8 Makanan Khas Lumajang yang Wajib Dicicipi

Lontong Petis Lumajang

image via fimela.com

Lumajang merupakan nama salah satu Kabupaten yang berada di Jawa Timur dan terkenal sebagai tempat untuk hiking.

Sebab, di sini ada salah satu gunung legendaris yang banyak ditaklukkan oleh pendaki Indonesia yakni gunung Semeru.

Selain itu, ternyata Lumajang juga terkenal dengan kulinernya lho. Bahkan makanan khas Lumajang juga unik-unik dan tentunya cocok dengan lidah Kamu.

Makanan Khas Lumajang

Nah, bagi Kamu yang berencana ke Lumajang baik untuk mendaki atau acara lain, tidak ada salahnya jika mencoba kuliner di sini.

Dijamin deh, Kamu akan memanjakan dengan makanan khas Lumajang yang sangat legendaris. Mau tahu apa saja makanan tersebut? Yuk langsung saja simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

1. Lontong Petis

Makanan pertama yang bisa Kamu cicipi di Lumajang adalah lontong petis. Lontong yang satu ini sangat unik karena menggunakan bumbu petis sebagai pelengkapnya.

Di Lumajang sendiri, biasanya lontong petis ini akan dikombinasikan dengan tahu, telur ayam, daging ayam dan masih banyak lainnya.

Kuliner yang satu ini sangat cocok untuk menemani perut kosong Kamu. Tidak hanya itu saja lho, rasanya juga enak dan tentunya harga satu porsinya juga sangat ekonomis.

Dijamin deh Kamu kenyang kantong juga aman.

2. Bledus

Makanan khas Lumajang selanjutnya yang bisa Kamu cicipi adalah Bledus. Sebenarnya ini adalah jajanan khas Lumajang.

Bisa dikatakan juga bahwa bledus merupakan jajanan tradisional khas Lumajang yang masih banyak diminati saat ini.

Adapun bledus sendiri dibuat dengan menggunakan bahan jagung pilil kering yang sudah direndam selama semalaman. Kemudian jagung ini akan direbus hingga teksturnya berubah menjadi empuk.

Sebelum dimakan, bledus ini akan disajikan dengan kelapa parut untuk menambah rasa gurih dan cita rasanya.

Pokoknya, jajanan yang satu ini sangat cocok untuk menemani waktu santai Kamu saat di Lumajang.

3. Pecel Telo

Mungkin Kamu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya pecel. Nah, Lumajang ternyata juga memiliki makanan khas dari pecel yang disebut dengan pecel telo.

Pecel telo juga menjadi makanan khas Lumajang yang sangat populer lho.

Yang membuat pecel ini berbeda dengan pecel pada umumnya adalah ia dibuat dengan menggunakan bahan dasar sayuran seperti kacang panjang, jantung pisang, genjer, semanggi, dan juga kecambah.

Kemudian, pecel ini disiram dengan menggunakan bumbu pecel yang dibuat dengan menggunakan bahan ubi jalar. Inilah yang menjadi alasan mengapa pecel ini disebut dengan pecel telo.

4. Lupis Khas Lumajang

Lupis khas Lumajang adalah salah satu makanan yang wajib Kamu cicipi saat berada di kabupaten ini. rasanya sangat enak sehingga jika Kamu tidak mencicipinya dijamin bakal nyesel.

Kue lupis ini dibuat dengan menggunakan bahan dasar beras ketan yang mana di dalamnya terdapat gula yang meleleh saat baru digigit.

Lebih menariknya lagi, di beras ketan ini akan dibungkus dengan daun pisang dan kemudian dikukus.

Bentuknya juga unik lho yakni berbentuk segitiga. Agar rasanya lebih nendang, lupis ini juga disajikan dengan parutan kelapa yang membuat rasa gurih muncul pada makanan ini.

Karena rasanya ini, kue lupis sangat cocok untuk dinikmati di sore hari.

5. Kue Latok

Selain lupis, Lumajang juga memiliki makanan khas lainnya yang disebut dengan kue latok. Bahkan kue yang satu ini juga menjadi kue favorit masyarakat Lumajang lho.

Tidak hanya itu saja, namun kue ini juga menyuguhkan sebuah kue dengan warna yang menarik yaitu merah dan hijau.

Di bagian atasnya, kue ini akan diberi parutan kelapa yang banyak. Kue latok dari Lumajang ini juga memiliki rasa yang enak dan memiliki ciri khas sendiri.

Hal inilah yang membedakan kue latok khas Lumajang dengan kue latok lainnya.

6. Pisang Agung

Lumajang juga memiliki pisang khas yakni disebut dengan pisang agung. Pisang ini disebut dengan pisang agung karena bentuknya yang sangat besar.

Biasanya, jenis pisang ini tersebar di daerah Ranuyoso, Senduro dan juga Klakah.

Karena ukurannya yang besar ini membuat pisang agung menjadi salah satu makanan yang populer di Lumajang lho.

Untuk bentuknya sendiri seperti tanduk namun sangat panjang. Bahkan, panjang pisang ini bisa dua sampai 3 kali dari panjang pisang pada umumnya.

Tidak hanya itu, pisang ini juga memiliki rasa yang enak. Tidak heran jika pisang agung memiliki banyak peminat tersendiri.

Nah, jika Kamu ke Lumajang, jangan lupa untuk mencicipi pisang aung atau membawanya untuk oleh-oleh.

7. Keripik Pisang

Makanan khas Lumajang yang kerap dijadikan oleh-oleh adalah kripik pisang. Keripik ini berasal dari pisang yang dikeringkan, sehingga rasanya dijamin enak. Adapun rasa kripik ini manis dan memiliki tekstur yang renyah.

Intinya, keripik pisang ini sangat cocok disantap bersama dengan keluarga maupun kerabat pada saat berkumpul.

Nah, bagi Kamu yang bingung dimana harus mendapatkan keripik ini. Kamu hanya cukup mengunjungi toko oleh-oleh dan di sana ada banyak jenis keripik pisang dengan aneka rasa yang bisa dipilih.

8. Tape Pisang

Jika pada umumnya tape itu dibuat dengan menggunakan singkong. Maka di Lumajang Kamu bisa menemukan tape yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar pisang.

Tenang, dalam tape ini masih ada singkongnya, sehingga muncullah cita rasa yang unik.

Tape pisang ini juga memiliki tekstur yang lembut lho. Bahkan, banyak orang yang menjadikan tape pisang sebagai oleh-oleh saat datang ke Lumajang.

Bagi Kamu yang singgah ke Lumajang, jangan lupa untuk jadikan tape pisang sebagai oleh-oleh juga.

Menarik bukan? Makanan khas Lumajang di atas tentunya sangat menggugah selera. Untuk itu, bagi Kamu yang datang ke Lumajang, jangan lupa untuk mencicipinya.

Dijamin deh Kamu bakal ketagihan.

Reply