8 Makanan Khas Magelang Beserta Tempat Makan yang Direkomendasikan

Advertisement
Sego Godhog atau Nasi Rebus Magelang

image via kaskus.com

Bicara tentang Magelang, pasti Kamu akan langsung teringat salah satu candi termegah dan terbesar di dunia yakni Candi Borobudur.

Namun, tahukah Kamu? Selain terkenal akan wisata sejarah dan alamnya yang sangat memukau, ternyata Magelang juga kaya akan wisata kuliner yang dimilikinya.

Makanan Khas Magelang

Ada banyak makanan khas Magelang dengan cita rasa nusantara yang sayang untuk Kamu lewatkan.

Bagi Kamu yang sedang berada di Magelang, tidak ada salahnya untuk mencoba berbagai macam kuliner di bawah ini.

1. Es Murni

Suhu Magelang yang memang paling segar jika menikmati minuman segar dan dingin. Es murni adalah minuman andalan para wisatawan saat berkunjung ke kota satu ini.

Untuk bisa menikmati es murni yang satu ini, Kamu bisa datang langsung ke Jalan Sriwijaya, Magelang.

Es murni yang sudah dijual sejak tahun 1962 tersebut menjual es dengan cita rasa yang sangat khas dan tidak pernah berubah dari dulu sampai sekarang.

Tak hanya menyajikan es murni sebagai menu Kamulannya saja, namun tempat tersebut juga menjual berbagai macam olahan es lainnya serta makanan yang mengenyangkan.

Sampai sekarang, tempat tersebut masih menjadi tempat kuliner favorit masyarakat sekitar ataupun para wisatawan.

Jadi sayang, jika Kamu sedang berada di Magelang namun tidak mampir ke tempat tersebut.

2. Sop Senerek

Ada banyak makanan khas Magelang yang bisa Kamu nikmati saat berada di tempat yang kaya akan nilai sejarah tersebut. Sop senerek menjadi menu Kamulan yang bisa Kamu pilih untuk makan siang.

Kuliner satu ini berupa sup kuah bening yang di dalamnya diisi sayuran dan wortel. Tak lupa, sup senerek ini juga diisi dengan potongan daging dan tentunya kacang senerek.

Agar tambah nikmat, sup senerek akan disajikan dengan sepiring nasi hangat. Salah satu tempat yang menjual sup senerek adalah warung Bu Atmo.

Warung tersebut berada di sekitar simpang empat Jalan Mangkubumi serta Jalan Diponegoro yang mengarah ke Bandungan, Magelang.

3. Nasi Goreng Magelangan

Nasi goreng magelangan merupakan salah satu kuliner yang saat ini sudah bisa Kamu temukan dengan mudah di beberapa daerah.

Akan tetapi, cita rasa dari nasi goreng magelangan berbeda dengan beberapa nasi goreng magelangan yang dijual di daerah lain.

Nasi goreng tersebut juga cukup unik, jika biasanya nasi goreng yang ada di daerah lainnya tidak ditambahkan mie kuning, nasi goreng magelangan ini akan ditambahkan dengan mie kuning ke dalamnya.

Advertisement

4. Sego Godhog

Sego godhog atau nasi rebus merupakan makanan khas Magelang yang bisa Kamu pilih. Sebenarnya, kuliner yang satu ini hampir sama dengan mie godhog.

Akan tetapi, sego godhog akan ditambahkan dengan nasi dan kuah kental. Dibuat dengan menggunakan berbagai macam bumbu rempah terbaik membuat sego godhog memiliki banyak penikmat.

Salah satu tempat makan terbaik yang menjual sego godhog adalah Warung Makan Pak Yatno yang berada di seberang Karoseri New Armada, Magelang.

Tempat makan tersebut dekat dengan Armada Town Square.

5. Mie Godhog

Selanjutnya ada mie godhog yang merupakan makanan khas Magelang dan banyak dicari. Menu tersebut sama dengan kuliner sebelumnya, yakni sego godhog.

Jika sego godhog menggunakan nasi, mie godhog disajikan dengan mie kuning. Tak hanya itu, ada pula tambahan sayur, telur dan taburan bawang goreng diatasnya.

Tak lupa, mie godhog juga disiram dengan menggunakan kuah kental yang sangat khas.

Jika Kamu ingin menikmati lezatnya mie godhog tersebut, Kamu bisa membeli mie godhog di beberapa penjual bakmi yang ada di pinggir jalan.

6. Kupat Tahu

Sesuai dengan namanya, kupat tahu berisi irisan tahu dan juga ketupat yang disiram dengan menggunakan bumbu kacang dan campuran rempah lainnya.

Tak hanya itu, kuliner satu ini juga dilengkapi dengan tauge, telur, seledri dan kacang goreng. Menu satu ini sangat cocok untuk dinikmati saat jam makan siang.

Beberapa tempat yang menjual kupat tahu legendaris adalah Kupat Tahu Blabak, Kupat Tahu Pak Pangat, dan Kupat Tahu Warung Pojok.

7. Mangut Iwak Beong

Makanan khas Magelang berikutnya adalah Mangut Iwak Beong. Iwak beong atau ikan beong lebih dikenal dikenal dengan lele atau patin tersebut menjadi kuliner yang sayang untuk dilewatkan.

Kuliner satu ini biasanya akan disajikan dengan menggunakan kuah pedas. Bagi Kamu yang suka pedas, tentu kuliner satu ini sangat cocok untuk Kamu coba.

Biasanya, para pengunjung akan mencobanya dengan sepiring nasi hangat. Mangut Iwak Beong sangat tepat untuk dijadikan sebagai menu makan siang.

8. Wedang Kacang

Wedang kacang ternyata menjadi minuman yang sangat populer di Magelang. Minuman yang disajikan dalam mangkuk tersebut berisi jahe, ketan dan juga kacang.

Dengan adanya kuah jahe, membuat minuman tersebut dapat menghangatkan tubuh Kamu.

Minuman satu ini dapat dijumpai di Warung Wedang Kacang Kebon yang berada Jalan Panjang, Kota Magelang.

Meski sekilas seperti wedang ronde, namun minuman ini cukup berbeda. Selain bisa menikmati wedhang kacang, di Warung Wedang Kacang Kebon ini Kamu juga bisa menikmati beberapa kuliner lainnya seperti wedang ronde dan sate pisang.

Nah, jangan lupa untuk menikmati berbagai macam makanan khas Magelang yang sudah tersaji di atas.

Beberapa menu makanan dan minuman tersebut dibuat dengan menggunakan bumbu rempah pilihan sehingga membuatnya memiliki cita rasa yang berbeda, unik dan tentu saja sesuai dengan lidah masyarakat.

Advertisement

Pastikan pula bahwa semua makanan tersebut masuk ke dalam daftar makanan khas Magelang yang wajib untuk dicoba.

Advertisement

Reply