Liburan Ke Majalengka? Jangan Lupa Cicipi 8 Makanan Khas Majalengka Ini

Surabi Oncom Majalengka

image via food.detik.com

Belakangan ini Kabupaten Majalengka semakin maju dan banyak dikenal oleh masyarakat luas. Hal ini karena ada banyak sekali tempat wisata baru di Majalengka yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Selain itu, lokasi dari Majalengka yang strategis juga menjadikan kota ini disukai oleh para wisatawan yang datang berkunjung.

Selain tempat wisatanya yang menarik, di kota ini juga ada banyak sekali kuliner yang tak kalah menarik untuk cicipi.

Makanan Khas Majalengka

Ada banyak sekali makanan khas Majalengka yang akan membuat lidah Kamu menggila. Mau tahu makanan khas apa saja itu, yuk langsung saja simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

1. Surabi Oncom

Makanan khas Majalengka yang pertama untuk Kamu cicipi adalah Surabi Oncom.

Sebenarnya surabi sendiri adalah makanan yang bisa ditemukan dimana saja. namun, setiap kota memiliki ciri khas masing-masing terhadap surabinya.

Sama halnya dengan surabi Oncom yang ada di Majalengka ini, dengan topping oncom yang ada pada surabi ini membuat rasa surabi menjadi berbeda.

Selain itu, saat mencicipi surabi ini perut Kamu akan terasa langsung kenyang.

2. Durian Majalengka

Siapa sih yang tidak tahu durian, buah yang memiliki aroma dan khas ini memiliki banyak penggemar di seluruh Indonesia.

Hal ini juga berlaku untuk durian Majalengka, durian yang satu ini juga tidak kalah enak dengan durian lain yang ada di Indonesia.

Durian Majalengka ini memiliki rasa yang sangat enak, dengan buah yang tebal dan tentunya sangat manis.

Selain itu, aroma dari buah durian ini juga sangat khas dan menyengat lho. Hal inilah yang menjadikan buah durian ini sangat disukai.

3. Tutut

Untuk masyarakat Jawa barat tentunya sudah tidak asing dengan makanan yang satu ini. Tutut atau lebih dikenal dengan nama keong kecil ini menjadi salah satu makanan khas Majalengka yang memiliki rasa yang enak.

Biasanya tutut akan disajikan dengan nasi dan membuat rasanya semakin enak. Namun ada juga yang langsung mengonsumsi nya tanpa ditambah dengan nasi.

Nah, tutut ini memiliki rasa yang khas karena dibuat dengan menggunakan olahan rempah-rempah pilihan.

Meskipun demikian, tutut ini menjadi salah satu kuliner khas Majalengka yang banyak diburu oleh wisatawan lho.

4. Nasi Lengko

Makanan selanjutnya yang hanya bisa Kamu temukan di Majalengka adalah Nasi lengko. Ini adalah makanan khas Jawa barat yang biasanya dijadikan sebagai menu untuk sarapan.

Jika dilihat dari bentuknya, makanan ini berisikan sayuran yang penuh dengan serat dan karbohidrat.

Bentuknya juga sangat sederhana, namun untuk masalah rasa, nasi lengko ini sudah tidak diragukan lagi. ia memiliki rasa yang khas dan dijamin bakal bikin Kamu ketagihan saat mencicipinya.

5. Lumpia Basah

Kamu tentunya sudah tidak asing dengan yang namanya lumpia, namun pernahkah Kamu makan lumpia basah?

Lumpia basah adalah salah satu makanan khas Majalengka yang paling banyak diburu oleh wisatawan. Bahkan, lumpia ini juga sempat viral sebagai makanan khas jawa Barat yang paling banyak disukai.

Hampir sama dengan lumpia lainnya, lumpia ini diisi dengan bahan lain yang dimasukkan ke dalam kulit lumpia.

Kemudian, lumpia ini akan digoreng sampai teksturnya sangat renyah, karena rasanya yang enak ini menjadikan lumpia basah menjadi salah satu makanan yang wajib Kamu cicipi saat berada di Majalengka.

6. Pepes Jeroan

Jika biasanya pepes dibuat dengan menggunakan bahan ikan, maka pepes khas Majalengka ini dibuat dengan menggunakan bahan jeroan.

Nah, jeroan yang dipepes ini dimasak dengan sangat baik sehingga menghasilkan jeroan yang empuk dengan cita rasa yang sangat luar biasa.

Untuk cara membuat pepes ini sendiri sama dengan pepes lainnya yang dibungkus dengan menggunakan daun pisang kemudian dikukus sampai makan.

Yang membuat pepes ini berbeda adalah ia dimasak dengan bumbu yang berbeda. Meskipun dibuat dengan menggunakan jeroan, namun pepes Majalengka ini tidak kalah lho dengan pepes lainnya.

7. Seblak Basah

Seblak adalah salah satu makanan khas Jawa Barat. Nah, di Majalengka, Kamu juga bisa menemukan sebuah seblak yang disebut dengan seblak basah.

Pada dasarnya seblak ini hampir sama dengan seblak lain yang dibuat dengan menggunakan kerupuk dan bumbu lain yang khas.

Hanya saja, biasanya seblak Majalengka ini dijadikan sebagai lauk yang nantinya dimakan dengan menggunakan nasi. Seblak basah ini akan terasa sangat enak apabila baru saja selesai dimasak.

Nah, rasa yang disuguhkan dari seblak ini juga sangat luar biasa lho. Tidak heran jika banyak wisatawan yang berburu makanan ini saat berada di Majalengka.

8. Kalua Jeruk

Untuk Kamu yang bukan orang Majalengka tentunya masih asing dengan makanan yang satu ini. kalua jeruk adalah salah satu makanan khas Majalengka yang dibuat dengan menggunakan daging jeruk.

Nah, daging jeruk ini akan dicampur dengan gula kawulang atau dikenal dengan nama gula merah. Untuk makanan yang satu ini memiliki tekstur yang cukup unik, yaitu keras di luar dan juga lembut di dalam.

Untuk rasanya sendiri juga sangat manis dan biasanya sering dijadikan sebagai oleh-oleh. Nah, keunikan yang ditawarkan oleh kalua jeruk inilah yang menjadikan banyak orang ingin mencoba untuk mencicipinya.

Bukankah makanan khas Majalengka ini sangat enak dan menarik untuk dicoba?

Untuk itu, jika Kamu mampir ke Majalengka, jangan lupa untuk mampir mencicipi berbagai jenis olahan makanan khas dari kota ini.

Pasti rasanya akan sangat enak dan membuat Kamu ketagihan ingin mencobanya lagi.

Reply