Beragam Makanan Khas Pacitan yang Membuat Kamu Selalu Rindu

Tahu Tuna Pacitan

image via travelingyuk.com

Pacitan adalah salah satu daerah di Jawa Timur yang menjadi sasaran liburan. Ya, daerah ini memang memiliki bentang alam yang sangat indah dan objek wisata yang sangat menarik.

Banyaknya gugus pantai yang asri dengan pasir putih yang luas serta aneka tempat wisata lain membuat Pacitan masuk dalam salah satu tujuan terbaik untuk liburan.

Selain menawarkan bentang alam dan aneka destinasi wisata yang sangat menarik, Pacitan juga memiliki cukup banyak makanan khas yang tak kalah menariknya.

Ya, jika Kamu berlibur ke Pacitan atau sekadar berkunjung, Kamu akan menemukan cukup banyak makanan khas yang dijual dengan rasa rempah yang begitu khas.

Makanan-makanan khas yang ada di Pacitan, dengan rasanya yang spesial, tentu akan membuat Kamu selalu rindu untuk menyantap sajian tersebut.

Nah, penasaran dengan apa saja makanan khas Pacitan yang sangat menarik untuk dinikmati? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

Rekomendasi Makanan Khas Pacitan yang Lezat

Sebagaimana disinggung di awal, ada cukup banyak makanan khas Pacitan yang tersedia dengan rasa yang sangat lezat dan menggugah selera.

Adanya banyak sajian khas ini tentu akan memanjakan, terutama untuk Kamu yang memang suka berwisata kuliner dan mencoba aneka makanan yang berbeda.

Adapun beberapa makanan khas di Pacitan yang cocok untuk Kamu santap saat berkunjung ke daerah ini adalah sebagai berikut

1. Soto Pacitan

Suka dengan menu soto? Nah, Pacitan memiliki menu soto yang sangat istimewa dan pasti akan memanjakan lidah Kamu. Apa yang menarik dari soto Pacitan adalah bahan yang digunakan.

Dibanding dengan soto lainnya, ada beberapa bahan yang berbeda yang digunakan untuk membuat sajian makanan khas yang satu ini.

Nah, dalam isiannya, soto Pacitan ini menggunakan potongan ayam suwir dan ditambahkan dengan kuah yang relatif bening.

Selain itu, apa yang menarik dari soto ini adalah tambahan telur rebus di atasnya. Juga, soto ini ditambahkan dengan bawang goreng, kacang goreng dan kecambah kecil di atasnya.

Bagaimana dengan rasanya? Nah, soto Pacitan ini memiliki rasa yang sangat lezat dan segar. Menu soto ini cocok untuk menu sarapan atau menu makan siang Kamu saat berada di Pacitan.

2. Sego Godhong Jati

Menu khas lain di Pacitan yang cocok untuk Kamu coba adalah sego godhong jati. Ini adalah salah satu menu istimewa yang memiliki rasa sangat khas dan tentu saja nikmat.

Seperti namanya, apa yang menarik dari makanan ini adalah cara penyajiannya. Untuk penyajiannya, makanan khas ini menggunakan bungkus dengan bahan daun jati.

Penggunaan daun jati ini adalah hal yang menarik dan sudah cukup susah untuk ditemukan. Dengan dibungkus menggunakan daun jati, ada kesederhanaan yang tergambar dari menu ini.

Selain itu, bungkus daun jati juga akan membuat makanan terasa lebih nikmat dan menggugah selera.

Nah, lalu apa isi dari menu khas ini? Menu sego godhong jati biasanya memiliki isi berupa urap, tumis tempe, rempeyek ikan teri, ikan asin dan nasi.

Sangat sederhana, bukan? Namun, Kamu tidak boleh meremehkan rasa menu khas ini!

3. Tahu Tuna

Ingin mencari camilan yang khas untuk keluarga, terutama anak-anak? Nah, Pacitan memiliki tahu tuna yang bisa Kamu pilih.

Seperti namanya, camilan ini dibuat dengan dua bahan yang berbeda, yaitu tahu dan tuna. Tentu, Kamu sudah sangat familiar dengan tahu bukan?

Tahu tuna ini menjadi ikon kuliner di Pacitan yang sangat diburu oleh wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan luar daerah. Nah, tahu yang diisi gilingan ikan tuna ini memiliki rasa yang gurih dan sangat lezat.

Selain itu, yang lebih penting dari sajian ini adalah kandungan gizi yang banyak. Tahu memiliki protein yang cukup tinggi dan ikan tuna memiliki kandungan gizi yang bisa menunjang perkembangan kecerdasan anak.

4. Punten

Makanan khas Pacitan lain yang menarik untuk dicoba adalah punten. Ya, nama makanan ini adalah salah makanan khas dengan nama yang unik namun menawarkan rasa yang begitu lezat dan menggugah selera.

Di Pacitan, punten menjadi salah satu sajian yang cukup terkenal dan banyak diburu. Sebenarnya, punten adalah bahan makanan yang dibuat dengan beras dan santan yang ditumbuk hingga halus.

Tumbukan beras ini kemudian disajikan dengan bentuk kotak-kotak dan memiliki tekstur mirip dengan lontong namun cenderung lebih halus.

Nah, masyarakat di Pacitan sering mengkonsumsi punten ini secara langsung karena rasanya yang gurih. Namun, ada juga yang menggunakan punten sebagai bahan pelengkap pada menu pecel.

Kamu bisa menemukan penjual pecel dengan tambahan punten ini di Pacitan dengan cukup mudah, terutama di pasar tradisional.

5. Kupat Tahu

Makanan khas Pacitan lainnya yang cocok untuk Kamu coba saat Kamu berkunjung ke daerah ini adalah kupat tahu.

Ini adalah salah satu sajian khas dengan harga terjangkau yang menawarkan rasa pedas manis yang sangat menggugah selera.

Seperti namanya, bahan utama pembuatan menu khas ini adalah kupat dan tahu.

Kedua bahan ini kemudian dicampur dengan beberapa bahan lainnya seperti lontong, kecambah, kol dan juga irisan daun seledri.

Setelah itu, bahan tadi ditambahkan kuah bumbu kecap pedas yang menyegarkan. Menu ini sangat mudah ditemukan di pasar tradisional Pacitan.

Demikian beberapa jenis makanan khas Pacitan yang bisa menjadi menu idaman saat Kamu berkunjung ke daerah ini. Dengan menikmati sajian khas ala Pacitan, tentu saja liburan atau kunjungan Kamu bersama keluarga akan terasa semakin menyenangkan.

Reply