Ragam Sajian Makanan Khas Ngawi yang Lezatnya Menempel di Hati

Lethok Ngawi

image via https://memoringawitempodulu.wordpress.com

Ngawi adalah salah satu daerah di Jawa Timur yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Daerah ini terkenal sebagai salah satu destinasi wisata yang menyenangkan, terutama untuk Kamu yang suka dengan wisata alam.

Ya, ada cukup banyak kawasan hutan alam di Ngawi yang akan membuat liburan Kamu menjadi lebih sejuk dan tentu saja berwarna.

Di samping memiliki banyak destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi, ternyata Ngawi juga memiliki aneka makanan khas yang tidak kalah menyenangkannya untuk dicoba.

Jika Kamu adalah penggemar kuliner, maka Ngawi adalah tempat yang cocok untuk Kamu kunjungi. Ada cukup banyak makanan khas Ngawi tersedia dengan cita rasa yang lezat.

Makanan khas yang ada di Ngawi terkenal dengan bumbu rempahnya yang begitu kaya.

Penggunaan bumbu rempah ini akan menghasilkan makanan dengan rasa yang cenderung lebih kuat dan pekat sehingga sangat menggiurkan untuk dicoba.

Rekomendasi Makanan Khas Ngawi untuk Dicoba

Disinggung di awal, ada cukup banyak jenis makanan khas Ngawi yang bisa Kamu temukan dalam kunjungan ke daerah ini.

Adanya banyak makanan khas tersebut tentu saja akan membuat Kamu lebih leluasa untuk memilih mana makanan khas yang cocok untuk dicoba selama liburan.

Nah, dilansir dari beberapa sumber, ada cukup banyak rekomendasi makanan khas yang bisa dicoba di Ngawi. Adapun beberapa rekomendasi dari makanan khas tersebut adalah sebagai berikut.

1. Lethok

Lethok adalah salah satu makanan khas yang bisa Kamu coba saat Kamu berkunjung ke daerah ini. Nah, apakah Kamu sudah mendengar nama makanan yang satu ini sebelumnya?

Nama makanan ini seringkali juga disebut dengan nama sambal tumpang. Ini adalah makanan khas dengan bumbu rempah yang cukup lengkap.

Bahan utama dari lethok adalah tempe yang hampir membusuk. Ini adalah tempe yang sudah lama dibuat dan dibiarkan beberapa hari untuk proses fermentasi natural.

Selain bahan dasar tempe ini, ada beberapa bumbu yang digunakan seperti daun jeruk, kencur dan lainnya yang membuat aroma lethok sangat menggugah selera.

Nah, sajian ini memiliki rasa yang cenderung pedas namun tetap menyegarkan. Di Ngawi, Kamu bisa menemukan sajian ini di beberapa pasar tradisional dengan harga yang sangat terjangkau.

2. Tepo Tahu

Makanan khas Ngawi lain yang bisa Kamu coba adalah tepo tahu. Ini adalah salah satu makanan yang sangat menarik untuk Kamu cicipi jika sedang berkunjung ke Ngawi.

Apa yang menarik dari makanan ini adalah keseluruhan komposisinya. Ya, menu ini dibuat dengan tahu dan telur sebagai pelengkap.

Bahan utama tepo tahu tentu saja tepo-nya tersebut. Nah, tepo adalah bahan yang mirip dengan lontong. Namun, dibandingkan dengan lontong, tepo cenderung lebih lembut.

Dalam penyajiannya, bahan-bahan tersebut akan ditambahkan dengan kuah yang cukup pedas dan segar. Makanan ini termasuk salah satu sajian khas di Ngawi yang cukup sederhana dan mudah dibuat.

Namun, meskipun sederhana, rasa tepo tahu sangat lezat dan makanan ini sangat diburu oleh masyarakat di Ngawi.

3. Nasi Pecel

Tentu, Kamu sudah sangat familiar dengan nasi pecel, bukan? Memang, di berbagai daerah, nasi pecel menjadi salah satu menu makanan yang cukup mudah untuk didapatkan dan disantap.

Menu makanan yang dibuat dengan bahan dasar aneka macam sayuran dan guyuran sambal kacang ini menawarkan rasa yang nikmat dan lezat.

Ya, rasa nasi pecel cenderung pedas dan kaya rempah, terutama dari bumbu kacang yang digunakan. Namun, tidak lengkap rasanya jika pergi ke Ngawi tanpa mencoba nasi pecel yang ada di tempat ini.

Ya, hal ini dikarenakan Ngawi memiliki menu nasi pecel yang khas yang membuatnya sangat digemari oleh para wisatawan.

Secara umum, nasi pecel Ngawi menggunakan sayuran yang mirip dengan menu nasi pecel daerah lain.

Namun, apa yang menarik dari nasi pecel di Ngawi adalah bumbu kacang yang tidak diulek secara halus dan masih menyisakan kacang yang masih cukup bulat sehingga akan memberikan sensasi yang berbeda.

Selain itu, nasi pecel Ngawi juga ditambahkan dengan sambal tumpang. Sambal yang dibuat dengan bahan dasar tempe busuk ini memberikan cita rasa pecel yang berbeda dari lainnya.

4. Lendre

Lendre adalah salah satu makanan khas yang bisa Kamu temukan di sini. Ini adalah makanan yang cukup menarik dengan rasa yang cenderung renyah dan tentu saja nikmat.

Nah, lendre sebenarnya masuk ke dalam jenis kue kering.

Dilihat dari bentuknya, lendre memiliki bentuk bulat memanjang. Jika dilihat sekilas, bentuk kue ini seperti kue semprong.

Di daerah ini, Kamu bisa menemukan aneka kue lendre ini dengan aneka pilihan rasa yang sangat menarik dan tentu saja menggugah selera. Terlebih, harga jajanan ini cukup terjangkau di kantong.

5. Wedang Cemue

Selain makanan, ada minuman khas yang bisa Kamu temukan di Ngawi. Nah, nama minuman khas tersebut adalah wedang cemue.

Pernahkah Kamu menemukan minuman dengan nama ini sebelumnya? Tentu, Kamu tidak akan pernah menemukan minuman dengan nama yang sama karena minuman khas ini hanya ada di Ngawi.

Memang, secara umum, wedang cemue tampak seperti wedang ronde ataupun wedang sekoteng. Namun, menu wedang ini memiliki rasa yang lebih khas dengan ampas dari bahan alami yang menyegarkan.

Nah, minuman ini cocok disantap setelah hujan atau saat cuaca dingin.

Demikian beberapa makanan dan minuman khas di Ngawi yang bisa Kamu coba. Tentu, masih ada cukup banyak makanan khas Ngawi yang bisa dicoba.

Beberapa sajian kuliner di atas bisa menjadi yang pertama untuk dicoba!

Reply