategori kue. Selain itu, campuran bahan yang digunakan membuat gipang memiliki rasa yang cenderung manis.

Sekarang ini, cukup banyak industri makanan yang mulai memproduksi ulang gipang dengan menambah beberapa variasi rasa yang berbeda.

4. Kue Cucur

Pergi ke Pandeglang tentu tidak lengkap tanpa mencoba kue cucur. Ya, kue cucur adalah salah satu makanan khas yang menarik untuk dicoba dan banyak menjadi pilihan masyarakat.

Namun, ada perbedaan pemahaman mengenai asal kue ini, yaitu dari Betawi atau dari Banten.

Namun, terlepas dari perbedaan tersebut, Kamu bisa menemukan kue cucur ini di Pandeglang dengan cukup mudah.

Secara sekilas, kue cucur memiliki bentuk mirip dengan serabi yang tipis dan tampak tebal di bagian tengah. Hanya saja, kue cucur memiliki tampilan yang lebih sederhana dengan warna cokelat hasil gula aren.

Karena bahan yang digunakan, rasa kue cucur cenderung lebih manis daripada serabi. Nah, kue ini sering dijadikan camilan, terutama saat jam santai di sore hari.

5. Kue Jojorong

Makanan khas Pandeglang lain yang berbentuk kue dan cocok untuk Kamu coba adalah kue Jojorong. Pernahkah mendengar nama panganan khas yang satu ini?

Nah, kue Jojorong merupakan salah satu kue basah yang sangat terkenal di daerah ini dengan bentuk yang mungil dan rasa kue yang gurih serta cenderung lembut.

Di daerah Pandeglang, kue Jojorong adalah panganan yang sangat mudah ditemukan, terutama di beberapa pasar tradisional yang ada.

Dalam pembuatannya, kue ini menggunakan bahan baku tepung beras, tepung kanji dan gula merah. Beberapa bahan tersebut dicampur dan diolah sedemikian rupa dan kemudian dibungkus dengan daun pisang.

Campuran bahan yang digunakan menghasilkan rasa kue Jojorong yang sangat gurih dan manis. Biasanya, kue ini menjadi salah satu camilan yang dihidangkan di rumah saat sore hari dan sangat disukai oleh anak-anak.

Nah, demikian beberapa pilihan makanan khas Pandeglang yang cocok untuk Kamu coba saat berkunjung ke tempat ini.

Tentu, dengan adanya banyak kuliner khas ini, waktu berkunjung ke Pandeglang akan menjadi lebih menyenangkan dan Kamu pasti akan terkesan!

Reply