7 Makanan Khas Kuningan untuk Dijadikan Buah Tangan

Minuman Jeniper Kuningan

image via http://oleholehmami.com

Kuningan adalah salah satu kota yang menawarkan banyak tempat wisata di dalamnya. Tidak hanya tempat wisata saja, namun kota ini juga menyuguhkan beragam wisata kuliner yang akan memanjakan lidah Kamu.

Makanan Oleh-Oleh Khas Kuningan

Makanan khas Kuningan ini juga beraneka ragam lho, dan tentunya bisa Kamu bawa pulang untuk dijadikan sebagai buah tangan.

Selain itu, rasanya juga sangat khas banget dan dijamin enak. Mau tahu apa saja makanan tersebut? Yuk langsung simak saja penjelasan selengkapnya di bawah ini.

1. Jeniper a.k.a Jeruk Nipis Peres

Nama minuman khas Kuningan ini mirip dengan nama orang. Namun jeniper di sini ternyata memiliki arti jeruk nipis peres. Minuman yang satu ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai buah tangan lho.

Sebab, ia hadir dengan kemasan yang sudah siap untuk diminum dan kemasannya juga berupa botol. Jeniper sendiri sangat enak jika dinikmati dalam keadaan yang masih dingin.

Tidak hanya itu saja, jeniper juga enak dicampurkan dengan makanan lain. yang pasti. Rasa dari minuman yang satu ini sangat luar biasa menyegarkan.

2. Peuyeum Ketan

Peuyeum ketan juga menjadi salah satu makanan khas Kuningan yang wajib Kamu cicipi. Nama makanan ini juga disebut dengan nama tape ketan.

Dari nama makanan ini, Kamu tentunya sudah tahu bahwa makanan ini dibuat dengan menggunakan tape dan juga ketan.

Nah, di sini, beras ketan akan dikukus kemudian ditambahkan dengan ragi. Selanjutnya, ketan tersebut dibungkus menggunakan daun dan dibiarkan hingga menjamur.

Nah, bagi Kamu yang ingin menjadikan peuyeum ketan ini sebagai oleh-oleh ada baiknya untuk bertanya apakah peuyeum ini sudah matang atau belum.

Tidak hanya itu saja, namun Kamu juga harus memastikan bahwa peuyeum tersebut belum kadaluarsa.

Nah, bagi Kamu yang ingin menjadikan peuyeum ketan sebagai oleh-oleh ada baiknya untuk membeli yang matang besok atau lusa.

Sehingga ia akan bisa dinikmati saat dibuka di rumah.

3. Papais

Makanan khas Kuningan selanjutnya yang bisa Kamu cicipi adalah papais. Papais adalah salah satu makanan yang memiliki bentuk mirip dengan nagasari.

Yang membuatnya berbeda adalah papais ini dibuat dengan menggunakan tepung beras ketan dan juga santan.

Kemudian di bagian dalamnya akan diisi dengan enten yang dibuat dengan menggunakan kelapa parut yang dimasak dengan gula merah, atau kacang hijau.

Nantinya papais ini akan dibungkus dengan menggunakan daun pisang dan dikukus. Di Kuningan sendiri, ada tiga buah papais yang dijual di pasar tradisional yang bisa Kamu jumpai.

Papais yang pertama adalah papais keplek yang mana tidak ada isian di dalamnya. Biasanya papais ini enak untuk dimakan dengan gorengan.

Papais yang kedua adalah papais enten yang di dalamnya di sisi dengan enten dan memiliki warna hijau pucat.

Sedangkan yang ketiga adalah papais nunclu atau papais yang memiliki bentuk mengerucut dan diberi gula merah sebagai bahan campurannya.

4. Kwecang

Selain papais, makanan khas Kuningan selanjutnya yang bisa Kamu cicipi adalah Kwecang. Apa itu kwecang? Kwecang adalah bakcang buatan Kuningan.

Makanan ini dibuat dengan menggunakan campuran dari beras ketan, air apu dan kemudian dibungkus menggunakan daun bambu muda dan dikukus.

Makanan yang satu ini juga memiliki aroma khas yang menggugah selera, sehingga siapa saja yang melihatnya ingin memakan makanan ini.

5. Kecimpring

Bagi Kamu yang sudah pernah nonton sinetron atau film Preman Pensiun, tentunya sudah tidak asing dengan yang namanya kecimpring.

Tahukah Kamu jika kecimpring merupakan makanan khas Kuningan. Nah, bagi Kamu yang datang ke Kuningan, maka wajib hukumnya untuk membeli kecimpring guna dijadikan sebagai buah tangan.

Kecimpring sendiri merupakan sebuah makanan yang dibuat dengan menggunakan singkong. Nah, ada dua buah rasa yang bisa Kamu cicipi yaitu kecimpring original dan juga kecimpring oncom.

Untuk kecimpring original memiliki rasa yang gurih. Sedangkan kecimpring oncom rasanya lebih pedas.

6. Opak

Opak juga menjadi salah satu makanan khas Kuningan yang bisa Kamu cicipi. Makanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan dasar singkong.

Adapun cara pengolahan opak sendiri ada dua macam yaitu dengan cara dibakar dan juga ada yang digoreng.

Pada umumnya, untuk membuat opak singkong dibuat dengan menggunakan tepung ketan dan santan. Untuk opak bakar sendiri memiliki tekstur yang renyah dan berbentuk kotak.

Selain itu, opak bakar juga memiliki aroma yang khas. Sementara untuk opak goreng biasanya memiliki bentuk bulat, renyah dan dimasak dengan cara digoreng.

7. Kue Satu

Pernahkah Anda mencicipi kue satu? Ini adalah kue tradisional yang dibuat dengan menggunakan kacang hijau dan gula. Untuk membuat kue ini, maka kacang hijau harus disangrai terlebih dahulu.

Setelah itu, baru deh kacang hijau ditumbuk sampai halus dan ditambahkan dengan gula halus. Jika sudah, adonan dari kue satu ini dimasukan ke dalam cetakan khusus yang terbuat dari kayu.

Yang lebih menarik lagi, kue satu ini dibuat tanpa ada proses pematangan seperti di panggang. Setelah itu, kue satu ini dijemur selama 2 sampai 3 hari hingga teksturnya benar-benar kering sempurna.

Dari beberapa makanan khas Kuningan yang sudah disebutkan di atas, tentunya mereka memiliki cita rasa masing-masing. Nah, semua makanan tersebut juga bisa dibawa pulang untuk dijadikan buah tangan lho.

Untuk itu, bagi Kamu yang sedang mampir di Kuningan, jangan lupa untuk mencicipi sekaligus membeli makanan ini. dijamin deh Kamu dan keluarga di rumah pasti bakal suka.

Reply