Wajib Dicoba! 6 Makanan Khas Lamongan Bikin Ketagihan

Nasi Baronan Lamongan

image via lifestyle.okezone.com

Bagi Kamu yang suka kuliner, tentunya makanan khas Lamongan bukan menjadi hal yang baru. Kuliner yang satu ini sangat terkenal dan bahkan tidak hanya ditemukan di Lamongan saja.

Banyak kota lain dan mungkin kota Kamu juga banyak yang menjual makanan yang satu ini. Perlu Kamu tahu, Lamongan sendiri merupakan nama dari sebuah Kabupaten yang ada di Pulau Jawa.

Kabupaten ini tidak hanya terkenal karena kulinernya saja, namun juga tempat wisatanya. Sehingga, saat datang berkunjung banyak wisatawan yang membawa oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Makanan Khas Lamongan

Nah, bagi Kamu yang berencana untuk pergi ke Lamongan, jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas kabupaten ini.

Dijamin deh lidah Kamu akan dimanjakan karena rasa kulinernya sangat luar biasa. mau tahu apa saja makanan khas Lamongan yang recommended banget untuk Kamu cicipi.

Yuk langsung saja simak selengkapnya di bawah ini.

1. Nasi Baranan

Di Lamongan, Kamu akan menemukan sebuah nasi yang memiliki nama unik yakni nasi baronan. Apa itu nasi baronan?

Nasi baronan merupakan sebuah nasi yang di dalamnya terdiri atas lauk pauk, nasi, bumbu dan juga rempeyek.

Untuk menemukan nasi ini sangat mudah, karena biasanya penjual nasi baronan akan berjualan di sekitar pasar maupun pinggir jalan dengan cara lesehan.

Untuk lauk yang ditawarkan oleh penjual pada kuliner satu ini juga bervariasi lho.

Di sini, Kamu bisa memilih lak dari daging ayam, ikan bandeng, tahu, jeroan, tempe, telor asing, telur dadar da juga ikan sili.

Setiap lauk yang dipilih memiliki harga yang berbeda ya, namun tetap masih ekonomis dan pas di kantong. Sedangkan bumbunya sendiri dibuat dengan menggunakan rempah-rempah yang dihaluskan.

Biasanya untuk penyajiannya sendiri, nasi ini disajikan dengan dilapisi daun pisang. Meskipun cukup sederhana, namun rasanya itu lho nampol banget di lidah.

2. Soto Lamongan

Ini adalah makanan khas Lamongan yang sangat terkenal. Bahkan, soto lamongan tidak hanya terkenal di Lamongan saja, namun hampir di seluruh kota ada.

Apa si yang istimewa dari soto ini dan membedakannya dengan soto-soto lainnya?

Jadi, soto Lamongan memiliki ciri khas yang mana bagian kuahnya berwarna kuning dan berminyak. Adapun rasa yang ditawarkan lebih dominan rasa gurihnya.

Soto ini juga akan semakin lezat karena disajikan dengan toping yang as.

Diantara isi dari satu mangkuk soto Lamongan seperti mie bihun, irisan kol, suwiran daging ayam, daun bawang, irisan telur ayam dan juga ada tomatnya lho.

Sebagai pelengkap, soto ini juga disajikan dengan sambal, kerupuk udang dan juga jeruk nipis. Dengan ditaburi bawang goreng, rasanya semakin nikmat dan wajib Kamu coba.

3. Tahu Campur

Selain soto, Lamongan juga mempunyai makanan khas lain yang tak kalah enak lho. Nama makanan ini adalah tahu campur. Nah, untuk mencicipi makanan ini, Kamu hanya bisa menemukannya di Lamongan saja.

Adapun dalam satu porsi tahu campur, Kamu bisa menemukan bihun, linting, perkedel ketela pohon, daging sapi dan juga tahu. Ada lagi tambahan sayur seperti daun selada dan juga kecambah lho.

Agar rasanya lebih nikmat, tahu campur ini juga nantinya disiram dengan menggunakan kuah yang sudah dicampur dengan petis udang.

Hmmm, rasanya itu lho yang bikin Kamu bakal ketagihan dengan makanan yang satu ini.

4. Bandeng Colo

Makanan khas Lamongan selanjutnya yang bisa Kamu cicipi saat mampir ke sana adalah bandeng Colo. Makanan yang satu ini menawarkan rasa yang pedas dan sangat cocok untuk Kamu yang hobi makan pedas.

Adapun disebut dengan bandeng colo karena rasa pedas dan asam dari jeruk nipis inilah yang membuat nama makanan ini disebut dengan bandeng Colo.

Tenang saja, rasanya nampol banget dan cocok dengan lidah Kamu, sehingga Kamu wajib untuk mencicipinya.

5. Perkedel Lamongan

Kamu tentunya sudah tidak asing dengan yang namanya perkedel kentang. Ya, makanan yang satu ini memang memiliki rasa yang gurih. Namun, tahukah Kamu jika perkedel di Lamongan ini cukup berbeda.

Perbedaannya adalah warnanya sangat kuning, padahal sama-sama dibuat dengan menggunakan bahan dasar kentang lho.

Makanan yang satu ini menjadi salah satu makanan pelengkap jika Kamu mampir ke warung makan yang ada di Lamongan.

6. Jumbrek

Makanan khas Lamongan lainnya yang wajib Kamu cicipi adalah jumbrek. Ini adalah salah satu jajanan khas Lamongan yang cukup unik, sehingga wajib untuk Kamu cicipi.

Jumbrek sendiri dibuat dengan menggunakan bahan dasar tepung beras. Jadi, si tepung beras ini akan dicampur dengan gula jawa hingga bentuknya kalis.

Kemudian nantinya akan dibungkus dengan daun siwalan hingga bentuknya mirip terompet. Tahap terakhir jumbrek ini akan dikukus hingga matang dan siap untuk disantap.

Makanan yang satu ini memiliki rasa yang manis dengan teksturnya yang lembut lho. Hal inikah yang menjadi salah satu alasan mengapa makanan ini begitu banyak disukai oleh masyarakat Lamongan.

Adapun bagi Kamu yang ingin mencicipi jumbrek. Di lamongan ada jumbrek yang terkenal yakni buatan bu Karmini yang ada di Jalan Baendels, Desa Paciran.

Jumbrek di sini terkenal dengan rasanya yang khas lho.

Masih banyak lagi makanan khas Lamongan yang bisa Kamu cicipi lho. Tentunya dengan rasa yang khas dan membuat lidah Kamu akan termanjakan.

Jadi, jangan lupa jika datang ke Lamongan untuk mampir dan mencicipi kulinernya. Dijamin deh, Kamu bakal ketagihan dan ingin mencobanya lagi dan lagi.

Reply