5 Makanan Khas Lebak Lezat dan Tak Boleh Dilewatkan

Nasi Sumsum Lebak Banten

image via travellingyuk.com

Lebak adalah salah satu kawasan yang berada di Banten. Kawasan ini cukup terkenal sebagai salah satu destinasi wisata yang menarik.

Ya, ada cukup banyak tempat wisata di Lebak, terutama tema wisata alam. Hal ini cukup beralasan karena pada dasarnya, Banten memiliki lanskap alam yang indah dengan hawa yang cukup sejuk untuk liburan.

Nah, di samping lanskap alam yang indah dengan pemandangan yang tak pernah menjemukan, ternyata Lebak juga terkenal dengan sajian kuliner yang lezat dan cukup menggugah selera.

Ada makanan khas Lebak yang tentu bisa Kamu coba saat berkunjung ke sana. Juga, makanan-makanan tersebut bisa dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Pada kesempatan ini akan dibahas beberapa pilihan makanan khas Lebak yang begitu menggugah selera dan tentu saja tak boleh Kamu lewatkan. Penasaran?

Simak beberapa ulasan di bawah ini.

Rekomendasi Makanan Khas Lebak Istimewa untuk Dicoba

Ada cukup banyak sajian kuliner khas Lebak yang sangat menarik untuk Kamu coba saat berkunjung ke tempat ini.

Adanya banyak sajian kuliner ini tentu saja akan membuat Kamu lebih leluasa untuk memilih mana sajian kuliner yang pas dan cocok sesuai dengan selera Kamu.

Selain itu, Kamu juga akan mendapatkan sensasi mencoba hidangan nusantara yang lezat.

Nah, adapun beberapa sajian kuliner yang cocok untuk dicoba khas Lebak adalah sebagai berikut.

1. Sate Bandeng

Sate bandeng adalah salah satu makanan khas Lebak yang wajib Kamu coba saat berkunjung ke daerah ini. Sate ini adalah olahan bandeng yang unik.

Bandeng adalah jenis ikan tambah yang memiliki daging cenderung tebal dan rasa yang gurih. Biasanya, bandeng diolah dengan cara digoreng saja.

Namun, di Lebak, Kamu akan menemukan bandeng yang diolah dengan cara dibuat menjadi sate. Bandeng yang sudah dibersihkan tersebut kemudian ditusuk dengan bambu tusuk sate.

Kemudian, bandeng diberikan beberapa olesan bumbu sate lalu dibakar di atas bara api yang sedang.

Nah, rasa sate bandeng ini sangat lezat, terutama jika ditambahkan kecap pedas. Konon, sate bandeng sudah ada sejak abad ke-16 dan menjadi sajian spesial pada waktu itu.

2. Rabeg Banten

Makanan khas lain yang patut dicoba saat Kamu berada di Lebak adalah rabeg. Ya, rabeg adalah salah satu makanan khas Lebak dan Banten yang sangat diburu oleh masyarakat.

Tentu, mencicipi makanan ini akan membuat Kamu mendapatkan pengalaman baru dalam berburu kuliner khas nusantara. Nah, makanan khas ini dibuat dengan bahan dasar daging dan jeroan sapi.

Kedua bahan tersebut dicampur dengan bumbu rempah yang cukup lengkap, seperti cengkeh, kayu manis, pala, sereh, daun jeruk dan lainnya.

Dengan bumbu ini maka akan tercipta olahan daging yang begitu nikmat.

Makanan khas Lebak ini cukup banyak tersedia di berbagai warung makan. Biasanya, rabeg dijadikan sebagai salah satu lauk favorite saat jam makan siang tiba.

3. Nasi Sumsum

Saat mendengar kata sumsum, bisa jadi apa yang Kamu bayangkan pertama kali adalah bubur sumsum. Ya, hal ini dikarenakan masyarakat Indonesia sudah kadung familiar dengan kuliner bubur yang satu ini.

Namun, bagaimana dengan nasi sumsum? Ya, makanan ini adalah salah satu sajian kuliner khas Lebak yang sangat menggoda.

Namun, perlu diketahui bahwa menu ini sangat berbeda dengan bubur sumsum yang sudah Kamu kenal sebelumnya.

Nah, menu nasi ini dibuat dengan bahan dasar nasi dan sumsum tulang kerbau. Nasi yang digunakan pun merupakan nasi yang sudah diberikan bumbu pedas dan bumbu gurih.

Kedua bahan utama tersebut dicampur dan diberikan tambahan bumbu rempah yang sangat kaya.

Selanjutnya bahan tersebut dibungkus dengan daun pisang dan dibakar. Rasa nasi sumsum begitu lezat berupa campuran rasa yang pedas dan gurih.

4. Ketan Bintul

Untuk Kamu yang suka dengan olahan ketan, maka ketan bintul bisa menjadi salah satu makanan khas Lebak yang bisa Kamu coba.

Ini adalah salah satu panganan tradisional yang masih bertahan hingga saat ini dan tentu saja tetap menarik untuk Kamu coba.

Seperti namanya, makanan khas ini dibuat dengan bahan dasar beras ketan. Beras ketan tersebut dicampur dengan santan dan beberapa bahan lainnya lalu dibungkus dengan daun pisang.

Kemudian, beras ketan dikukus hingga matang dan ditambahkan dengan serundeng untuk penyajiannya.

Makanan ini memiliki rasa yang begitu gurih dan lezat. Biasanya, ketan bintul dijadikan panganan untuk membuat perut kenyang saat malas makan nasi.

5. Nasi Uduk

Nasi uduk menjadi menu khas Lebak yang bisa Kamu jajal untuk menu sarapan yang spesial saat berada di Lebak.

Memang, nasi uduk sudah menjadi salah satu sajian kuliner yang cukup terkenal dan familiar di berbagai daerah di Indonesia.

Namun, tetap saja nasi uduk Lebak memiliki ciri khas tersendiri yang sangat menarik dan menggugah selera.

Apa yang menarik dari sajian nasi uduk khas Lebak adalah nasi yang tidak terlalu keras, cenderung lebih lembut dan tentu saja gurih.

Selain itu, tambahan bahan untuk menu ini juga cukup lengkap, seperti tempe goreng, sayur, telur pedas dan lainnya.

Bahkan, ada pula yang menghidangkan menu satu ini dengan tambahan daging sapi pedas.

Nah, demikian beberapa ulasan dan juga rekomendasi makanan khas Lebak yang bisa Kamu nikmati saat berkunjung ke wilayah Banten ini.

Aneka makanan khas tersebut tentu saja akan membuat Lebak menjadi salah satu tempat yang sangat menyenangkan untuk dikunjungi bersama dengan keluarga tercinta.

Reply