Ragam Makanan Khas Mojokerto Nikmat yang Disukai Wisatawan

Onde-Onde Mojokerto

image via masakandapurku.com

Mojokerto adalah salah satu kota yang cukup terkenal di Jawa Timur.

Kota yang terletak sekitar 50 kilometer di barat daya Surabaya ini menjadi salah satu kota dengan daya tarik yang menarik, terutama dengan sajian makanannya.

Ya, ada cukup banyak makanan khas Mojokerto yang cukup terkenal di Tanah Air.

Adanya banyak makanan khas yang ada di Mojokerto ini membuat para wisatawan tertarik untuk berkunjung ke tempat ini.

Tentu, menikmati sajian khas Mojokerto sambil menikmati suasana Mojokerto yang sejuk tentu akan menjadi ide yang sangat menarik untuk melepas kepenatan.

Nah, berbincang tentang makanan khas yang ada di Mojokerto, ada cukup banyak jenis makanan yang bisa Kamu bisa coba dan dapatkan dalam perjalanan wisata yang dilakukan.

Penasaran apa saja sajian khas Mojokerto yang sangat menarik dan disukai oleh wisatawan? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

Rekomendasi Makanan Khas Mojokerto

Sebagaimana disinggung di awal bahwa ada cukup banyak makanan khas di Mojokerto yang tentu saja sangat menarik untuk dicoba.

Nah, Kamu yang terbiasa berburu kuliner daerah, tentu akan dimanjakan dengan adanya banyak opsi makanan khas Mojokerto ini.

Nah, dilansir dari beberapa sumber, adapun beberapa sajian khas Mojokerto yang sangat menarik untuk dicoba adalah sebagai berikut.

1. Onde-Onde

Siapa yang tidak kenal dengan makanan khas yang satu ini? Onde-onde menjadi salah satu sajian khas Mojokerto yang sangat terkenal dan bahkan sudah banyak tersedia di berbagai daerah yang berbeda.

Onde-onde sendiri merupakan sebuah kue yang dibuat dengan bahan dasar tepung ketan yang kemudian dibentuk serupa dengan bola.

Nah, di dalam kue ini, diberikan isian berupa kacang hijau yang sebelumnya sudah dilembutkan. Untuk mempercantik tampilan kue ini, maka onde-onde diberikan tambahan biji wijen.

Rasa makanan ini sangat khas dan enak. Kamu yang suka dengan kue yang tidak terlalu manis, tentu bisa mencoba kue yang satu ini.

Nah, sajian khas Mojokerto sangat cocok untuk menemani waktu bersantai di sore hari.

2. Kerupuk Rambak

Mojokerto juga memiliki kerupuk khas yang sangat menarik untuk dicoba. Ya, kerupuk khas Mojokerto yang menjadi sajian nikmat dan digemari oleh para wisatawan yang datang adalah kerupuk rambak.

Ini adalah makanan ringan yang sangat terkenal di Mojokerto karena daerah ini termasuk salah satu pusat produksi terbesar rambak.

Apa yang menarik dari kerupuk rambak yang ada di Mojokerto adalah bahan dasarnya. Nah, kerupuk rambak ini dibuat dengan bahan dasar kulit sapi asli.

Penggunaan kulit sapi ini akan menghasilkan kerupuk rambak yang sangat renyah dan tentu saja gurih. Kerupuk rambak ini bisa disajikan sebagai camilan saat Kamu bersantai.

Selain itu, kerupuk rambak juga bisa dijadikan menu pelengkap saat menyantap makanan yang tentu akan membuat makanan menjadi lebih lezat untuk disantap.

3. Kerupuk Upil

Pernahkah Kamu mendengar sajian kerupuk yang satu ini? Ya, memang makanan satu ini sangat unik jika dilihat dari namanya.

Namun, di Mojokerto, kerupuk upil adalah salah satu panganan yang cukup terkenal dan diburu oleh wisatawan.

Apa yang menarik dan menjadi dasar kenapa kerupuk ini dinamakan dengan kerupuk upil adalah karena cara penggorengan yang dilakukan.

Biasanya, kerupuk digoreng dengan menggunakan minyak goreng. Namun, kerupuk upil ini digoreng dengan menggunakan pasir sebagai media penggorengan.

Penggunaan pasir ini membuat kerupuk upil bebas dari minyak dan bisa menjadi pilihan buat Kamu yang memang menghindari makanan yang terlalu berminyak.

Nah, di Mojokerto, Kamu bisa mendapatkan makanan khas ini di banyak toko yang berjejer.

4. Sate Keong

Makanan khas Mojokerto lain yang bisa menjadi sajian yang Kamu nikmati saat berkunjung ke kota ini adalah sate keong.

Pernahkah Kamu mendengar nama sajian yang satu ini sebelumnya? Nah, sate keong adalah salah satu sajian yang unik dan sekaligus menggugah selera.

Seperti namanya, sate keong dibuat dengan bahan dasar daging keong sawah. Dulunya, keong yang dianggap sebagai hama hanya dibuang oleh warga sekitar.

Namun, ternyata, hama sawah ini bisa dibuat menjadi sajian kuliner hal yang sangat lezat, terutama untuk Kamu yang suka dengan sajian kuliner pedas.

Nah, keong yang sudah dibersihkan akan direbus hingga matang. Setelah dibersihkan hilang dan diberikan bumbu, keong di masak lagi sampai matang.

Bumbu yang biasanya digunakan adalah bumbu pedas. Namun, di Mojokerto, Kamu juga bisa menemukan sajian sate keong dengan bumbu kacang yang unik.

5. Sambal Wader

Sambal wader adalah salah satu makanan khas Mojokerto yang menawarkan rasa begitu gurih sehingga sangat digemari oleh masyarakat dan wisatawan yang datang ke kota ini.

Ya, salah satu sajian kuliner spesial ini adalah salah satu kekayaan kuliner khas di Mojokerto.

Nah, ikan wader adalah salah satu jenis ikan laut tawar yang dibudidayakan dengan keramba kecil oleh masyarakat.

Ikan wader berukuran kecil ini akan dibersihkan dari sisik dan kotoran lalu ditambah tepung dan langsung digoreng.

Ikan wader kecil digoreng sampai kering dan ditambahkan dengan sambal yang pedas.

Karena ukurannya yang masih kecil, tentu saja tidak ada duri yang membahayakan dari wader ini. Sajian ini sangat cocok untuk menemani menu makan siang Kamu di Mojokerto.

Nah, demikian beberapa ulasan mengenai beberapa makanan khas yang ada di Mojokerto. Tentu, Mojokerto masih memiliki rekomendasi kuliner lain untuk Kamu.

Namun, beberapa makanan di atas bisa dijadikan pilihan awal, terutama untuk Kamu yang suka berburu kuliner khas daerah-daerah Tanah Air.

Reply