Pilihan Makanan Khas Pamekasan yang Bikin Kamu Ketagihan

Kaldu Kokot Pamekasan

image via http://junantoherdiawan.com

Pamekasan menjadi salah satu alternatif destinasi wisata yang ada di Jawa Timur.

Meskipun tidak se-terkenal Malang ataupun Surabaya sebagai sebuah destinasi wisata pilihan, namun tetap saja ada hal menarik yang bisa Kamu temukan di Pamekasan.

Ya, ada cukup banyak destinasi wisata yang sangat menarik untuk dinikmati saat liburan tiba.

Namun, selain destinasi wisata yang menarik di Pamekasan, Kamu bisa juga menikmati sajian kuliner yang ada di sana.

Ya, Pamekasan adalah salah satu daerah yang menawarkan beragam makanan khas yang sangat menarik untuk dicoba. Jika Kamu merupakan penggemar sajian kuliner, maka Pamekasan akan menjadi tempat yang sangat menarik.

Nah, pada kesempatan ini kita akan membahas beberapa hal terkait makanan khas dari Pamekasan yang bisa Kamu coba. Penasaran? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

Makanan Khas Pamekasan Lezat dan Menggugah Selera

Sebagaimana disinggung di awal bahwa ada cukup banyak makanan khas yang tersedia di Pamekasan dan bisa menjadi pilihan untuk disantap.

Ciri khas dari makanan khas Pamekasan adalah adanya penggunaan rempah yang lengkap sehingga rasa makanan menjadi lebih kental dan tentu saja lebih nikmat.

Adapun beberapa makanan khas yang tersedia di Pamekasan yang bisa Kamu masukkan list untuk dicoba saat berkunjung ke sana adalah sebagai berikut.

1. Kaldu Kokot

Kaldu Kokot adalah salah satu makanan khas yang bisa Kamu dapatkan saat berkunjung ke daerah ini. Makanan khas yang satu ini sebenarnya merupakan sop kikil dan sop kaki sapi.

Ini adalah salah satu makanan yang sangat menggugah selera, terutama untuk Kamu yang suka dengan sajian sop yang memiliki banyak kuah.

Namun, sop ini memiliki rasa yang berbeda pada rasanya dibandingkan dengan sop biasanya.

Ya, pada menu kaldu kokot ini, rasa kaldu lebih terasa dan secara umum, kuah sajian ini cenderung memiliki rasa seperti gulai atau rawon.

Dalam penyajiannya, kaldu kokot ini dihidangkan bersama nasi atau potongan lengkap untuk menambah cita rasa yang ditawarkan.

Sebagai pelengkap, ada perkedel ubi, kerupuk serta kacang mete yang juga ditambahkan. Terbayang bagaimana lezatnya sajian yang satu ini?

2. Sate Lalat

Menu khas Pamekasan selanjutnya yang bisa Kamu coba saat main ke daerah ini adalah sate lalat. Menyimak namanya, mungkin Kamu akan kehilangan selera makan.

Ya, hal ini dikarenakan bayangan Kamu pasti akan langsung menghadirkan bentuk lalat yang disusun menjadi sebuah sate dan dipanggang di bara api.

Namun, jangan salah sangka. Sajian khas Pamekasan ini tidak dibuat dengan bahan dasar daging lalat. Apa yang membuat sajian ini mendapatkan nama sate lalat adalah bentuknya yang kecil.

Ya, sate ini dibuat dengan menggunakan daging ayam dan juga jeroan. Hanya saja, ukurannya lebih kecil daripada sat pada umumnya.

Nah, meskipun berukuran kecil, namun sajian khas Pamekasan ini sangat diburu dan dinikmati oleh berbagai kalangan masyarakat.

Untuk penyajiannya, sate ini akan ditambahkan dengan kuah kacang kental yang membuat cita rasa sate menjadi lebih nikmat.

3. Rujak Tajin

Rujak tajin menjadi sajian khas Pamekasan selanjutnya yang bisa Kamu jadikan referensi kuliner untuk dicoba.

Ini adalah salah satu sajian rujak yang sangat menarik untuk dicoba dengan rasa pedas yang khas dan tentu saja menyegarkan. Nah, apa yang menarik dari menu khas Pamekasan adalah bahan yang digunakan.

Dalam menu ini, Kamu akan mendapati beberapa bahan yang digunakan seperti ikan tuna khas Madura, petis, kacang sangrai, sayuran, mentimun dan juga cingur sapi.

Ya, rujak tajin memang pada dasarnya mirip dengan rujak cingur.

4. Nase’ Jhajan

Nase’ jhajan adalah salah satu sajian khas Pamekasan yang juga sangat menarik untuk dicoba.

Ini adalah makanan asli Madura yang tentu saja sangat digemari masyarakat sekitar dan pengunjung yang berasal dari luar daerah.

Pokoknya, tidak lengkap rasanya berkunjung ke daerah ini tanpa mencicipi Nase’ jhajan.

Nama dari sajian ini memang cukup susah diucapkan dan unik karena memang berasal dari bahasa Madura. Lalu, apa sebenarnya menu makanan yang satu ini?

Nah, Nase’ jhajan adalah kuliner nasi yang dihidangkan dengan bungkusan daun pisang.

Nasi ini dicampur dengan beragam lauk yang berbeda, seperti telur kuah petis, serundeng, daging dan lainnya.

Setelah itu, nasi kemudian ditambahkan dengan sambal pedas ala Madura yang sangat nikmat. Biasanya, menu ini akan terasa lebih nikmat jika dinikmati menggunakan tangan.

5. Campor Lorjuk

Campor lorjuk adalah salah satu sajian khas yang juga bisa Kamu dapatkan di Pamekasan dengan cukup mudah.

Ini adalah salah satu makanan khas yang sangat diburu oleh masyarakat sekitar dan para wisatawan yang datang ke Madura, terutama bagi mereka yang suka dengan olahan laut.

Seperti namanya, campor lorjuk dibuat dengan bahan dasar lorjuk itu sendiri. Tahukah Kamu apa itu lorjuk?

Ya, lorjuk adalah sejenis kerang laut yang jumlahnya cukup banyak dan bisa ditemukan dengan mudah di tepi pesisir pantai di Madura.

Bentuknya panjang seperti bambu, sehingga sering disebut dengan kerang bambu.

Hidangan campor lorjuk ini secara sekilas mirip dengan soto. Dalam menu ini, digunakan beberapa bahan lainnya, seperti mi, lontong, kacang, kecambah goreng, rempeyek dan diberikan kuah campor lorjuk yang begitu gurih.

Demikian beberapa rekomendasi terkait makanan khas Pamekasan yang bisa Kamu dapatkan dengan mudah.

Makanan khas ini tentu saja akan membuat liburan atau kunjungan Kamu ke Pamekasan bersama keluarga menjadi lebih menyenangkan. Selamat mencoba!

Reply