6 Makanan Khas Madiun yang Wajib Dicicipi Jika ke Madiun

Advertisement
Nasi Pecel Madiun

image via food.detik.com

Madiun terkenal sebagai salah satu kota yang penuh dengan sejarah. Tidak hanya kaya akan sejarah saja, namun kota ini memiliki banyak sekali wisata kuliner yang wajib untuk dicicipi.

Dengan aneka macam kuliner yang enak, dijamin deh Kamu akan dimanjakan saat berada di Madiun.

Makanan khas Madiun sendiri menawarkan cita rasa yang sangat menarik lho. Di sini, Kamu bisa menemukan makanan dengan kombinasi rasa yang pas yakni manis, asin, gurih, asam, manis dan juga pedas.

Makanan Khas Madiun

Nah, bagi Kamu yang sudah tidak sabar ingin tahu makanan khas Madiun apa saja yang bisa dicicipi. Yuk langsung saja simak semua ulasan makanan enak dari Madiun di bawah ini.

1. Nasi Pecel

Sama halnya dengan daerah di pulau jawa lainnya, Madiun juga memiliki pecel, namun dengan ciri khas masing-masing. Jadi, di Madiun ini Kamu bisa menemukan nasi pecel yang berbeda.

Jika di tempat lain nasi pecel itu lebih dominan dengan sayuran hijau. Maka di Madiun, Kamu akan menemukan pecel yang ditambah dengan kembang turi.

Ini adalah salah satu lalapan bunga yang berwarna putih yang sangat digemari oleh masyarakat Madiun.

Nasi pecel ini juga tidak disuguhkan dengan tempe maupun rempeyek.

Melainkan, di nasi pecel ini Kamu bisa menemukan lauk berupa telur dadar, tahu, ayam goreng, ikan, sate telur puyuh, ati ampela dan masih banyak lainnya.

Untuk menambah cita rasa, nasi ini biasanya disajikan dalam bentuk pincuk daun pisang. Jadi, nantinya akan ada wadah dan kemudian di atasnya baru ada pincuk daun pisang. Untuk bumbu dari pecel ini juga berbeda.

Bumbu nasi pecel ini terdiri tas cabai, kacang tanah, kunyit, gula aren, dan juga bumbu rahasia yang turun temurun. Hal inilah yang menjadikan nasi pecel ini sangat enak dan lezat untuk Kamu cicipi.

2. Nasi Jotos

Tidak hanya ada nasi pecel, namun di Madiun Kamu juga bisa menemukan nasi yang unik dengan nama nasi jotos.

Dalam bahasa Indonesia, jotos memiliki arti pukulan. Disebut dengan nasi jotos karena bentuk nasinya yang seperti kepalan tangan.

Adapun dalam satu porsi nasi ini, Anda akan menemukan nasi putih dengan lauk sederhana seperti mie bihun, tahu dan tempe.

Lantas apa yang membuat nasi ini begitu nikmat? Yang membuat nasi ini nikmat adalah sambalnya.

Tenang, bagi Kamu yang ingin mencicipi nasi ini rasanya sangat enak dan tentunya harganya juga bersahabat lho.

Advertisement

Adapun beberapa tempat yang menjual nasi jotos ini berada di jalan MT. Haryono, Jalan Salak, jalan Mayjend Pandjaitan dan juga berada di Jalan Mangga.

3. Soto Kutilang

Madiun juga memiliki soto khasnya sendiri lho. Nama soto ini adalah soto kutilang. Soto ini menawarkan rasa yang enak dan juga gurih lho. Bahkan, makanan ini sudah sangat terkenal dan juga legendaris.

Di Madiun sendiri ada salah satu tempat makan soto Kutilang yang sangat terkena;. Nama soto ini adalah soto ayam kampung Bu topo. Warung soto ini juga tidak pernah sepi pembeli lho.

Ini karena rasanya yang sangat enak dan dalam satu porsinya Kamu bisa menemukan soto dengan daging yang melimpah.

Di warung ini, Kamu juga bisa memilih toping lain seperti babat, empal, kentang goreng, keripik tempe dan juga usus.

4. Lontong Tahu Telur

Makanan khas Madiun selanjutnya yang bisa Kamu cicipi adalah lontong tahu telur.

Ini adalah salah satu makanan yang dalam satu porsinya terdiri dari lontong, tahu dan juga telur yang kemudian disiram dengan menggunakan bumbu kacang.

Di bagian akhir, lontong ini akan ditaburi dengan daun bawang dan bawang goreng. Makanan yang satu ini memiliki rasa yang gurih dan menggoyang lidah.

Adapun bagi Kamu yang ingin mencicipinya, Kamu bisa menemukannya di Jalan Merbabu, Madiun.

5. Pentol Corah

Makanan yang satu ini sangat cocok untuk Kamu yang suka dengan makanan yang pedas.

Adapun pentol corah sendiri dibuat dengan menggunakan campuran tepung kanji, tepung terigu, air, dan bumbu rempah lainnya seperti bawang, garam dan merica.

Kemudian, adonan ini akan dimasukkan ke dalam tahu yang kemudian dikukus. Saat tahu ini matang, maka ia akan disajikan dengan sosis dan diberi bumbu cabe, bawang merica dan garam.

Saat ini, Kamu juga bisa menikmati pentol corah dengan ceker goreng lho. Apalagi ditambah dengan kerupuk yang dijamin akan membuat lidah Kamu termanjakan.

Saking enaknya, di Madiun, pentol corah disajikan baik pada jajanan kaki lima hingga kelas kafe lho. Untuk itu, wajib hukumnya bagi Kamu yang ke Madiun untuk mencicipinya.

6. Bluder Cokro

Jika Kamu datang ke Madiun, jangan lupa untuk membawa oleh-oleh khas Madiun dengan nama Bluder Cokro.

Makanan yang satu ini sudah ada sejak zaman Kolonial Belanda. Roti yang satu ini memiliki rasa yang enak dengan tekstur lembut dan bentuk yang unik.

Tidak heran jika Bluder Cokro banyak disukai. Tidak hanya itu saja, cara membuat kue ini juga masih menggunakan cara tradisional lho.

Bahkan, ia juga tidak menggunakan pengawet sehingga hanya bisa bertahan antara 6 sampai 7 hari saja.

Adapun kue ini sendiri hadir dengan beberapa varian rasa seperti rasa aslinya, rasa keju, coklat, kismis, abon, stroberi, kacang, nanas, dan masih banyak rasa lainnya. Jika Kamu ke Madiun, jangan lupa untuk membeli kue ini.

Bukankah makanan khas Madiun di atas bikin Kamu ngiler? Untuk itu, bagi Kamu yang berencana untuk datang ke Madiun, jangan lupa untuk mencicipi makanan ini.

Advertisement

Selain murah, makanan ini dijamin tidak akan mengecewakan.

Advertisement

Reply