7 Makanan Khas Magetan Paling Populer yang Wajib Dicicipi

Sate kelinci Magetan

image via kabupatenmagetan.com

Magetan merupakan salah satu kabupaten yang berada di provinsi Jawa Timur. Pada dasarnya, Magetan sendiri merupakan sebuah kota kecil yang mana ia masuk ekskarasiden Madiun.

Meskipun kota kecil, namun ia menawarkan sebuah kota sejuk karena lokasinya yang berada di lereng timur gunung Lawu.

Di kota ini, Kamu bisa menemukan banyak sekali makanan khas Magetan yang penuh dengan cita rasa.

Kuliner-kuliner ini juga sangat populer lho, karena itu bagi Kamu yang datang ke Magetan, wajib untuk mencicipinya.

Makanan Khas Magetan

Mau tahu kuliner Magetan apa saja yang bisa Kamu cicipi? Yuk langsung saja simak kelezatan makanan khas Magetan di bawah ini.

1. Ayam Panggang Bu Setu Gandu

Mungkin Kamu sudah biasa dengan ayam panggang, namun tentunya belum dengan ayam panggang yang satu ini. ayam panggang Bu setu Gandu ini merupakan salah satu ayam panggang yang paling populer di Magetan.

Yang membuat makanan ini sangat enak adalah karena ayam panggang ini dibuat dengan menggunakan ayam kampung asli.

Tidak hanya itu saja, ia juga disajikan dengan bumbu yang sangat spesial sehingga menciptakan sebuah rasa yang luar biasa nampol di lidah.

Karena saking populernya, bahkan banyak pejabat dan juga menteri yang datang ke Magetan untuk mencicipi makanan yang satu ini.

Bagi Kamu yang ingin mencicipinya, ayam panggang bu Setu gandu ini berada di Desa gandu, Kecamatan Karangrejo, Magetan.

2. Bakso Granat Barat, Magetan

Mungkin Kamu sudah biasa mendengar nama bakso Granat. Jadi, di Magetan juga ada bakso Granat yang menjadi makanan khas Magetan yang populer.

Bakso ini memiliki ukuran yang jumbo bahkan ukurannya bisa memenuhi ukuran mangkuk yang disajikan.

Adapun bakso ini sendiri sudah ada sejak tahun 2008 yang lalu dan setiap harinya tidak pernah sepi pengunjung lho. Bahkan, para pengunjung yang datang tidak hanya dari Magetan saja, namun juga dari berbagai macam daerah.

Meskipun saat ini bakso ini sudah membuka banyak cabang, namun tetap saja bakso aslinya tetap yang paling nikmat.

Untuk itu, bagi Kamu yang datang ke Magetan, jangan lupa untuk mencicipi kuliner yang satu ini.

3. Nasi Pecel Pincuk

Sama seperti wilayah yang ada di pulau Jawa lainnya, di Magetan juga ada nasi pecel yang menjadi salah satu makanan khas di sana. Bahkan, hampir setiap sudut daerah Magetan dengan mudahnya ditemukan nasi pecel ini.

Adapun nasi pecel yang disajikan di Magetan ini dilengkapi dengan peyek, kerupuk, tempe dan ada telurnya juga. bahkan, di sini Kamu juga bisa memilih lauk ayam goreng, udang dan juga ikan lele lho.

Tidak hanya itu aja, di Magetan Kamu juga bisa menemukan nasi Magetan dengan harga yang murah. Jika Kamu memilih lauk dengan tempeĀ  atau kerupuk, biasanya nasi pecel in dijual dengan harga Rp. 3000 saja per porsinya.

4. Tepo Tahu

Tepo merupakan makanan khas Magetan yang masih sangat tradisional. Makanan yang satu ini tentunya berbeda dengan makanan di daerah lainnya.

Adapun tepo sendiri dibuat dengan campuran sayuran seperti kangkung, taoge, sayur bayam, kubis dan masih banyak lainnya.

Dalam tepo ini, Kamu juga akan menemukan irisan tahu dan tempe yang membuatnya sering disebut dengan tepo tahu.

Nantinya, tepo ini akan dibumbui dengan sambal yang dibuat dengan menggunakan santan dan juga sambal pecel lho.

Sebagai pelengkap. Nasi ini juga disajikan dengan kerupuk dan kecap. Namun, ada juga tepo Magetan yang juga dikombinasikan dengan kikil sapi.

Hmm, rasanya itu lho dijamin bakal enak banget. Karena inilah Kamu wajib untuk mencicipinya.

5. Sate kelinci

Di Magetan, Kamu bisa menemukan sate kelinci di berbagai tempat. Ini karena sate kelinci menjadi makanan khas Magetan yang wajib Kamu cicipi. Sate ini disajikan dengan lontong dengan bumbu pecel.

Rasa dari sate ini juga sangat enak, sebab bumbunya dikombinasikan dengan kecap. Untuk menemukan sate ini juga sangat mudah, karena sate ini dijual oleh pedagang kaki lima hingga kelas kafe juga lho.

Karena hal inilah Kamu wajib mencicipi makanan yang satu ini saat singgah ke Magetan.

6. Getuk Lindri

Magetan juga memiliki jajanan tradisional khas yang bernama getuk lindiri. Ini adalah makanan yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar singkong. Salah satu getuk lindri yang terkenal di Magetan adalah getuk Lindri Diana.

Jadi, di sini Kamu bisa menemukan getuk lindri dengan tekstur yang halus, rasa yang enak dan dijamin murah.

Bagi Kamu yang berencana untuk menjadikan getuk ini sebagai oleh-oleh, Kamu bisa menemukannya di jalan. Timor Magetan.

7. Roti Bolu

Makanan khas Magetan lainnya yang bisa dijadikan oleh-oleh adalah roti bolu. Ini adalah sebuah roti yang memiliki bentuk lonjong dengan tekstur yang empuk dan rasa yang enak.

Roti yang satu ini sangat cocok disantap bersama dengan teh atau kopi.

Untuk menemukan roti Bolu, Kamu bisa menemukannya dengan mudah di toko oleh-oleh. Selain harganya murah, roti ini juga bisa mengganjal perut lho.

Karena itulah roti Bolu Magetan sering dijadikan pengganjal perut di pagi hari oleh masyarakat sekitar.

Bukankah makanan khas Magetan di atas sangat enak dan menarik untuk Kamu cicipi. Untuk itu, bagi Kamu yang berencana liburan atau mau singgah ke Magetan untuk mencicipi 7 makanan di atas.

Dijamin deh Kamu tidak akan menyesal karena rasanya dijamin juara.

Reply