Ragam Makanan Khas Nganjuk Istimewa dan Terjamin Kenikmatannya

Nasi Becek Nganjuk

image via travelingyuk.com

Salah satu daerah di Jawa Timur yang menjadi destinasi wisata yang sangat menarik adalah Nganjuk. Ya, kota Nganjuk menjadi pilihan tepat untuk berlibur.

Kota yang mendapatkan sebutan sebagai Kota Angin ini memiliki cukup banyak tempat wisata yang indah dan alami yang tentu saja cocok untuk destinasi wisata bersama dengan keluarga.

Tidak hanya destinasi wisata yang cukup lengkap, Kamu juga bisa menemukan beragam makanan khas yang sangat menarik untuk dicicipi di Nganjuk.

Adanya banyak makanan khas Nganjuk ini tentu saja menjadi daya tarik tersendiri kenapa berwisata di Nganjuk menjadi hal yang sangat menyenangkan.

Nah, penasaran dengan apa saja makanan khas yang ada di Nganjuk dan bisa menjadi sajian kuliner menarik untuk Kamu coba? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

Rekomendasi Makanan Khas Nganjuk dengan Rasa Istimewa

Ada cukup banyak makanan khas yang tersedia di Nganjuk dan tentu saja bisa menjadi sajian kuliner yang Kamu nikmati.

Dengan sajian makanan khas yang cukup banyak, tentu saja Kamu bisa menemukan sajian kuliner yang unik dan menggugah selera di mana akan membuat liburan menjadi lebih menyenangkan.

Nah, dilansir dari beberapa sumber, adapun beberapa makanan khas yang ada di Nganjuk adalah sebagai berikut.

1. Nasi Becek

Salah satu makanan khas Nganjuk yang sangat spesial dan digemari oleh masyarakat setempat dan wisatawan yang datang adalah nasi becek.

Nama dari makanan ini memang cukup unik dan ini adalah daya tarik tersendiri dari makanan ini.

Perlu diketahui bahwa nasi becek adalah salah satu makanan khas yang sangat mirip dengan kari kambing, namun menggunakan bagian babat untuk isiannya.

Dalam menu ini, Kamu juga akan menemukan sajian nasi dengan tambahan sate kambing yang sudah dilepas dari tusuk sate.

Secara umum, sajian khas Nganjuk ini memiliki rasa yang cukup pedas dan segar. Nah, biasanya, makanan ini disajikan untuk menu makan siang ataupun makan malam.

2. Tepo Mbah Umbruk

Tepo Mbah Umbruk masuk menjadi salah satu makanan khas daerah ini yang tentu saja tidak bisa Kamu lupakan dan lewatkan saat berkunjung.

Ini adalah salah satu makanan yang bisa dikatakan sudah menjadi legenda dan sangat diburu oleh para wisatawan yang datang untuk liburan.

Nah, secara detail, sajian ini merupakan makanan dengan bentuk seperti lontong yang dibungkus menggunakan daun pisang. Uniknya, cara membungkusnya adalah dengan membentuknya menjadi kerucut.

Dalam penyajiannya, Tepo Mbah Umbruk ini disajikan dengan sayur kacang panjang yang uniknya hanya diambil bijinya saja.

Ditambah dengan beberapa bumbu khusus, Tepo Mbah Umbruk bisa menjadi salah satu makanan khas istimewa yang bisa Kamu coba di sini.

3. Dumbleg

Pernah mendengar nama makanan khas yang satu ini? Ya, secara nama, Dumbleg adalah nama makanan yang bisa dikatakan unik dan cenderung tidak familiar sama sekali.

Namun, di balik namanya yang aneh, makanan khas ini sangat digemari di Nganjuk dan menjadi salah satu makanan khas yang banyak dicari.

Makanan ini berbentuk seperti dodol. Bahan dasar pembuatan sajian khas di Nganjuk ini adalah santan kelapa, gula Jawa dan juga tepung ketan.

Namun, dalam beberapa pembuatan, tepung beras juga seringkali ditambahkan. Sebagaimana bahan pembuatannya, rasa sajian khas di Nganjuk ini cenderung manis dan legit.

Jika Kamu pergi ke Nganjuk, makanan khas ini bisa didapatkan dengan cukup mudah di toko oleh-oleh ataupun di beberapa pasar tradisional.

4. Kerupuk Upil

Makanan khas lain yang bisa Kamu temukan di Nganjuk adalah kerupuk upil. Jika dilihat dari namanya, mungkin Kamu akan merasa bahwa ini adalah makanan yang aneh.

Ya, nama dari makanan ini memang cukup aneh dan sedikit jorok. Namun, jika Kamu mengetahui rasanya, pasti Kamu akan ketagihan.

Kerupuk upil adalah salah satu jenis kerupuk yang ada di Nganjuk dan menjadi salah satu makanan khas yang sangat diburu oleh masyarakat atau wisatawan yang datang.

Rasanya yang renyah dan gurih membuat kerupuk ini cocok untuk camilan dan pelengkap menu makan siang.

Nah, selain nama yang unik, apa yang menarik dari sajian khas ini adalah cara memasaknya. Dalam hal ini, kerupuk upil tidak digoreng menggunakan minyak sebagaimana jenis kerupuk lainnya.

Namun, kerupuk ini digoreng dengan pasir sehingga rasanya lebih kering dan tentu saja tidak berminyak.

5. Nasi Tumpang

Makanan khas Nganjuk lain yang bisa Kamu jadikan pilihan favorit adalah nasi tumpang. Ini adalah salah satu jenis sajian kuliner yang sangat menarik untuk dicoba.

Nah, nasi tumpang ini merupakan pilihan kuliner khas berupa nasi yang ditambahkan dengan beberapa bahan lainnya.

Salah satu bahan yang ditambahkan dalam menu ini adalah sambal khas Nganjuk yang sangat lezat. Sambal ini terbuat dengan tempe yang sudah membusuk atau sudah mengalami proses fermentasi.

Setelah itu, tempe tadi dicampur dengan aneka bumbu rempah dan dimasak bersama dengan nasi tumpang tersebut.

Bagaimana rasanya? Nah, rasa dari sajian ini sangat lezat dan menggugah selera.

Kamu akan mendapatkan sensasi mint saat menyantap menu ini dan tentu saja rasa pedas yang berasal dari sambal yang dibuat. Menu ini cocok untuk disantap pada menu makan siang.

Nah, demikian beberapa ulasan mengenai makanan khas Nganjuk yang bisa Kamu coba. Tentu, Nganjuk memang masih memiliki cukup banyak makanan khas lain yang sangat nikmat untuk disantap.

Beberapa referensi di atas bisa menjadi rekomendasi awal untuk sajian kuliner saat berkunjung ke Nganjuk.

Reply