Wajib Coba! 10 Makanan Khas Malang Akan Bikin Kamu Kangen Malang Terus

Orem-Orem khas Malang

image via idntimes.com

Malang terkenal sebagai kota apel atau kota Batu. Kota yang memiliki banyak tempat wisata ini sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan lho.

Tidak hanya tempat wisatanya saja yang banyak, namun Malang juga memiliki banyak kuliner enak yang wajib Kamu cicipi.

Bagi Kamu yang berencana untuk liburan ke Malang, jangan sampai lupa untuk mencicipi makanan khas Malang yang dijamin bakal bikin ketagihan.

Makanan Khas Malang

Ada banyak sekali makanan khas Malang yang wajib Kamu coba dan pastinya memanjakan lidah banget.

Sudah tidak sabar ingin tahu makanan apa saja yang bisa Kamu cicipi? Yuk langsung saja simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

1. Orem-Orem

Makanan khas Malang yang pertama bisa Kamu cicipi adalah Orem-orem. Apa itu orem-orem? Orem-orem adalah sebuah makanan yang dibuat dengan menggunakan tempe dan telur asin serta ada ketupat di dalamnya.

Makanan yang satu ini memiliki rasa yang sangat enak lho. Mungkin jika dilihat secara sekilas, makanan yang satu ini tampak seperti sayur lodeh dan opor.

Namun, kuah orem-orem sendiri dibuat dengan menggunakan kaldu ayam dan santan yang sangat kental. Hal inilah yang membuat rasanya begitu nikmat.

2. Bakso Bakar

Selain orem-orem, Malang juga memiliki makanan khas lain yang disebut bakso bakar. Makanan yang satu ini adalah makanan yang paling banyak diburu oleh wisatawan.

Pada dasarnya bakso bakar sama dengan bakso lainnya.

Yang membuatnya berbeda adalah ia dibakar dengan menggunakan saus dan bumbu lain sehingga rasanya sangat lezat.

Bakso bakar khas Malang ini juga memiliki aroma yang sangat menggoda lho. Untuk itu, Kamu wajib mencicipi bakso bakar ini ketika datang ke Malang.

3. Sego Goreng Mawut

Jika Kamu mencari makanan khas Malang yang mengenyangkan, maka sego goreng mawut ini bisa dijadikan pilihan yang tepat.

Disebut dengan sego goreng mawut karena nasi goreng ini dicampur dengan mie goreng.

Oleh karenanya, tampilannya menjadi mawut. Meskipun demikian, rasa yang ditawarkan nasi goreng ini sangat enak lho.

Sama hanya dengan nasi goreng pada umumnya, sego goreng mawut ini dijadikan dengan kerupuk yang membuat rasanya semakin mantap.

4. Rawon

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan makanan khas Malang yang satu ini. ini adalah makanan yang bisa ditemukan dimana saja karena saking terkenalnya.

Rawon sendiri dibuat dengan menggunakan daging sapi dengan kuah yang hitam serta ada telur asin yang membuat rasanya unik namun tetap lezat.

Saat mencicipi kuah rawon, maka Kamu akan langsung jatuh cinta dan ingin mencicipinya lagi. yang pastinya, makanan yang satu ini akan membuat Kamu kangen dengan Malang.

5. Cwie Mie Malang

Jika dilihat secara sekilas, cwie mie Malang ini mirip dengan mie ayam. Hanya saja ayam yang disajikan pada makanan ini lebih halus dan mirip dengan abon. Untuk rasanya sendiri juga sangat unik lho.

Mie yang satu ini juga menggunakan pangsit sebagai wadahnya. Kemudian ia juga diberi selada sega yang membuat rasanya semakin lezat dan menggoda.

Penasaran dengan rasanya? Yuk langsung saja cicipi mie ini di Malang.

6. Bakso Malang

Makanan khas Malang selanjutnya yang sangat terkenal dan bisa ditemukan di banyak tempat adalah bakso Malang.

Bakso Malang sekilas hampir sama dengan bakso pada umumnya.

Namun, tahukah Anda jika rasa bakso ini sangat berbeda. Dijamin deh bakso ini lebih enak dan saat mencicipinya Kamu akan berasa berada di Malang.

Apalagi jika Kamu mencicipinya di Malang. Dijamin deh bakso ini akan bikin Kamu ketagihan.

7. Mendol

Jika dilihat dengan sekilas, mendol ini hampir mirip dengan combro. Namun, ternyata mendol ni dibuat dengan menggunakan tempe lho.

Dia dibuat dengan menggunakan bumbu seperti kunyit, bawang merah, bawang putih dan resep rahasia lainnya.

Kemudian ia dibuat bulat-bulat seperti combro. Pada saat Kamu mencicipi makanan ini dijamin deh rasanya bakal bikin Kamu ketagihan.

Apalagi jika dimakan dalam keadaan hangat. Hmm, rasanya itu lho enak banget.

8. Tahu Campur

Makanan khas Malang lainnya yang bisa Kamu coba adalah tahu campur.

Makanan yang satu ini biasanya disajikan dengan bahan lain seperti perkedel singkong, sop daging sapi, selada air, mie kuning dan juga tahu di dalamnya.

Dengan percampuran bahan makanan yang pas membuat makanan yang satu ini sangat enak. Dijamin deh Kamu bakal ketagihan saat mencicipinya. Sebab, rasanya benar-benar enak lho.

9. Angsle Malang

Jika tadi Kamu sudah tahu makanan khas Malang yang gurih-gurih. Maka kali ini kita akan membahas tentang minuman khas Malang.

Di Malang da salah satu minuman yang menyegarkan dan pastinya enak yang disebut dengan angsle.

Minuman yang satu ini mirip dengan sekoteng, hanya saja ia ditambahkan dengan petulo dan tape singkong.

Minuman yang satu ini sangat enak dijadikan makanan penutup lho. Dijamin rasanya akan membuat lidah Kamu termanjakan.

10. Es Durian Dempo

Selain angsle, Malang juga memiliki minuman lain yang disebut dengan es durian dempo. Minuman yang satu ini banyak dicari oleh wisatawan.

Menawarkan es durian yang dicampur dengan susu kental dan sirup ini membuat rasanya sangat nikmat. Minuman yang satu ini sangat cocok disantap di siang hari saat udara sedang panas.

Bukankah makanan khas Malang di atas sangat menggoda dan membuat Kamu ingin mencicipinya?

Tunggu apa lagi, jika Kamu berkunjung ke Malang jangan lupa sempatkan waktu untuk mencicipi kulinernya yang beragam. Kuliner ini akan membuat Kamu selalu ingat dengan Malang lho.

Reply