Sedang Berlibur ke Kota Kretek? Nikmati 7 Makanan Khas Kudus di Bawah Ini

Garang Asem Kudus

image via sajiansedap.grid.id

Kudus yang dikenal dengan Kota Kretek ini ternyata memiliki kekayaan kuliner yang wajib untuk Kamu coba.

Berbagai macam menu khas Kota Kudus menjadikan tempat ini memiliki daya tarik tersendiri dalam wisata kuliner yang dimilikinya.

Tak heran, jika beragam makanan khas Kudus banyak disukai oleh sebagian besar orang.

Makanan Khas Kudus

Nah, jika Kamu ingin menikmati beragama kuliner yang ada di Kota Kudus, berikut ada beberapa daftar makanan khas Kudus yang wajib untuk Kamu coba.

1. Garang Asem

Saat mengunjungi Kudus, jangan lupa untuk mencicipi Garang Asem yang tersedia di Rumah Makan Sari Rasa.

Garang Asem ini merupakan lauk yang dibungkus dengan daun pisang untuk bisa menimbulkan aroma masakan yang lebih lezat.

Garang Asem tersebut kemudian akan dimasak dengan cara dikukus ataupun digarang.

Untuk jenis lauk yang ada digunakan dalam makanan tersebut pun bermacam-macam. Mulai dari jeroan, daging ayam, jamur, ikan, atau tahu.

Nah, sama seperti namanya, cita rasa dari masakan tersebut asam karena diberi irisan tomat hijau di dalamnya. Kamu bisa menikmati makanan khas Kudus dengan sepiring nasi hangat.

2. Nasi Pindang Kerbau

Di Kudus, daging kerbau menjadi daging yang sering dikonsumsi oleh sebagian besar masyarakat. Tak heran, jika Kamu dapat dengan mudah menemukan berbagai macam olahan daging kerbau di Kota Kretek ini.

Salah satu masakan yang dilengkapi dengan daging tersebut adalah Nasi Pindang Kerbau. Makanan satu ini berasal dari lereng Gunung Muria, yakni di Desa Colo.

Nasi pindang tersebut berisikan nasi dan tentunya daging kerbau yang empuk. Tak hanya itu, ada juga tambahan daun melinjo dengan siraman kuah santan yang gurih.

Jika dilihat sekilas, Nasi Pindang Kerbau ini hampir mirip dengan nasi rawon. Namun, yang membedakan adalah nasi tersebut ditambah dengan menggunakan daun melinjo dan keluak dengan cita rasa yang lezat dan berbeda.

3. Lentog Tanjung

Ada banyak makanan khas Kudus yang wajib untuk dicoba dan tentu saja sayang untuk Kamu lewatkan.

Lentog Tanjung juga menjadi kuliner yang banyak dicari oleh para wisatawan. Lentog Tanjung berisikan lontong dan sayur lodeh yang dicampur.

Biasanya, makanan ini juga dilengkapi dengan sate puyuh dari Kudus yang dibuat dengan menggunakan bumbu khusus.

Lentog Tanjung juga mudah untuk Kamu temukan, karena kuliner satu ini banyak dijajakan oleh para pedagang kaki lima yang ada di pinggir jalan.

Tak hanya itu, harga dari Lentog Tanjung pun sangat terjangkau yakni hanya Rp 2.500 saja per porsinya.

Agar lebih nikmat, Kamu juga bisa menambahkan telur puyuh dan bakwan yang hanya dihargai Rp 1.500 saja. Tak jarang, banyak orang yang menyantap Lentog Tanjung ini saat pagi hari.

4. Sate Kerbau

Jika di beberapa daerah Kamu dapat dengan mudah menemukan sate yang terbuat dari daging ayam, sapi ataupun kambing, namun saat Kamu berada di Kudus, maka Kamu sering menemukan sate kerbau.

Ya, makanan khas Kudus satu ini menjadi kuliner yang wajib untuk Kamu coba karena sangat jarang ditemukan di daerah lain.

Bahkan, sate kerbau ini menjadi kuliner ikonik dari Kota Kudus yang banyak dicari oleh para pengunjung.

Tekstur dagingnya yang empuk dan hampir mirip dengan dendeng sapi ini membuat sate kerbau memiliki banyak sekali peminat.

Jika Kamu ingin merasakan lezatnya sate kerbau, Kamu bisa datang langsung ke Jalan Gang I, Jalan Gang III, ataupun Jalan Pemuda.

Namun, bagi Kamu yang ingin mencicipi sate kerbau yang sangat khas, Kamu bisa mengunjungi sate kerbau Pak Min yang dibuka mulai pukul 8 pagi hingga 10 malam.

Tak lengkap rasanya jika Kamu belum mencicipi kuliner yang sangat ikonik tersebut.

5. Soto Kerbau

Selain sate, ada juga olahan daging kerbau lainnya yang bisa Kamu coba saat mengunjungi Kota Kudus ini. Soto kerbau juga menjadi kuliner ikonik yang sayang untuk Kamu lewatkan.

Soto memang menjadi salah satu masakan nusantara yang bisa Kamu temui di beberapa daerah.

Namun, berbeda dengan soto yang ada di Kota Kudus. Dimana, soto tersebut menggunakan irisan daging kerbau dengan tekstur yang empuk.

Soto tersebut juga disiram dengan kuah bening yang segar dan gurih.

Apabila Kamu ingin mencicipi soto kerbau terbaik di Kota Kudus, Kamu bisa membelinya di warung Soto Bu Jatmi atau Bu Dibyo.

Dengan cita rasa yang sangat khas membuat Kamu ingin selalu datang ke tempat tersebut.

6. Jenang Kudus

Selain membahas berbagai macam makanan berat, ada pula jajanan khas Kudus yang bisa Kamu jadikan sebagai oleh-oleh. Jajanan tersebut adalah Jenang Kudus yang sangat legendaris.

Jajanan yang hampir mirip dengan dodol garut tersebut memiliki rasa manis dan luget.

Anda bisa membeli jajanan tersebut di berbagai toko oleh-oleh khas Kudus. Jenang Kudus biasanya dijual dalam potongan-potongan kecil dan dibungkus dengan alumunium foil.

7. Keciput

Sekilas, jajanan khas Kudus tersebut mirip dengan onde-onde. Akan tetapi, keciput memiliki ukuran yang lebih kecil dan renyah saat digigit.

Keciput biasanya disajikan saat lebaran tiba. Oleh karena itu, akan sulit bagi Kamu untuk bisa menemukan jajanan enak satu ini saat lebaran telah usai.

Beragam makanan khas Kudus di atas merupakan daftar makanan yang harus Kamu cicipi saat berkunjung ke Kota Kretek.

Terlebih lagi berbagai macam makanan tersebut sangat jarang atau bahkan tidak bisa Kamu temukan di daerah lainnya.

Berbagai macam makanan khas Kudus tersebut juga menggunakan bumbu rempah pilihan sehingga memiliki cita rasa nusantara yang kuat.

Reply